Orang bunian: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
'''Orang bunian''' atau sekadar '''bunian''' adalah [[mitos]] sejenis [[makhluk halus]] dari bangsa jin yang tinggal disekitar wilayah [[Minangkabau]], [[Sumatera Barat]], [[Indonesia]]. Berdasar mitos tersebut, orang bunian berbentuk menyerupai [[manusia]] dan tinggal di tempat-tempat sepi, di [[rumah]]-rumah kosong yang telah ditinggalkan penghuninya dalam waktu lama.
'''Orang bunian''' atau sekadar '''bunian''' adalah [[mitos]] sejenis [[makhluk halus]] dari bangsa jin yang tinggal disekitar wilayah [[Minangkabau]], [[Sumatera Barat]], [[Indonesia]]. Berdasar mitos tersebut, orang bunian berbentuk menyerupai [[manusia]] dan tinggal di tempat-tempat sepi, di [[rumah]]-rumah kosong yang telah ditinggalkan penghuninya dalam waktu lama. Biasanya orang bunian mempunyai ciri-ciri bertubuh pendek, dan berkaki terbalik, ada yang mengatang orang bunian mempunyai bulu di sekujur tubuhnya layaknya hewan dan ada yang mengatakan orang bunian tidak memiliki bulu.


== Latar belakang ==
== Latar belakang ==

Revisi per 3 Januari 2017 08.33

Orang bunian atau sekadar bunian adalah mitos sejenis makhluk halus dari bangsa jin yang tinggal disekitar wilayah Minangkabau, Sumatera Barat, Indonesia. Berdasar mitos tersebut, orang bunian berbentuk menyerupai manusia dan tinggal di tempat-tempat sepi, di rumah-rumah kosong yang telah ditinggalkan penghuninya dalam waktu lama. Biasanya orang bunian mempunyai ciri-ciri bertubuh pendek, dan berkaki terbalik, ada yang mengatang orang bunian mempunyai bulu di sekujur tubuhnya layaknya hewan dan ada yang mengatakan orang bunian tidak memiliki bulu.

Latar belakang

Istilah ini dikenal di wilayah Istilah orang bunian juga kadang-kadang dikaitkan dengan istilah dewa di Minangkabau, pengertian "dewa" dalam hal ini sedikit berbeda dengan pengertian dewa dalam ajaran Hindu maupun Buddha. "Dewa" dalam istilah Minangkabau berarti sebangsa makhluk halus yang tinggal di wilayah hutan, di rimba, di pinggir bukit, atau di dekat pekuburan. Biasanya bila hari menjelang matahari terbenam di pinggir bukit akan tercium sebuah aroma yang biasa dikenal dengan nama "masakan dewa" atau "samba dewa". Aroma tersebut mirip bau kentang goreng. Hal ini dapat berbeda-beda namun mirip, berdasarkan kepercayaan lokal masyarakat Minangkabau di daerah berbeda. "Dewa" dalam kepercayaan Minangkabau lebih diasosiasikan sebagai bergender perempuan, yang cantik rupawan, bukan laki-laki seperti persepsi yang umum di kepercayaan lain.

Selain itu, masyarakat Minangkabau juga meyakini bahwa ada peristiwa orang hilang disembunyikan dewa / orang bunian. Ada juga istilah "orang dipelihara dewa", yang saat bayi telah dilarikan oleh dewa. Mitos ini masih dipercaya banyak masyarakat Minangkabau sampai sekarang.