Lompat ke isi

Pippin I dari Aquitaine: Perbedaan antara revisi

5 bita ditambahkan ,  5 tahun yang lalu
(Pippin I dari Aquitaine)
 
== Biografi ==
Ia adalah putra kedua [[Kaisar Romawi Suci|Kaisar]] [[LouisLudwig yang Saleh]] dan istri pertamanya, [[Ermengarde dari Hesbaye]].
 
Ketika ayahandanya menetapkan sebuah kerajaan (di antara [[Kekaisaran Romawi Suci|Kekaisaran]]) kepada masing-masing anaknya di bulan Agustus 817, ia menerima [[Aquitaine]], yang merupakan anak kerajaan Louis selama pemerintahan ayahandanya [[Charlemagne]]. [[Ermoldus Nigellus]] adalah seorang pujangga istananya dan menemaninya ke dalam [[Bretagne]] pada tahun 824.
Pippin memberontak pada tahun 830 atas desakan penasihat kakandanya [[Lothair I]] [[Wala dari Corbie|Wala]]. Ia mengambil pasukan [[Kadipaten Gascogne|Gascogne]] dengannya dan berbaris ke segala arah menuju [[Paris]], dengan dukungan [[Neustria]]. Ayahandanya berbaris kembali dari kampanye di [[Bretagne]] segala arah ke [[Compiègne]], dimana Pippin mengepung dan menangkapnya. Namun pemberontakan itu gagal.
 
Pada tahun 832, Pippin memberontak lagi dan saudaranya [[Ludwig II]] segera mengikuti. [[LouisLudwig yang Saleh]] berada di Aquitaine untuk menundukkan pemberontakan apapun, namun ditarik oleh pemberontakan [[Bayern]] LouisLudwig muda. Pippin merebut [[Limoges]] dan wilayah-wilayah kerajaan lainnya. Tahun berikutnya, Lothair bergabung dengan pemberontakan, dan dengan bantuan [[Ebo]], [[Keuskupan Reims]], anak-anak pemberontak itu memecat ayahanda mereka di tahun 833. Lothair kemudian mengasingkan Pippin, dan yang terakhir berada di pihak ayahandanya ketika status [[LouisLudwig yang Saleh]] dipulihkan pada tanggal 1 Maret 834. Status Pippin dipulihkan seperti semula.
 
Pippin meninggal hampir empayempat tahun kemudian dan dimakamkan [[:fr:Abbaye Sainte-Croix de Poitiers|Sainte-Croix]] di [[Poitiers]].
 
Pada tahun 822, ia menikahi Ingeltrude<ref>Also called Engelberga, Rigarde, Hringard, or Ringart.</ref>, putri Theodobert, Comte [[Madrie]], dengan siapa ia memiliki dua orang putra: [[Pippin II dari Aquitaine|Pippin II]] (823-setelah 864), dan [[Karl dari Mainz|Karl]] (825-830 - 4 Juni 863), yang menjadi [[Keuskupan Mainz|Uskup Agung di Mainz]].
 
Keduanya masih bocah ketika Pippin meninggal, sehingga [[LouisLudwig yang Saleh]] menganugerahkan Aquitaine kepada putra bungsunya, saudara tiri Pippin, [[Karl yang Botak]]. Namun bangsa Aquitaine memilih putra Pippin sebagai Pippin II. Karl juga secara singkat menuntut kerajaan itu. Keduanya meninggal tanpa keturunan.
 
== Silsilah ==
26.093

suntingan