Lompat ke isi

Bao Zheng: Perbedaan antara revisi

7 bita ditambahkan ,  14 tahun yang lalu
k
Robot: Cosmetic changes
k (bot Menambah: ja:包拯)
k (Robot: Cosmetic changes)
[[Berkas:Hakimbao.JPG|thumb|200px|Bao Zheng dalam sebuah lukisan dari [[Dinasti Qing]]]]
 
'''Bao Zheng''' ([[Hanzi]]: 包拯) ([[999]]-[[1062]]) adalah seorang [[hakim]] dan negarawan terkenal pada jaman [[Dinasti Song]] Utara. Karena kejujurannya dia mendapat julukan '''Bao Qingtian''' (包青天) yang berarti ''Bao si langit biru'', sebuah nama pujian bagi pejabat bersih. Musuh-musuhnya menjulukinya '''Bao Heizi''' (包黑子) yang artinya ''si hitam Bao'' karena warna kulitnya yang gelap. Nama kehormatannya adalah '''Xiren''' (希仁).
 
== Kehidupan ==
Bao dilahirkan dalam keluarga [[sarjana]] di Luzhou (sekarang [[Hefei]], provinsi [[Anhui]]). Kehidupan awalnya banyak mempengaruhi kepribadiannya. Orang tuanya walaupun hidup pas-pasan, namun masih sanggup menyekolahkannya dengan baik. Ketika sedang mengandungnya, ibunya sering turun naik gunung untuk mengumpulkan kayu bakar. Di kampungnya dia banyak berteman dengan rakyat jelata sehingga dia mengerti beban hidup dan masalah mereka. Hal ini membuatnya membenci [[korupsi]] dan bertekad untuk menegakkan keadilan dan kejujuran. Orang yang berpengaruh besar pada kehidupannya adalah Liu Yun, seorang pejabat kehakiman di Luzhou, seorang pejabat yang ahli dalam [[puisi]] dan [[literatur]] serta adil dan membenci kejahatan. Dia juga seorang yang menghargai intelektual dan bakat Bao. Di bawah pengaruh Liu, Bao bertekad untuk memberikan kesetiaannya terhadap kerajaan dan cintanya pada negara dan rakyat.
 
Dalam pemerintahan, teman dekatnya adalah paman kaisar yaitu Zhao Defang yang lebih dikenal dengan nama pangeran ke delapan (八王爷, Ba Wang Ye). Di kalangan rakyat, Bao Zheng dikenal sebagai hakim yang adil dan berani memutuskan segala sesuatu berdasarkan keadilan tanpa rasa takut, juga mampu membedakan mana yang benar dan yang salah. Baginya siapapun termasuk kerabat dekat kaisar sekalipun harus dihukum bila terbukti bersalah melakukan pelanggaran. Bao meninggal tahun 1062 dan dimakamkan di makam keluarganya di Hefei, di kota itu juga dibangun kuil untuk mengenangnya (包公祠).
 
== Bao Zheng dalam legenda ==
Bao Zheng banyak menghiasi karya literatur dalam sejarah [[Tiongkok]], kisah hidupnya yang melegenda sering ditampilkan dalam [[opera]] dan [[drama]], kebanyakan kisah-kisah ini didramatisasi. Dalam opera biasanya dia digambarkan sebagai pria berjenggot dengan wajah hitam dan tanda lahir berbentuk bulan sabit di dahinya (beberapa versi menyebutkan tanda ini berasal dari luka ketika dia memberi hormat dengan sangat keras pada ibunya untuk menunjukkan baktinya).
 
*貍貓換太子, mengisahkan Bao membongkar [[konspirasi]] dalam istana, dimana bayi putra mahkota ditukar dengan anak kucing ketika baru dilahirkan. Dalam kasus ini Bao harus berhadapan dengan kasim yang menjadi temannya pada awal karirnya, Guo Huai sehingga Bao harus memilih antara perasaan pribadi sebagai teman dan kewajibannya menegakkan keadilan. Bao menyamar sebagai dewa Yama, raja neraka untuk membongkar kejahatan Guo Huai. Guo pun akhirnya mengakui segalanya karena dia mengira telah berada di neraka
 
== Bao Zheng dalam budaya populer ==
Kisahnya yang difilmkan oleh sebuah perusahaan film [[Taiwan]] dengan judul ''Justice Bao'' (包青天) meraih popularitas luar biasa di [[Asia]] pada dekade 90-an, tak lama kemudian untuk mengikuti kesuksesannya, [[Hongkong]] pun ikut menggarap kisah ini dengan aktor pemeran Bao yang sama pula, Jin Chaoqun, namun tidak sesukses versi Taiwannya. Di [[Indonesia]] serial ini dulu ditayangkan di dua stasiun TV sekaligus yaitu [[RCTI]] dan [[TPI]].
 
Hampir semua kisah dalam serial ini adalah fiksi yang dihubungkan dengan kehidupannya, namun sarat dengan nilai-nilai tradisional Tiongkok, seperti bakti pada orang tua, kesetiaan pada negara, dan kehormatan.
 
== Pranala luar ==
* [http://chineseculture.about.com/library/weekly/aa110200a.htm Biografi Bao Zheng]
 
259.487

suntingan