Laguna: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
kTidak ada ringkasan suntingan
Baris 13: Baris 13:


[[Kategori:Bentang alam]]
[[Kategori:Bentang alam]]
[[Kategori:Perairan]]

Revisi per 29 Februari 2008 12.50

Artikel ini mengenai laguna alam. Mengenai laguna buatan untuk pengolahan air limbah, silahkan ke laguna anaerobik dan laguna aerasit. Untuk permainan the Super NES, lihat Lagoon (permainan).

Laguna (atau lagoon dalam bahasa Inggris) adalah sekumpulan air asin yang terpisah dari laut oleh penghalang yang berupa pasir, batu karang atau semacamnya. Jadi, air yang tertutup dibelakang gugusan karang (barrier reef) atau pulau-pulau atau didalam atol disebut laguna.

Istilah lagoon dalam bahasa Inggris dimulai tahun 1769. Diadaptasi dari Venetian laguna (cf Latin lacuna, 'ruang kosong'), yang secara khusus menunjuk ke pembatas Venice, tanah pembendung air laut, yang melindungi dari laut adriatic dengan pantai penghalang Lido (lihat Venetian Lagoon). Laguna menunjuk ke laguna pantai yang terbentuk oleh pasir atau karang di pantai yang dangkal dan laguna atol yang terbentuk dari pertumbuhan terumbu karang.

Laguna Pantai biasa ditemukan di pantai dengan pasang surut relatif kecil. Ia mencakup kira-kira 13 persen dari keseluruhan garis pantai. Umumnya memanjang sejajar dengan pantai dan dipisahkan dari laut oleh pulau penghalang, pasir dan bebatuan atau terumbu karang. Non-reef lagoon barriers are formed by wave-action or longshore currents piling up coarser sediments off shore of the beach. Once a lagoon barrier has formed, finer sediments can settle out in the relatively quiet water behind the barrier, including sediments brought into the lagoon by rivers. Coastal lagoons typically have only constricted openings to the sea. As a result, water conditions in the lagoon can differ significantly from the open water of the sea in temperature, salinity, dissolved oxygen and sediment load.

In many English-speaking countries, coastal lagoons are sometimes called sounds, bays, rivers, or lakes. Albemarle Sound in North Carolina, Great South Bay, between Long Island and the barrier beaches of Fire Island in New York, Banana River in Florida and Lake Illawarra in New South Wales are all lagoons. In the U.K. there are lagoons at Montrose, (Scotland) and Tywyn, (Wales), whilst the expanse of water inside Chesil Beach, England, known as the fleet, could also be described as a lagoon. There is also one near the small town of Dingle in western Ireland.

Di Meksiko kadang penggunaan "laguna", yg juga diterjemahkan sebagai "lagoon", digunakan untuk menunjukkan danau, sebagaimana Laguna Catemaco.