Manggopoh, Lubuk Basung, Agam: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
HsfBot (bicara | kontrib)
k Bot: penggantian teks otomatis (-dibawah, +di bawah)
Baris 13: Baris 13:
'''Manggopoh''' merupakan salah satu [[nagari]] yang terdapat dalam kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, [[Indonesia]].
'''Manggopoh''' merupakan salah satu [[nagari]] yang terdapat dalam kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, [[Indonesia]].


Pada zaman kolonialis [[Belanda]] di nagari ini pernah melakukan perlawanan terhadap Belanda yang meletus tanggal 16 Juni 1908 dan dikenal dengan nama [[Perang Manggopoh]] atau [[Perang Belasting]] dibawah pimpinan tokoh wanita bernama [[Siti Manggopoh]].
Pada zaman kolonialis [[Belanda]] di nagari ini pernah melakukan perlawanan terhadap Belanda yang meletus tanggal 16 Juni 1908 dan dikenal dengan nama [[Perang Manggopoh]] atau [[Perang Belasting]] di bawah pimpinan tokoh wanita bernama [[Siti Manggopoh]].


'''Budaya'''
'''Budaya'''

Revisi per 22 Maret 2017 13.48

Manggopoh
Negara Indonesia
ProvinsiSumatera Barat
KabupatenAgam
KecamatanLubuk Basung
Kodepos
26452
Kode Kemendagri13.06.02.2005
Luas- km²
Jumlah penduduk- jiwa


Manggopoh merupakan salah satu nagari yang terdapat dalam kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia.

Pada zaman kolonialis Belanda di nagari ini pernah melakukan perlawanan terhadap Belanda yang meletus tanggal 16 Juni 1908 dan dikenal dengan nama Perang Manggopoh atau Perang Belasting di bawah pimpinan tokoh wanita bernama Siti Manggopoh.

Budaya

Budaya masyarakat Manggopoh hampir menyerupai Adat Pariaman hanya saja tidak begitu sekental adat orang Pariaman.

Daftar suku yang ada di Nagari Manggopoh :

  1. Sikumbang
  2. Tanjuang
  3. Caniago
  4. Koto
  5. Piliang
  6. Jambak
  7. Mandailiang/Malayu

Pranala luar