Line: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Baris 4: Baris 4:
| developer = [[w:en:LINE Corporatiklinen|LINE Corporation]]
| developer = [[w:en:LINE Corporatiklinen|LINE Corporation]]
| frequently_updated =
| frequently_updated =
| operating system = [[iOS (Apple)|iOS]], [[Android (operating system)|Android]], [[Windows Phone]], [[BlackBerry OS|BlackBerry]], [[Microsoft Windows]], [[Mac OS X]], [[Nokia Asha series]], [[Firefox OS]]
| operating system autokick, [[Android (operating system)|Android]], [[Windows Phone]], [[BlackBerry OS|BlackBerry]], [[Microsoft Windows]], [[Mac OS X]], [[Nokia Asha series]], [[Firefox OS]]
| language = [[Bahasa Indonesia|Indonesia]], [[Bahasa Inggris|Inggris]], [[Bahasa Jepang|Jepang]], [[Bahasa Korea|Korea]], [[Bahasa Malaysia|Malaysia]], [[Bahasa Mandarin|Mandarin]], [[Bahasa Perancis|Perancis]], [[Bahasa Spanyol|Spanyol]], [[Bahasa Thai|Thai]], [[Bahasa Turki|Turki]], [[Bahasa Vietnam|Vietnam]], [[Bahasa Jerman|Jerman]]
| language = [[Bahasa Indonesia|Indonesia]], [[Bahasa Inggris|Inggris]], [[Bahasa Jepang|Jepang]], [[Bahasa Korea|Korea]],
| genre = [[Pengirim pesan instan]]
| genre = [[Pengirim pesan instan]]
| licence = [[Perangkat lunak milik perorangan]]
| licence = [[Perangkat lunak milik perorangan]]

Revisi per 29 April 2017 22.06

Line
TipePengirim pesan instan, aplikasi seluler dan layanan jejaring sosial
Versi pertama
23 Juni 2011
Versi stabil
GenrePengirim pesan instan
LisensiLisensi proprietarium
Bahasa
Daftar bahasa
Karakteristik teknis
Sistem operasiiOS, Android, Microsoft Windows, macOS, WatchOS, Wear OS dan Google Chrome
PlatformAndroid dan iOS
Formatunduhan digital dan permainan peramban
Informasi pengembang
PengembangLINE Corporation
PenyuntingLine Corporation (en)
PenerbitApp Store, Google Play, Bursa Microsoft, Mac App Store (en) dan Toko Web Chrome
Informasi tambahan
Situs webline.naver.jp/en/
Stack ExchangeEtiqueta
Facebook: line.worldwide Twitter: LINEjp_official Instagram: linejp_official Youtube: UC_3cWMvKJdIqC5lxtAd3IQA Youtube: LineAppGlobal
Sunting di Wikidata • L • B •
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

LINE adalah sebuah aplikasi pengirim pesan instan gratis yang dapat digunakan pada berbagai platform seperti telepon cerdas, tablet, dan komputer. LINE difungsikan dengan menggunakan jaringan internet sehingga pengguna LINE dapat melakukan aktivitas seperti mengirim pesan teks, mengirim gambar, video, pesan suara, dan lain lain. LINE diklaim sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlaris di 42 negara. [1]

Sejarah

LINE dikembangkan oleh perusahaan Jepang bernama NHN Corporation. LINE pertama kali dirilis pada Juni 2011 dan mulanya hanya dapat digunakan pada sistem iOS dan Android.[2] Setelah sukses pada kedua sistem tersebut LINE masuk dalam sistem operasi besutan BlackBerry. Lalu pada tahun 2012, LINE resmi meluncurkan aplikasi yang dapat digunakan pada perangkat Mac dan Windows.
Kesuksesan LINE sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlihat dari pengguna yang mencapai 101 juta di 230 negara di dunia.[3] LINE menduduki posisi 1 dalam kategori aplikasi gratis di 42 negara, di antaranya Jepang, Taiwan, Spanyol, Rusia, Hong Kong, Thailand, Singapura, Malaysia, Macau, Swiss, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan lain-lain.

LINE akan membuka kantor di Indonesia secara resmi pada pertengahan 2012, dan lokalisasi konten aplikasi Indonesia direncanakan akan selesai tahun 2013.[4]

Pendaftaran

Untuk dapat menggunakan LINE, Anda harus melewati beberapa tahap sebagai berikut :

  1. Mendownload aplikasi dari situs resmi LINE atau melalui application store pada masing-masing platform seperti BlackBerry App World, Google Play, Apple Store, atau Windows Marketplace.
  2. Instal aplikasi yang telah di download
  3. Setelah instalasi, untuk kode aktivasi ID LINE anda, akan dikirim SMS melalui nomor Handphone anda.
  4. Selanjutnya kode aktivasi dapat anda masukkan kedalam kolom yang tersedia untuk aktivasi LINE.
  5. LINE segera aktif dan mendata kontak di phonebook anda yang menggunakan aplikasi LINE dan sekaligus menjadi teman anda.
  6. Untuk memulai chat dengan teman anda, klik pada nama di tab friends anda.
  7. Anda dapat melakukan pengaturan LINE tab setting sesuai dengan keinginan anda mulai dari notifikasi, ukuran font, hingga profil anda. Pengaturan terdiri dari dua yaitu Basic Setting dan Privacy Setting.
  8. Anda dapat mencari teman dengan menggunakan QR code atau dengan menggunakan nama ID pengguna.[5]

Sistem Operasi Pendukung :

  1. iOS
  2. Android
  3. Windows Phone
  4. BlackBerry OS
  5. Mac OS X
  6. Windows 8

Penggunaan

LINE dapat digunakan pada berbagai platform seperti iOS, Android, Windows Phone, BlackBerry OS bahkan Computer Mac OS X dan Microsoft Windows. LINE hanya dapat digunakan untuk sesama pengguna LINE. Aplikasi dapat di download pada situs resmi LINE, BlackBerry App World, Google Play, App Store, atau Windows Marketplace .
LINE menggunakan nomor telepon sebagai ID dan dapat membuat ID pengguna untuk memudahkan orang mengundang anda. Anda juga dapat menyembunyikan nomor telepon untuk melindungi privasi anda. LINE menyediakan fitur Blocked List pada tab privacy setting, dan juga menyedikan fitur keamanan password untuk menghindari orang lain membuka dan melihat isi percakapan anda.

Koneksi

Koneksi LINE dilakukan dengan menggunakan jaringan internet apapun yang digunakan perangkat host, .

Nomor HP dan User ID sebagai PIN

LINE menggunakan nomor handphone sebagai teman kontak di LINE. Semua nomor handphone dalam kontak smartphone anda akan langsung menjadi teman anda. Chat dapat dilakukan dengan sesama teman yang menggunakan aplikasi LINE ini.
Selain menggunakan nomor, user ID juga disediakan oleh LINE untuk memudahkan pencarian teman LINE anda.

Tambah Teman

Untuk menambah teman LINE, selain dengan cara menyimpan nomor handphone teman Anda, penambahan teman dapat dilakukan dengan fitur Shake It. Cara menggunakan fitur ini hanya dengan menggoyangkan smartphone anda dan teman anda dengan jarak yang dekat.
Selanjutnya, menambahkan teman LINE dengan cara mengetikkan user ID teman Anda yang telah dibuatnya. Dengan user ID, anda tidak perlu menambahkan menambahkan teman LINE dengan menyimpan nomor handphone teman Anda.

Tampilan

Untuk tampilan LINE, anda dapat mengganti tampilan chat room sesuai dengan selera di anda.

Pengaturan

Pada bagian Setting, anda dapat mengatur Basic Setting dan Privacy Setting. Pada Basic Setting anda dapat mengatur notifikasi pesan baru dan undangan masuk group. Notifikasi dapat dipilih berupa Pop-up, suara saja, atau keduanya. Terdapat tiga pilihan ukuran huruf, pilihan kecil, sedang, dan besar. Pada bagian privacy settings, anda dapat menggunakan pseudonim atau nama panggilan untuk ditampilkan pada profil anda.

Group Chat

LINE juga menyediakan fitur group chat yang dapat anda buat sendiri. Dengan kapasitas hingga mencapai 500 orang, anda dapat leluasa mengundang teman-teman anda untuk masuk dalam group chat. Melalui group chat anda dapat mengirim pesan secara serentak kepada teman-teman anda yang terdaftar dalam group.

Fitur-fitur

LINE menawarkan fitur-fitur unggulan, yaitu:

  1. Sticker, merupakan gambar yang merupakan bagian dari IM smiley. Anda dapat menggunakan sticker pada tab sticker. Terdapat 255 sticker menarik untuk mengekspresikan perbincangan dalam bentuk gambar.
  2. Attachment, anda dapat melampirkan file untuk anda kirim ke teman LINE anda seperti suara, gambar, dll.
  3. Call, dengan sesama pengguna LINE anda dapat menelpon teman LINE anda tanpa bayar karena memanfaatkan jaringan internet.
  4. Dapat menggunakan QR code. anda bisa scan QR code dengan aplikasi ini. QR code ini berfungsi untuk menambah teman di aplikasi LINE ini. Begitu juga sebaliknya.

Kelebihan

  1. Line menyediakan Blocked List sehingga pengguna dapat memblok user ID atau nomor handphone untuk tidak masuk dalam kontak Line pengguna
  2. Merupakan aplikasi lintas platform
  3. Banyak sticker-sticker lucu yang dapat mewakili perasaan pengguna untuk digunakan dalam obrolan

Animasi

Aplikasi ini telah mengilhami dua anime & tujuh animasi, menjadi satu animasi yang normal-panjang (23-26 menit per episode, ditayangkan satu per minggu) dan animasi web. Anime ini memiliki karakter dari stiker nya: Moon, James, Brown, dan Cony.

LINE Offline

LINE Offline salaryman adalah anime web yang memiliki panjang 5 menit per episode dengan teknologi 3D. Kisah diatur di kantor LINE Corporation fiksi dan karakternya adalah salaryman.

LINE Town

Durasi episode LINE Town adalah antara 24 dan 26 menit. Kisah diatur dalam kota fiksi di mana karakter berada. Lagu tema pembukaan Aiueongaku♬ (あいうえおんがく♬?) Oleh Greeeen sementara ending yang "millefeuille nights" oleh Shōko Nakagawa.

Pelayanan Konsumen

  1. Melalui website resmi.
  2. Melalui twitter.
  3. Melalui facebook.[6]

Pencapaian

  1. Aplikasi gratis nomor 1 di 42 negara.[7]

Lihat pula

Aplikasi pengirim pesan sejenis:

Referensi

Pranala luar

  1. ^ https://play.google.com/store/apps/details?id=jp.naver.line.android&feature=search_result#?t=W251bGwsMSwxLDEsImpwLm5hdmVyLmxpbmUuYW5kcm9pZCJd.
  2. ^ http://www.oktomagazine.com/oktogadget/applications/3779/line.messenger..aplikasi.penjagal.whatsapp.
  3. ^ http://www.play.google.com/store/apps/details?id=jp.naver.line.android&feature=search_result#?t=W251bGwsMSwxLDEsImpwLm5hdmVyLmxpbmUuYW5kcm9pZCJd.
  4. ^ "tekno.liputan6.com - Ingin Meng-Indonesia, Aplikasi LINE Akan Buka Kantor di Jakarta". Diakses tanggal 2013-04-01. 
  5. ^ http://www.makemac.com/2012/05/sticker-untukmu-line-menjadikan-chat-lebih-akrab-dan-lucu/.
  6. ^ https://www.facebook.com/line.worldwide
  7. ^ https://play.google.com/store/apps/details?id=jp.naver.line.android&feature=search_result#?t=W251bGwsMSwxLDEsImpwLm5hdmVyLmxpbmUuYW5kcm9pZCJd.