Demak, Demak: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Wagino Bot (bicara | kontrib)
k →‎Desa/kelurahan: perbaikan isi templat
Dj Ran (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 9: Baris 9:
|nama camat = }}
|nama camat = }}
'''Demak''' adalah sebuah [[kecamatan]] di [[Kabupaten Demak]], [[Provinsi]] [[Jawa Tengah]], [[Indonesia]]. '''Demak''' juga merupakan ibukota kabupaten.
'''Demak''' adalah sebuah [[kecamatan]] di [[Kabupaten Demak]], [[Provinsi]] [[Jawa Tengah]], [[Indonesia]]. '''Demak''' juga merupakan ibukota kabupaten.


== Mega Proyek Pemkab Demak ==
Pemkab Demak dan Bupati Demak mempunyai beberapa rencana ''jangka panjang'' dan ''jangka pendek'' untuk membangun Kabupaten Demak, diantaranya:
* '''Mengembangkan Brown Canyon'''
Pemerintah Desa Kebonbatur dan Kecamatan Mranggen bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Demak untuk menjadikan '''<big>Brown Canyon</big>''' menjadi tempat wisata. ''(Jangka Pendek)''
* '''Membangun Jalan Tol Demak Jepara'''
Pemkab Demak bekerjasama dengan Pemkab [[Jepara]] untuk '''membangun Jalan Negara''' Demak-Jepara yang melewati pesisir hingga perbatasan Kedungmutih-Kedungmalang ''(Jangka Panjang)''
* '''Rumah Sakit Kecamatan Mijen'''
Pemkab Demak bekerjasama dengan Swasta/Investor '''mendirikan Rumah Sakit Umum Mijen''' karena lebih potensial mengingat Mijen merupakan salah satu kecamatan terluar dari Kabupaten Demak, sehingga perlu diperhatikan kesehatannya dengan membangun Rumah Sakit di Kecamatan Mijen''(Jangka Panjang)''
* '''Event "DEMAK MEAL EXPO"'''
Seharusnya Pemkab Demak mengadakan event '''<big>Demak Meals Expo</big>''' ''(artinya: festival makanan khas Demak)'' supaya Kabupaten Demak tidak hanya dikenal wisata religi, tetapi juga terkenal makanan khasnya. Sehingga Demak bisa menjadi kota wisata kuliner.
* * '''Taman Air Bertema Rawa'''
Pemkab Demak berpotensi untuk mengajak investor untuk membangun wahana wisata buatan "Waterpark" dengan mengusung bertema Rawa-Rawa, karena sesuai dengan asal-usul Kabupaten Demak adalah rawa-rawa. waterpark tersebut cocok diberi nama '''DEMAK SWAMP PARK''' atau DEMAK MARSH PARK yang keduanya artinya sama yaitu Taman Rawa Demak. Meminta pihak swasta maupun pemerintah '''yang hendak ingin membangun wisata air waterboom''' di Kabupaten Demak, diharap menggunakan nama Demak Swamp Park (Taman Rawa Demak) mengingat Demak dahulunya merupakan rawa. Dan apabila masih ada yang membuat wisata air waterboom maka diharapkan menggunakan nama Demak Palace Park (Taman Istana Demak) mengingat Demak dahulunya merupakan kerajaan Demak serta memasang ornamen bendera kerajaan Demak dan arsitektur masa kerajaan Demak pada Demak Palace Park.
* '''Jalur Sepeda dan Becak'''
Membangun '''Jalur sepeda & Becak''' yang jalan rayanya di cat hijau dan di beri semacam trotoar pemisah dengan jalan raya mobil dan motor. jalur sepedanya dari Alun-Alun Demak hinga Jepara, dari Alun-Alun Demak hinga Kudus, dari Alun-Alun Demak hinga Kota Semarang. jalur sepeda agar meningkatkan minat bersepeda dan meninggalkan kendaraan bermotor supaya Demak udaranya tidak polusi. ''(Jangka Pendek)''
* '''Sawah Organik'''
Menjadikan seluruh [[sawah]] di Demak menjadi '''sawah organik''', yaitu padi organik, blewah organik, dll. ''(Jangka Pendek)''
* '''Membangun Trotoar Ramah Disabilitas'''
yaitu membangun trotoar yang aman dan nyaman bagi kaum disabilitas baik itu pengguna kursi roda maupun pengguna tongkat.
* '''Membangun Taman Ramah Disabilitas'''
membangun taman yang aman dan nyaman bagi kaum disabilitas baik itu pengguna kursi roda maupun pengguna tongkat, dengan berbagai fasilitas yang dapat mempermudahkan kaum disabilitas mengunjungi alun-alun.
* '''Membangun Alun-Alun Ramah Disabilitas'''
membangun alun-alun yang aman dan nyaman bagi kaum disabilitas baik itu pengguna kursi roda maupun pengguna tongkat, dengan berbagai fasilitas yang dapat mempermudahkan kaum disabilitas mengunjungi alun-alun.
* '''Taman Patung Barongan Demak'''
Membangun Taman Kota pada bagian tengah taman tersebut dibangun Patung Barongan khas Demak yaitu [[Barongan Singo Karya]], seperti Kota Semarang memiliki Taman Pandanaran yang terdapat Patung [[Warak ngendok]] (sejenis barongan Khas Kota Semarang).
* '''Demak Barong carnival'''
Mengadakan '''even tahunan yaitu "DEMAK BARONG CARNIVAL"''' yang merupakan perayaan yang digelar dengan atraksi unjuk kepiawaian memainkan [[Barongan Singo Karya]] (Barongan Khas Demak). Juga mengundang berbagai [[Barongan]] seluruh Indonesia untuk memeriahkan Demak Barong Carnival, yaitu : [[Barongan Dencong]], [[Barong Loreng Gonteng]], [[Singo Ulung]], [[Barong Bali]], [[Reog Ponorogo]], [[Barongan Gembong Kamijoyo]], [[Ondel-Ondel]], [[Hudoq]], [[Bebegig Sumantri]], [[Barong Kemiren]], dll.


== Desa/kelurahan ==
== Desa/kelurahan ==

Revisi per 17 Oktober 2016 21.45

Demak
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenDemak
Populasi
 • Total- jiwa
Kode Kemendagri33.21.11
Kode BPS3321070
Luas61,65 km²
Desa/kelurahan-

Demak adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Demak juga merupakan ibukota kabupaten.


Mega Proyek Pemkab Demak

Pemkab Demak dan Bupati Demak mempunyai beberapa rencana jangka panjang dan jangka pendek untuk membangun Kabupaten Demak, diantaranya:

  • Mengembangkan Brown Canyon

Pemerintah Desa Kebonbatur dan Kecamatan Mranggen bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Demak untuk menjadikan Brown Canyon menjadi tempat wisata. (Jangka Pendek)

  • Membangun Jalan Tol Demak Jepara

Pemkab Demak bekerjasama dengan Pemkab Jepara untuk membangun Jalan Negara Demak-Jepara yang melewati pesisir hingga perbatasan Kedungmutih-Kedungmalang (Jangka Panjang)

  • Rumah Sakit Kecamatan Mijen

Pemkab Demak bekerjasama dengan Swasta/Investor mendirikan Rumah Sakit Umum Mijen karena lebih potensial mengingat Mijen merupakan salah satu kecamatan terluar dari Kabupaten Demak, sehingga perlu diperhatikan kesehatannya dengan membangun Rumah Sakit di Kecamatan Mijen(Jangka Panjang)

  • Event "DEMAK MEAL EXPO"

Seharusnya Pemkab Demak mengadakan event Demak Meals Expo (artinya: festival makanan khas Demak) supaya Kabupaten Demak tidak hanya dikenal wisata religi, tetapi juga terkenal makanan khasnya. Sehingga Demak bisa menjadi kota wisata kuliner.

  • * Taman Air Bertema Rawa

Pemkab Demak berpotensi untuk mengajak investor untuk membangun wahana wisata buatan "Waterpark" dengan mengusung bertema Rawa-Rawa, karena sesuai dengan asal-usul Kabupaten Demak adalah rawa-rawa. waterpark tersebut cocok diberi nama DEMAK SWAMP PARK atau DEMAK MARSH PARK yang keduanya artinya sama yaitu Taman Rawa Demak. Meminta pihak swasta maupun pemerintah yang hendak ingin membangun wisata air waterboom di Kabupaten Demak, diharap menggunakan nama Demak Swamp Park (Taman Rawa Demak) mengingat Demak dahulunya merupakan rawa. Dan apabila masih ada yang membuat wisata air waterboom maka diharapkan menggunakan nama Demak Palace Park (Taman Istana Demak) mengingat Demak dahulunya merupakan kerajaan Demak serta memasang ornamen bendera kerajaan Demak dan arsitektur masa kerajaan Demak pada Demak Palace Park.

  • Jalur Sepeda dan Becak

Membangun Jalur sepeda & Becak yang jalan rayanya di cat hijau dan di beri semacam trotoar pemisah dengan jalan raya mobil dan motor. jalur sepedanya dari Alun-Alun Demak hinga Jepara, dari Alun-Alun Demak hinga Kudus, dari Alun-Alun Demak hinga Kota Semarang. jalur sepeda agar meningkatkan minat bersepeda dan meninggalkan kendaraan bermotor supaya Demak udaranya tidak polusi. (Jangka Pendek)

  • Sawah Organik

Menjadikan seluruh sawah di Demak menjadi sawah organik, yaitu padi organik, blewah organik, dll. (Jangka Pendek)

  • Membangun Trotoar Ramah Disabilitas

yaitu membangun trotoar yang aman dan nyaman bagi kaum disabilitas baik itu pengguna kursi roda maupun pengguna tongkat.

  • Membangun Taman Ramah Disabilitas

membangun taman yang aman dan nyaman bagi kaum disabilitas baik itu pengguna kursi roda maupun pengguna tongkat, dengan berbagai fasilitas yang dapat mempermudahkan kaum disabilitas mengunjungi alun-alun.

  • Membangun Alun-Alun Ramah Disabilitas

membangun alun-alun yang aman dan nyaman bagi kaum disabilitas baik itu pengguna kursi roda maupun pengguna tongkat, dengan berbagai fasilitas yang dapat mempermudahkan kaum disabilitas mengunjungi alun-alun.

  • Taman Patung Barongan Demak

Membangun Taman Kota pada bagian tengah taman tersebut dibangun Patung Barongan khas Demak yaitu Barongan Singo Karya, seperti Kota Semarang memiliki Taman Pandanaran yang terdapat Patung Warak ngendok (sejenis barongan Khas Kota Semarang).

  • Demak Barong carnival

Mengadakan even tahunan yaitu "DEMAK BARONG CARNIVAL" yang merupakan perayaan yang digelar dengan atraksi unjuk kepiawaian memainkan Barongan Singo Karya (Barongan Khas Demak). Juga mengundang berbagai Barongan seluruh Indonesia untuk memeriahkan Demak Barong Carnival, yaitu : Barongan Dencong, Barong Loreng Gonteng, Singo Ulung, Barong Bali, Reog Ponorogo, Barongan Gembong Kamijoyo, Ondel-Ondel, Hudoq, Bebegig Sumantri, Barong Kemiren, dll.

Desa/kelurahan