Lompat ke isi

Yunani Kuno: Perbedaan antara revisi

6 bita ditambahkan ,  5 tahun yang lalu
k
Bot: Penggantian teks otomatis (- tapi + tetapi)
k (Robot: Perubahan kosmetika)
k (Bot: Penggantian teks otomatis (- tapi + tetapi))
'''Yunani Kuno''' adalah peradaban dalam [[sejarah Yunani]] yang dimulai dari periode [[Yunani Arkais]] pada abad ke-8 sampai ke-6 SM, hingga berahirnya [[Abad Kuno|Zaman Kuno]] dan dimulainya [[Abad Pertengahan Awal]].<ref name="Thomas1988">{{cite book|author=Carol G. Thomas|title=Paths from ancient Greece|url=http://books.google.com/books?id=NAwVAAAAIAAJ&pg=PA27|accessdate=12-06-2011|year=1988|publisher=BRILL|isbn=9789004088467|pages=27–50}}</ref> Peradaban ini mencapai puncaknya pada periode [[Yunani Klasik]], yang mulai berkembang pada abad ke-5 sampai ke-4 SM. Pada periode klasik ini Yunani dipimpin oleh negara-kota [[Athena]] dan berhasil menghalau serangan [[Kekaisaran Persia]]. Masa keemasan Athena berakhir dengan takluknya Athena kepada [[Sparta]] dalam [[Perang Peloponnesos]] pada tahun 404 SM. Seiring penaklukan oleh [[Aleksander Agung]], kebudayaan Yunani, yang dikenal sebagai [[peradaban Hellenistik]], berkembang mulai dari [[Asia Tengah]] sampai ujung barat [[Laut Tengah]].
 
Istilah "Yunani Kuno" diterapkan pada wilayah yang menggunakan [[bahasa Yunani]] pada Zaman Kuno. Wilayahnya tidak hanya terbatas pada [[Geografi Yunani|semenanjung Yunani]] modern, tapitetapi juga termasuk wilayah lain yang didiami orang-orang Yunani, di antaranya [[Siprus]] dan [[Kepulauan Aegea|Kepulauan Aigea]], pesisir [[Anatolia]] (saat itu disebut [[Ionia]]), [[Sisilia]] dan bagian selatan [[Italia]] (dikenal sebagai [[Yunani Besar]]), serta pemukiman Yunani lain yang tersebar sepanjang pantai [[Kolkhis]], [[Illyria]], [[Thrakia]], [[Mesir]], [[Kyrenaika]], [[Galia]] selatan, [[Semenanjung Iberia]] timur dan timur laut, [[Iberia]], dan [[Taurika]].
 
Oleh sebagian besar [[sejarawan]], peradaban ini dianggap merupakan peletak dasar bagi [[Peradaban Barat]].<ref>Richard Tarnas, ''[http://books.google.com/books?id=0n2C299jeOMC&lpg=PA25&pg=PP1#v=onepage&f=false The Passion of the Western Mind]'' (New York: Ballantine Books, 1991).</ref><ref>Colin Hynson, ''[http://books.google.com/books?id=hmweq2TyxvsC&lpg=PT5&pg=PT5#v=onepage&f=false Ancient Greece]'' (Milwaukee: World Almanac Library, 2006), 4.</ref><ref>Carol G. Thomas, ''[http://books.google.com/books?id=NAwVAAAAIAAJ&lpg=PA1&pg=PA1#v=onepage&f=false Paths from Ancient Greece]'' (Leiden, Netherlands: E. J. Brill, 1988).</ref> Budaya Yunani memberi pengaruh kuat bagi [[Kekaisaran Romawi]], yang selanjutnya meneruskan versinya ke bagian lain [[Eropa]]. Peradaban Yunani Kuno juga sangat berpengaruh pada bahasa, politik, sistem pendidikan, filsafat, ilmu, dan seni, mendorong [[Renaisans]] di [[Eropa Barat]], dan bangkit kembali pada masa kebangkitan [[Neo-Klasik]] pada [[abad ke-18]] dan [[abad ke-19|ke-19]] di Eropa dan [[Amerika]].
Populasi yang bertambah dan kurangnya lahan nampaknya telah memicu perselisihan internal antara kaum kaya dan kaum miskin di banyak negara kota. Di [[Sparta]], [[Perang Messenia]] terjadi dan akibatnya [[Messenia]] ditaklukan dan penduduknya dijadikan budak. Perang ini dimulai pada paruh kedua abad ke-8 SM, dan merupakan suatu tindakan tanpa pendahulu di Yunani kuno. Praktik ini memungkinkan terjadinya revolusi sosial.<ref>Holland T. Persian Fire hlm. 69-70. ISBN 978-0-349-11717-1</ref> Penduduk yang diperbudak, yang kemudian disebut [[helot]], dipaksa untuk bertani dan bekerja untuk rakyat Sparta, sementara semua lelaki Sparta menjadi prajurit dan masuk ke dalam [[Pasukan Sparta]]. Ini telah menjadikan Sparta sebagai negara yang termiliterisasi secara permanen. Bahkan orang kaya juga harus hidup dan berlatih sebagai prajurit seperti halnya kaum miskin. Penyetaraan ini bertujuan mengurangi potensi terjadinya konflik sosial antara kaum kaya dan kaum miskin. Reformasi ini disebut-sebut dilakukan oleh [[Lykurgos dari Sparta]] dan kemungkinan selesai pada 650 SM.
 
Athena menderita krisis tanah dan pertanian pada akhir abad ke-7 SM dan lagi-lagi mengalami perang saudara. [[Arkhon Athena|arkhon]] (hakim kepala) [[Drako]] membuat beberapa perubahan terhadap kode hukum pada 621 SM, tapitetapi tindakan ini gagal meredakan konflik. Pada akhirnya reformasi terjadi berkat [[Solon]] (594 SM), yang memperbanyak tanah untuk orang miskin tapitetapi menempatkan kaum aristokrat sebagai pemegang kekuasaan. Reformasi ini cukup membuat Athena stabil.
 
Pada abad ke-6 SM beberapa negara kota telah tumbuh menjadi kekuatan dominan Yunani, antara lain Athena, Sparta, [[Korintus|Korinthos]], dan [[Thebes]]. Masing-masing menaklukkan wilayah pedesaan dan kota kecil sekitarnya. Sementara Athena dan Korinthos juga menjadi kekuatan maritim dan perdagangan terkemuka.
692.563

suntingan