Lompat ke isi

Luitpold III dari Austria: Perbedaan antara revisi

k
Robot: Perubahan kosmetika
(Luitpold III dari Austria)
k (Robot: Perubahan kosmetika)
Luitpold dilahirkan di [[Melk]], putra Markgraf [[Luitpold II dari Austria|Luitpold II]] dan [[Ida dari Cham]]. Ia menikah sebanyak dua kali. Istri pertamanya diduga berasal dari keluarga von Perg, yang meninggal pada tahun 1105. Istri keduanya adalah [[Agnes dari Jerman|Agnes]], janda saudari Kaisar [[Heinrich V, Kaisar Romawi Suci]] yang ia dukung melawan ayahnya [[Heinrich IV, Kaisar Romawi Suci|Heinrich IV]]. Koneksi dengan [[Salian]] meningkatkan martabat [[Wangsa Babenberg]], yang mana hak-hak penting kerajaan margravate di Austria diberikan. Juga, Agnes memiliki pengaruh koneksi melalui pernikahannya yang sebelumnya, satu dari putranya menjadi [[Konrad III dari Jerman]].
 
Luitpold menyebut dirinya sendiri "Princeps Terræ", yang berarti suatu cermin kemerdekaan wilayahnya. Ia dianggap sebagai seorang calon di dalam pemilihan [[Raja-raja Romawi|Kaiser]] [[Kekaisaran Romawi Suci]] pada tahun 1125, namun menolak penghargaan tersebut.
 
Ia terutama dikenang pembangun negara dan khususnya membangun beberapa biara. Yayasan terpentingnya adalah [[Klosterneuburg]] (1108). Menurut legenda, [[Maria, ibu Yesus|Santa Perawan Maria]] menampakkan diri dihadapannya dan memimpinnya ke tempat dimana ia menemukan cadar istrinya Agnes, yang telah hilang selama beberapa tahun sebelumnya. Ia mendirikan sebuah [[biara]] [[Stift Klosterneuburg|Klosterneuburg]] disana. Ia akhirnya mengembangkan tempat tersebut untuk dijadikan sebagai tempat tinggalnya.
 
Luitpold juga mendirikan biara-biara [[Biara Heiligenkreuz|Heiligenkreuz]], [[Kleinmariazell]] dan [[Seitenstetten]] yang perkembangan wilayahnya sebagian besar masih tertutup dengan hutan. Atas seluruh hal-hal tersebut membuat gereja untuk mentahbiskannya pada tahun 1485.
 
Luitpold juga memupuk perkembangan kota-kota, seperti Klosterneuburg, [[Vienna]] dan [[Krems]]. Kota yang terakhir diberikan hak untuk [[cetak (coin)|mencetak uang logam]] namun tidak pernah mencapai hal penting.