Elektrometer: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
EmausBot (bicara | kontrib)
k Bot: Migrasi 16 pranala interwiki, karena telah disediakan oleh Wikidata pada item d:Q1982706
Kenrick95Bot (bicara | kontrib)
k Bot: Penggantian teks otomatis (- tapi + tetapi)
Baris 1: Baris 1:
[[Berkas:Electroscope.png|thumb|Bagan elektroskop]]
[[Berkas:Electroscope.png|thumb|Bagan elektroskop]]
'''Elektrometer''' adalah [[alat pengukur]] [[muatan listrik]] atau [[beda potensial]] listrik. Jenis elektrometer bervariasi, mulai dari buatan tangan hingga perangkat elektronik dengan ketepatan tinggi. Elektrometer modern yang berdasarkan pada teknologi [[tabung hampa]] atau [[fase padat]] (''solid state'') dapat digunakan untuk mengukur [[arus listrik]] yang sangat kecil hingga 1 [[femtoamper]]. '''Elektroskop''' adalah alat sejenis yang lebih sederhana, yang bekerja berdasarkan prinsip yang serupa, tapi hanya menunjukkan besaran relatif [[voltase]] atau muatan listrik.
'''Elektrometer''' adalah [[alat pengukur]] [[muatan listrik]] atau [[beda potensial]] listrik. Jenis elektrometer bervariasi, mulai dari buatan tangan hingga perangkat elektronik dengan ketepatan tinggi. Elektrometer modern yang berdasarkan pada teknologi [[tabung hampa]] atau [[fase padat]] (''solid state'') dapat digunakan untuk mengukur [[arus listrik]] yang sangat kecil hingga 1 [[femtoamper]]. '''Elektroskop''' adalah alat sejenis yang lebih sederhana, yang bekerja berdasarkan prinsip yang serupa, tetapi hanya menunjukkan besaran relatif [[voltase]] atau muatan listrik.


== Pranala luar ==
== Pranala luar ==

Revisi per 30 Oktober 2016 13.05

Bagan elektroskop

Elektrometer adalah alat pengukur muatan listrik atau beda potensial listrik. Jenis elektrometer bervariasi, mulai dari buatan tangan hingga perangkat elektronik dengan ketepatan tinggi. Elektrometer modern yang berdasarkan pada teknologi tabung hampa atau fase padat (solid state) dapat digunakan untuk mengukur arus listrik yang sangat kecil hingga 1 femtoamper. Elektroskop adalah alat sejenis yang lebih sederhana, yang bekerja berdasarkan prinsip yang serupa, tetapi hanya menunjukkan besaran relatif voltase atau muatan listrik.

Pranala luar