Situraja, Sumedang: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
14 bita ditambahkan ,  4 tahun yang lalu
tidak ada ringkasan suntingan
Desa Situraja merupakan pusat pemerintahan Kecamatan Situraja dan pusat perdagangan, dimana pasar kecamatan terletak di kawasan ini. Secara geografis berbatasan dengan Desa Mekarmulya di sebelah Selatan, Desa Situraja Utara di sebelah Utara, Desa Sukatali di sebelah Barat, dan Desa Jatimekar di sebelah Timur. Desa Situraja merupakan desa padat penduduk dan terletak di perkotaan. Mayoritas mata pencaharian penduduknya adalah sebagai petani dan wiraswasta. Di Desa Situraja terdapat pusat pemerintahan Kecamatan Situraja yaitu Kantor Kecamatan Situraja, alun-alun Situraja, dan Mesjid Agung. Selain itu, Desa Situraja merupakan pusat pendidikan dengan adanya SMA Negeri Situraja dan SMP Negeri 1 Situraja.
=== Situraja Utara ===
Bersama Desa Situraja, Desa Situraja Utara merupakan ibu kota Kecamatan Situraja yang padat penduduk dan terletak di perkotaan. Di desa ini terdapat Kantor Polsek, Puskesmas, PDAM, Bank BRI Cabang Pembantu Situraja, Bank Mandiri KCP MMU Situraja, Waroeng BJB, BMT Al-Amanah, beberapa unit ATM (BRI, BJB, Bank Mandiri, dan BNI), Perum Pegadaian, dealer Sepeda Motor, Apotik, beberapa toko dan minimarket, serta sekolah SMK Perbankan Syariah.
=== Sukatali ===
Desa Sukatali berada di perbatasan Kecamatan Ganeas dan Kecamatan Situraja, yaitu jalan antara Sumedang-Wado, atau dikenal juga dengan nama Jl. Rd. Umar Wirahadikusumah. Kepala Desanya saat ini adalah Ade Ratna Wulan.

Menu navigasi