Desa Wisata Sawarna: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
←Membuat halaman berisi '{{Infobox tempat wisata |name = Desa Wisata Sawarna |image = Visit Pesona Sawarna Logo.png |caption = Logo Visit Pesona Sawarna |motto = Kunjungi, Nikmati dan Syukuri...'
Tag: tanpa kategori [ * ]
(Tidak ada perbedaan)

Revisi per 30 Maret 2017 10.47

Desa Wisata Sawarna
Berkas:Visit Pesona Sawarna Logo.png
Logo Visit Pesona Sawarna
Informasi
Lokasi Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten
Negara  Indonesia
Koordinat 6°58′S 106°17′E / 6.96°S 106.29°E / -6.96; 106.29Koordinat: 6°58′S 106°17′E / 6.96°S 106.29°E / -6.96; 106.29
Pengelola BUMdes Sawarna
Jenis objek wisata Wisata Alam
Agrowisata
Wisata Pantai
Luas 2.500 Ha
Situs web http://www.pesonasawarna.com
Fasilitas Pantai Ciantir
Pantai Tanjung Layar
Pantai Legon Pari
Pantai Karang Taraje
Pantai Goa Langir
Goa Lalay Sawarna
Pantai Pulo Manuk
Homestay & Gues House

Desa Wisata Sawarna adalah sebuah Desa wisata di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Desa Sawarna berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, di sisi selatan sehingga Desa Sawarna merupakan kawasan pesisir pantai. Pantai berpasir putih yang silih berganti dengan jajaran karang-karang terjal membuat pesisir Desa Sawarna sarat akan keindahan. Terbentang dari Pantai Pulo Manuk di sisi barat hingga ke Pantai Karang Taraje di sisi timur, sajian bentang alamnya menawarkan aneka pemandangan yang mengagumkan. Berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, ombak di Sawarna banyak mengundang para peselancar untuk berselancar di pucuk-pucuk ombak yang bergulung saling berkejaran menuju pantai.

Akses Transportasi dan Rute

Rute Menuju Sawarna:

Dari Jakarta

Perjalanan dari Jakarta menuju Desa Sawarna dapat ditempuh melalui 2 (dua) jalur, jalur barat (234 km) dan timur (183 km). 1. Jalur Barat

2. Jalur Timur

Dari Bandung

Transportasi Umum

Desa Sawarna berjarak sekitar 230 km dari kota Jakarta. Perjalanan menuju desa ini dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi pribadi maupun transportasi umum. Untuk menuju Desa Sawarna, wisatawan dapat menghabiskan waktu sekitar 6-7 jam perjalanan dengan menggunakan transportasi pribadi dan 9-10 jam apabila menggunakan transportasi umum. Wisatawan dapat menggunakan KRL dari Jakarta menuju Stasiun Bogor dengan watku tempu kurang lebih 2 jam. Stasiun Bogor menuju Terminal Baranangsiang dapat menggunakan angkutan umum. Terminal Baranangsiang menuju Pelabuhan Ratu dapat menggunakan Bis MGI dengan lama perjalanan 5 jam. Pelabuhan Ratu menuju Desa Sawarna dapat ditempuh dalam waktu 2 jam dengan menggunakan ELF.

Aktivitas di Pantai

Sawarna Surf

Aktivitas selancar dapat dilakukan di Pantai Ciantir yang juga dikenal akan pasir putih dan pantai berbatu berkarangnya. Pantai Ciantir terletak 600m dari pos masuk di Dusun Cikaung. Lokasi dapat ditempuh dalam waktu 7 menit naik motor dan 20 menit berjalan kaki.

Renang

Aktivitas renang dapat dilakukkan di Pantai Pasir Putih yang terletak 500 m dari pos masuk dan dapat ditempuh dalam waktu 6 menit naik motor dan 15 menit jalan kaki. Pantai Legon Pari juga menjadi tempat yang menyenangkan untuk berenang. Lokasi Pantai Legon Pari ditempuh dari jalur di samping SD Sawarna dengan jarak 2 km dari pos masuk yang dapat ditempuh dalam waku 15 menit naik motor dan 45 menit jalan kaki.

Sunset dan Sunrise Sawarna

Aktivitas lainnya adalah melihat Matahari terbenam dari Pantai Tanjung Layar yang terletak 1 km dari pintu masuk di Dusun Cikaung, dan dapat ditempuh dalam waktu 10 menit naik motor dan 20 menit jalan kaki. Lokasi menarik lainnya untuk melihat matahari terbenam adalah Pantai Pasir Putih dan Pantai Ciantir yang juga terletak di Dusun Cikaung. Sedangkan untuk melihat Matahari terbit dapat dilakukan di Pantai Legon Pari, Pantai Karang Taraje, dan Pantai Karang Bereum di Dusun Leles.

Tracking Goa

Aktivitas trekking dan wisata gua dapat dilakukan di Gua Lalay yang jaraknya 2 km dari pos masuk atraksi wisata di Dusun Cipanas. Perjalanan dapat ditempuh dalam waktu 10 menit naik motor dan 40 menit jalan kaki. Biaya tiket masuk adalah Rp. 5.000 dan sudah disediakan perlengkapan untuk penjelajahan seperti helm dan senter.

Desa Wisata

Aktivitas wisata desa juga dapat dilakukan, dimana para wisatawan dapat melihat kehidupan keseharian dari penduduk desa. Melihat persawahan, perkebunan dan mengunjungi sentra industry rumah untuk melihat dan dapat turut serta dalam proses pembuatan kerajinan dari batok kelapa, batik, sale pisang, dan kerajianan daur ulang.

Destinasi

Pantai Pasir Putih Ciantir

Pantai Pasir Putih adalah Pantai utama yang berada di Desa Sawarna. Pantai dengan hamparan pasir bewarna putih serta hembusan angin yang membuat kita betah berlama-lama di pantai satu ini. Ombak yang cukup besar membuat desiran ombaknya menjadi alunan musik yang sangat khas di kawasan pantai. Untuk benar-benar menikmati pantai ini diperlukan waktu 3-4 jam.

Pantai Tanjung Layar

Pantai Tanjung Layar adalah daya tarik utama di kawasan Desa Wisata Sawarna ini. Nama pantai ini didapatkan dari gambaran dua buah batu karang raksasa yang berbentuk seperti layar kapal yang terkembang. Keunikan bentuk karang ini yang dipadukan dengan cahaya matahari pada saat terbenam membuat Pantai Tanjung Layar kerap menjadi obyek fotografi yang menarik.

Pantai Legon Pari

Pantai Legon Pari adalah pantai yang sangat menarik dikarenakan posisi pantai ini berada di teluk. Pasir di pantai ini memiliki karakteristik yang lembut dan halus. Kondisi pasir yang lembut membuat pengunjung ingin segera melepaskan alas kaki dan berlarian di area pantai. Kondisi ombak yang jauh lebih tenang di bandingkan pantai pasir putih membuat pantai ini menjadi tempat favorit untuk berenang bersama keluarga.

Pantai Karang Taraje

Pantai Karang Taraje berbeda dengan pantai-pantai lain pada umumnya. Pada kebanyakan pantai, biasanya beralaskan pasir, akan tetapi di Pantai Karang Taraje tepian laut beralaskan bebatuan karang. Mulai dari bebatuan karang yang kecil sampai yang besar bahkan karang dibagian tepi pantainya hampir menyerupai pelataran besar dengan undakan persis seperti tangga dari batu karang. Hal ini yang menjadikan nama Pantai Karang Taraje. Barisan karang yang cukup tinggi terhampar memanjang menyerupai dinding benteng. Jika waktunya tepat, pengunjung dapat melihat Ombak yang pecah dan turun dari karang sehingga menyajikan pemandangan persis seperti air terjun.

Pantai Goa Langir

Pantai Gua Langir di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, memadukan wisata pantai dan gua sebagai andalan. Pantainya luas dengan hamparan pasir putih yang membentang. Sedangkan gua di belakang pantai menyajikan pemandangan isi bumi yang penuh dengan keindahan formasi batuan stalagtit dan stalagmit. Formasi batuan tersebut merupakan bentukan dari tetesan air ribuan tahun yang lalu. Keunikan dari formasi bebatuan ini melengkapi perjalanan anda di kawasan wisata Desa Sawarna.

Goa Lalay Sawarna

Gua Lalay merupakan salah satu gua yang terdapat di kawasan wisata Desa Sawarna. Gua yang memiliki kedalaman 10-15 km ini tidak seperti gua pada umumnya. Hampir seluruh isi dalam gua terendam dengan air. Kedalaman air di gua ini bisa mencapai betis orang dewasa. Air yang mengalir di dalam gua diperkirakan dari tetesan-tetesan air tanah yang mengalir diantara sela-sela bebatuan. Air yang mengalir ribuan tahun ini bahkan membentuk formasi bebatuan stalaktit cantik yang menghiasi langit-langit gua.

Paket Wisata

Saat ini paket wisata untuk berlibur ke Desa Sawarna banyak ditawarkan oleh biro perjalanan dari luar Desa Sawarna. Pemerintah Desa Sawarna yang mengelola Pariwisata Sawarna belum memiliki dan menjual langsung paket wisata. Melalui Program Sosial Bank Indonesia kantor perwakilan Banten telah dimulai proses evaluasi pengelolaan dan perbaikan menuju satu pengelolaan pariwisata Desa Sawarna yang dikelola oleh lembaga yang professional di bawah Pemerintah Daerah. Sedang dirintis upaya perbaikan BUMDes, yang akan diajukan untuk mengelola pariwisata di Desa Sawarna. Gambaran mengenai paket-paket yang dapat ditawarkan di Desa Sawarna diantaranya adalah:

  • Paket wisata pantai; Wisatawan ditawarkan berkunjung ke serangkaian pantai yang terdapat di Desa Sawarna seperti, Pantai Pasir Putih, Pantai Tangjung Layar, Pantai Legon Pari, Pantai Pulo Manuk.
  • Paket wisata desa; selain berkunjung ke pantai-pantai di Desa Sawarna, wisatawan juga dapat mengunjungi pusat-pusat industri kerajinan dan kudapan seperti cinderamata daur ulang, batik Sawarna, ukiran batok kelapa, pisang sale dan keripik pisang.
  • Paket wisata petualangan; Disamping pantai berpasir putih, Desa Sawarna juga memiliki gua-gua yang dapat dijelajahi. Paket wisata dapat terdiri dari wisata pantai dan penjelajahan gua.
  • Paket wisata fotografi; Beberapa lokasi pantai di Desa Sawarna merupakan karang, seperti Pantai Karang Bokor, Pantai Karang Taraje, Pantai Karang Bodas. Paket wisata ini khusus bagi para fotografer yang biasanya paling berminat untuk mengabadikan keindahan dari pantai-pantai berkarang terjal ini.

Referensi

Pranala Luar