Benteng Beograd: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
HsfBot (bicara | kontrib)
k Bot: Perubahan kosmetika
Baris 14: Baris 14:


{{bangunan-stub}}
{{bangunan-stub}}

[[Kategori:Bangunan dan struktur di Beograd]]
[[Kategori:Bangunan dan struktur di Beograd]]

Revisi per 10 Maret 2017 16.05

Gerbang Zindan di Benteng Beograd.

Benteng Beograd adalah sebuah benteng bersejarah yang terletak di jantung kota Beograd, ibukota Serbia. Walaupun beberapa bagian temboknya berasal dari zaman Romawi, struktur dasar benteng ini dibangun pada awal abad ke-15. Pada akhir abad ke-17 dan awal abad ke-18, benteng ini diperluas dengan ditambahkannya selekoh.

Benteng yang merupakan salah satu markah tanah kota Beograd ini pernah diperebutkan oleh negara-negara besar di Eropa Tengah, yaitu Monarki Habsburg dan Kesultanan Utsmaniyah, sehingga kepemilikannya berganti tangan beberapa kali. Saat meletusnya Pemberontakan Serbia Pertama untuk mengusir Turki, orang-orang Serbia berhasil menaklukan benteng ini pada tahun 1807, tetapi setelah pemberontakan dipadamkan benteng ini kembali dikuasai oleh Utsmaniyah hingga tahun 1867.

Benteng Beograd terletak di atas bubungan setinggi 125,5 meter[1] dan menghadap ke Pulau Perang Besar dan pertemuan antara Sungai Sava dengan Donau. Kini benteng ini merupakan salah satu tujuan wisata kota berkat peninggalan tembok, selekoh, menara, monumen-monumen, dua gereja, dan museum sejarah militernya. Selain itu, di sekeliling benteng ini terdapat pula Taman Kalemegdan Besar dan Kecil serta Kebun Binatang Beograd.

Catatan kaki

Pranala luar