Bahasa Gotik Krimea: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tidak ada perubahan ukuran ,  3 tahun yang lalu
k
Bot: penggantian teks otomatis (-kuna +kuno)
k (Bot: Perubahan kosmetika)
k (Bot: penggantian teks otomatis (-kuna +kuno))
Tentu ada pula perbedaannya. Berbeda dengan bahasa Goth, bahasa Goth Krim masih hanya memiliki e pendek dan o pendek. Maka kata ''saudara perempuan'' (dalam bahasa Inggris ''sister'') dalam bahasa Goth adalah ''swistar'' dan dalam bahasa Goth Krim ''schwester''.
 
Kata Goth "gulþ" ("emas") dalam bahasa Goth Krim menjadi "goltz". Kemudian baik bahasa Goth maupun bahasa Goth Krim membagi penutup bahasa Jemanik KunaKuno e panjang. Kata "tidur" (bahasa Inggris ''to sleep'', bahasa Belanda ''slapen''), dalam bahasa Goth adalah ''slepan'', sementara dalam bahasa Goth Krim adalah ''schlipen''.
Bahasa Goth Krim hampir secara universal dianggap merupakan bahasa Goth berdasarkan aspek-aspek fonologisnya: kata ''ada'' "telur", sebagai contoh, menunjukkan "penguatan khas Goth" dari [[bahasa Proto-Jermanik]] *-jj- ke -ddj- (seperti di [[bahasa Goth|bahasa Goth Wulfila]] ''iddja'' "dahulu pergi" dari Proto Jermanik *''ejjon''), dari bahasa Proto-Jermanik *''ajja-''.
Selain itu ada beberapa persamaan yang teratur antara bahasa Goth Wulfila dan bahasa Goth Krim, termasuk GW /sk-/ > GK /ʃ-/ (seperti di KG ''schedit'', ''schietn'', dari ''skeiniþ'', ''skiutan'' ["bersinar", "menembak."])

Menu navigasi