Bahasa Gotik Krimea: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
2 bita dihapus ,  3 tahun yang lalu
k
Bot: Perubahan kosmetika
(sesuai KBBI)
k (Bot: Perubahan kosmetika)
|iso2=got|lc1=got|ld1=Goth|ll1=Bahasa Goth}}
 
'''Bahasa Gotik Krimea''' adalah sebuah keturunan bahasa Goth yang agak aneh dan paling tidak sampai [[abad ke-16]] dipertuturkan di [[Semenanjung Krim]] (sekarang secara administratif merupakan daerah otonom di [[Ukraina]]).
 
== Latar belakang bahasa Goth Krim ==
Namun biar bagaimanapun sisa-sisa kaum Goth di Rusia selatan tidak hilang untuk selamanya. Hal ini terbukti dengan laporan seorang diplomat bangsa Flandria Oguer Ghiselin de Busbecq (1522 – 1592) yang antara tahun 1554 – 1592 merupakan seorang duta di Konstantinopel. Di sana ia berjumpa dengan dua orang penduduk "Jermanik" di Krim dan lantas menulis sebuah laporan ringkas mengenai bahasa mereka. Semua 86 kata-kata ba hasa Goth Krim ini menunjukkan persamaan yang luar biasa dengan moyang Goth mereka.
 
Tentu ada pula perbedaannya. Berbeda dengan bahasa Goth, bahasa Goth Krim masih hanya memiliki e pendek dan o pendek. Maka kata ''saudara perempuan'' (dalam bahasa Inggris ''sister'') dalam bahasa Goth adalah ''swistar'' dan dalam bahasa Goth Krim ''schwester''.
 
Kata Goth "gulþ" ("emas") dalam bahasa Goth Krim menjadi "goltz". Kemudian baik bahasa Goth maupun bahasa Goth Krim membagi penutup bahasa Jemanik Kuna e panjang. Kata "tidur" (bahasa Inggris ''to sleep'', bahasa Belanda ''slapen''), dalam bahasa Goth adalah ''slepan'', sementara dalam bahasa Goth Krim adalah ''schlipen''.

Menu navigasi