Gradualisme filetik: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
k Robot: Perubahan kosmetika
Baris 9: Baris 9:


== Pranala luar ==
== Pranala luar ==
*[http://www.blackwellpublishing.com/ridley/a-z/Phyletic_gradualism.asp The distinction between phyletic gradualism and punctuated equilibrium models] - by Mark Ridley
* [http://www.blackwellpublishing.com/ridley/a-z/Phyletic_gradualism.asp The distinction between phyletic gradualism and punctuated equilibrium models] - by Mark Ridley


{{evolusi}}
{{evolusi}}
{{biologi-stub}}
{{biologi-stub}}

[[Kategori:Evolusi]]
[[Kategori:Evolusi]]

Revisi per 4 November 2016 03.23

Gradualisme filetik dibandingkan dengan keseimbangan bersela (bawah).

Gradualisme filetik adalah model evolusi yang menjelaskan bahwa sebagian besar spesiasi bersifat lambat, seragam, dan berangsur-angsur.[1] Seluruh spesies secara perlahan mengalami perubahan menjadi spesies yang baru. Dalam sudut pandang ini, tidak ada garis batas yang jelas antara spesies nenek moyang dengan spesies baru.

Gradualisme filetik seringkali dianggap berlawanan dengan teori keseimbangan bersela, yang menyatakan bahwa sebagian besar sejarah suatu spesies berada dalam keadaan stasis atau ketiadaan perubahan, dan evolusi terjadi jarang dan cepat.

Catatan kaki

  1. ^ Eldredge, N. and S. J. Gould (1972). "Punctuated equilibria: an alternative to phyletic gradualism" In T.J.M. Schopf, ed., Models in Paleobiology. San Francisco: Freeman Cooper. p. 84.

Pranala luar