Akata Sundunchi: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Cun Cun (bicara | kontrib)
Cun Cun (bicara | kontrib)
Baris 64: Baris 64:
* Versi trip-hop yang dicampur oleh musisi Perancis, [[Kid Loco]].
* Versi trip-hop yang dicampur oleh musisi Perancis, [[Kid Loco]].
* Akata Sundunchi dengan iringan musik [[gamelan Jawa]], dimainkan oleh anggota grup gamelan Jawa Sanga Universitas Seni Prefektur Okinawa.
* Akata Sundunchi dengan iringan musik [[gamelan Jawa]], dimainkan oleh anggota grup gamelan Jawa Sanga Universitas Seni Prefektur Okinawa.

==Pranala luar==
*[https://www.youtube.com/watch?v=nWcwEaMHOzU Akata Sundunchi dengan musik gamelan Jawa]


== Referensi ==
== Referensi ==

Revisi per 17 Februari 2017 09.34

Akata Sundunchi (赤田首里殿內 "Di dalam Kuil Shuri di Akata") adalah sebuah lagu rakyat Okinawa yang populer. Lagu yang berasal pada periode Kerajaan Ryukyu ini menceritakan tentang Keluarga Ishikawa yang sedang memuja Maitreya (Bahasa Okinawa: Miruku Unkee / 弥勒迎け) sambil menyanyikan lagu di dalam Kuil Shuri di Akata. Kuil Shuri pada masa lalu dikepalai oleh seorang noro (dukun wanita berpangkat tertinggi). Lagu ini mencerminkan tradisi pemujaan kepada Maitreya oleh Orang Okinawa. Maitreya telah diadopsi sebagai dewa yang membawa kelimpahan di dalam agama pribumi Ryukyu. Ada juga orang yang menyebut lagu ini miminme shiyapu.

Festival Miminme atau Perayaan Maitreya

Perayaan Miruku Unkee diadakan di Akata, Shuri, Naha pada bulan Agustus ditandai dengan datangnya seorang yang memakai topeng Maitreya dan berkeliling permukiman.[1] Perayaan Miruku diadakan kembali sejak tahun 1994 setelah hilang selama 60 tahun.[1] Seorang yang menjadi Maitreya berjalan diringi parade marching band dan anak-anak yang membawa bendera Kerajaan Ryukyu. Marching band membawakan lagu Akata Sundunchi sementara Maitreya mengibaskan kipas kertas sebagai simbol mengusir arwah jahat.[1]

Perayaan serupa dapat ditemui pada bulan April di Distrik Furugen, Ozato, Nanjo, yang dinamakan Festival Miminme.[2] Perayaan ini bertujuan mendoakan agar hasil panen bagus dan kemakmuran bagi masyarakat. Orang-orang berjalan membentuk parade sambil menyanyikan lagu miminme shiyapu (Akata Sundunchi) dengan petikan sanshin.[2]

Lirik

Versi-versi

  • Oleh penyanyi musik rakyat Rinsho Kadekaru
  • Oleh penyanyi Takashi Hirayasu
  • Versi trip-hop yang dicampur oleh musisi Perancis, Kid Loco.
  • Akata Sundunchi dengan iringan musik gamelan Jawa, dimainkan oleh anggota grup gamelan Jawa Sanga Universitas Seni Prefektur Okinawa.

Pranala luar

Referensi

  1. ^ a b c (Inggris)Miruku Unke parade held to pray for good health, ryukyushimpo. 17-02-2017
  2. ^ a b (Inggris)Miminme festival held to pray for good crops, ryukyushimpo. 17-02-2017