Ilham Aliyev: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Wagino Bot (bicara | kontrib)
k minor cosmetic change
Sondrion (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 87: Baris 87:
[[Kategori:Presiden Azerbaijan|Aliyev, Ilham]]
[[Kategori:Presiden Azerbaijan|Aliyev, Ilham]]
[[Kategori:Perdana Menteri Azerbaijan|Aliyev, Ilham]]
[[Kategori:Perdana Menteri Azerbaijan|Aliyev, Ilham]]
[[Kategori:Politikus Baku|Aliyev, Ilham]]

Revisi per 6 Desember 2016 23.21

Ilham Heydar oglu Aliyev
İlham Heydər oğlu Əliyev
Presiden Azerbaijan ke-4
Masa jabatan
31 Oktober 2003 – Sekarang
Perdana MenteriArtur Rasizade
Sebelum
Pendahulu
Heydar Aliyev
Pengganti
Sedang Menjabat
Sebelum
Perdana Menteri Azerbaijan
Masa jabatan
4 Agustus 2003 – 4 November 2003
PresidenHeydar Aliyev
Sebelum
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir24 Desember 1961 (umur 62)
Baku, RSS Azerbaijan, Uni Soviet (kini Azerbaijan)
KebangsaanAzerbaijan
Partai politikPartai Azerbaijan Baru
Suami/istriMehriban Pashayeva
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Ilham Heydar oglu Aliyev (bahasa Azerbaijan: İlham Heydər oğlu Əliyev) (lahir 24 Desember 1961) adalah Presiden Azerbaijan saat ini. Ia juga Ketua Partai Azerbaijan Baru atau Yeni Azərbaycan Partiyası.

Biografi

Ia lahir 24 Desember 1961 di Baku dalam keluarga yang memiliki keistimewaan hidup. Periode 1967-1977, ia mendapat pendidikan sekolah dan memasuki Universitas Negeri Moskow pada Hubungan Internasional (MSUIR) pada tahun 1977. Setelah lulus pada 1982, ia melanjutkan pendidikan pasc-asarjananya di MSUIR dan mengajar di sana selama 5 tahun. Ia menyelesaikan risetnya dan menerima Ph.D. dalam ilmu politik dan sejarah pada tahun 1985.

Periode 1985-1990, ia menjadi lektor Universitas Negara Moskwa pada Hubungan Internasional dan memimpin kelompok perusahaan swasta industri-perdagangan pada periode 1991-1994. Tahun 1991, dia meninggalkan profesi mengajar. Menurut biografinya, dia terlibat kegiatan bisnis di Moskwa dan Istanbul. Tidak banyak diketahui soal kegiatan bisnisnya, tetapi pada periode itu dia dikenal sebagai seorang playboy. Isu-isu yang beredar, dia sering mengunjungi kasino dan sering terjerat utang besar dalam perjudian, namun selamat karena kekuasaan ayahnya. Sikap dan karakternya sungguh sangat kontras dengan ayahnya.

Tahun 1994, dia mulai berubah dan diangkat sebagai Wakil Presiden Wakil Presiden dan kemudian menjadi wakil pimpinan pertama Perusahaan Minyak Negara Republik Azerbaijan (SOCAR) pada periode 1994-2003. Secara aktif ia terlibat pada pelaksanaan "strategi minyak Heydar Aliyev". Dua kali terpilih dalam Milli Majelis (Parlemen) pada tahun 1995 dan 2000.

Sejak 1997, ia merupakan pemimpin Komite Olimpiade Nasional Azerbaijan sebagai sumbangan besarnya pada pengembangan olahraga dan olimpiade, sehingga ia layak mendapat hadiah medali tertinggi Komite Olimpiade Internasional. Karena kesehatan Presiden Heydar Aliyev (ayahnya) memburuk, kemudian dia merancang penciptaan sebuah dinasti politik. Ilham kemudian beralih haluan menjadi politisi walaupun diragukan banyak orang.

Poster-poster tunggal ayahnya diganti dengan poster yang menunjukkan wajah bapak dan anak di kota-kota dan di desa-desa. Pada pertarungan posisinya sebagai politisi, dia turut berkampanye soal pemilihan anggota parlemen tahun 1999. Dia gagal menunjukkan kemampuannya. Partai Azerbaijan Baru (Yeni Azərbaycan Partiyası/YAP) menang mudah, namun itu adalah akibat perhitungan suara yang direkayasa.

Dia kemudian dipilih sebagai Wakil Ketua Partai Azerbaijan Baru yang sedang berkuasa. Dia mewakili ayahnya pada setiap pertemuan dengan pejabat asing yang berkunjung dan membuka pusat olahraga kaliber olimpiade baru di Azerbaijan untuk mendukung posisinya sebagai politikus.

Pada 1999, ia diangkat sebagai deputi dan deputi pertama partai yang berkuasa Partai Azerbaijan Baru pada tahun 2001. Periode 2001-2003, ia menjabat ketua delegasi parlemen Azerbaijan pada Majelis Parlemen Dewan Eropa (PACE) dan diangkat sebagai Ketua Deputi Majelis Parlemen Dewan Eropa dan anggota kantor PACE pada Januari 2003. Pada 2003 tersebut, ia menghentikan kegiatannya sebagai anggota parlemen karena diangkat sebagai Perdana Menteri pada 4 Agustus 2003.

Pengangkatannya sebagai Perdana Menteri diterjemahkan oleh analis sebagai jalan menuju posisi presiden. Berdasarkan konstitusi Azerbaijan, Perdana Menteri otomatis berperan sebagai kepala negara jika presiden tidak mampu menjalankan tugas. Heidar Aliyev memang dilaporkan sakit parah di rumah sakit di Turki. Mereka yang mengenal Ilham dengan baik meragukan kemampuannya. Ilham sendiri dikenal tidak punya taktik kuat untuk menjabat sebagai presiden di negara yang terkotak-kotak dan susah diajak kompromi. Azerbaijan bertetangga dengan Iran dan Turki.

"Mudah bagi Ilham untuk naik ke kekuasaan, tetapi akan sulit bagi dia bertahan," kata Elmar Husseinov yang seorang analis politik. "Siapa Ilham Aliyev? Dia adalah anak presiden. Jika Heydar Aliyev tidak lagi ada di sekitarnya, dia tidak akan menjadi seseorang," kata Zardusht Alizade yang oposisi.

Pada April 2004 karena partisipasi aktifnya dalam PACE dan komitmen ke Eropa, ia dihadiahi medali dan diploma sebagai anggota terhormat PACE. Ia menjadi Presiden Azerbaijan pada 15 Oktober 2003. Pada pemilu ini, ia meraih 2.438.787 suara (76,8%). Ia unggul atas tujuh kandidat lain, yaitu Isa Qambar, Lala Sövket Hacıyeva, Etibar Mammadov, Ilyas Ismayılov, Sabir Rüstamxanlı, Qüdrat Hasanquliyev, dan Hafiz Hacıyev. Isa Qambar yang dicalonkan oleh Partai Kesetaraan (Müsavat Partiyası) menempati urutan kedua dengan 372.385 (14%) suara. Dengan kemenangan ini, Ilham meneruskan jabatan presiden pada 31 Oktober 2003 dan layak menggantikan mantan Presiden Heydar Aliyev yang adalah ayahnya sendiri.

Info Pribadi

Ia menulis sejumlah riset aspek geopolitik strategi minyak kekuasaan Azerbaijan. Ilham Aliyev fasih berbahasa Azeri, bahasa Rusia, bahasa Perancis, bahasa Inggris, dan bahasa Turki. Ia menikah dan dikaruniai tiga anak; yaitu Heidar yang termuda dan masih sekolah di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kenalan menyebutnya sebagai pribadi yang hangat, cerdas, dan jenaka.

Lihat juga

Pranala luar


Jabatan politik
Didahului oleh:
Artur Rasizade
Perdana Menteri Azerbaijan
2003
Diteruskan oleh:
Artur Rasizade
Didahului oleh:
Heydar Aliyev
Presiden Azerbaijan
2003 – Sekarang
Diteruskan oleh:
Sedang Menjabat