Heath Ledger: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
VolkovBot (bicara | kontrib)
VolkovBot (bicara | kontrib)
k bot Menambah: cy:Heath Ledger
Baris 55: Baris 55:
[[bg:Хийт Леджър]]
[[bg:Хийт Леджър]]
[[bs:Heath Ledger]]
[[bs:Heath Ledger]]
[[cy:Heath Ledger]]
[[da:Heath Ledger]]
[[da:Heath Ledger]]
[[de:Heath Ledger]]
[[de:Heath Ledger]]

Revisi per 23 Januari 2008 13.38

Heath Ledger
Heath Ledger
LahirHeathcliff Andrew Ledger
PasanganMichelle Williams (2005-07)
PenghargaanNYFCC Award For Best Actor
2005 Brokeback Mountain

Heathcliff Andrew Ledger (4 April 197922 Januari 2008) adalah aktor Australia yang pernah dinominasikan untuk Piala Oscar. Setelah muncul di televisi pada tahun 1990-an, ia pindah ke film dan membintangi film-film seperti The Patriot, Monster's Ball, dan Brokeback Mountain. Ia juga akan memainkan Joker dalam film The Dark Knight. Ledger ditemukan meninggal di apartemennya di New York City pada 22 Januari 2008.

Biografi

Ledger dilahirkan di Perth, Western Australia, anak dari Sally Ledger Bell (née Ramshaw) dan Kim Ledger. Pada usia 16 ia lulus sekolah dan pergi ke Sydney untuk sekolah akting. Ia kembali ke Perth untuk film seri televisi Sweat (1996), di mana ia memainkan seorang pembalap sepeda gay. Pada 1999, Ledger muncul dalam film 10 Things I Hate About You, diikuti dengan The Patriot, Monster's Ball, A Knight's Tale, dan The Brothers Grimm. Pada 2005, Ledger mendapatkan nominasi aktor terbaik Golden Globe untuk perannya dalam Brokeback Mountain, di mana ia memerankan seorang koboy gay. Untuk peran yang sama ia mendapatkan gelar "Best Actor of 2005" dari New York Film Critics Circle dan San Francisco Film Critics Circle.

Ledger menjalin hubungan dengan aktris Naomi Watts, rekan kerjanya pada tahun 2002 dalam film Ned Kelly. Setelah itu ia bertunangan dengan Michelle Williams, rekan kerjanya dalam Brokeback Mountain. Bersama Williams, ia dikaruniai seorang anak perempuan bernama Matilda Rose pada 28 Oktober 2005. Mereka tinggal di Brooklyn, Los Angeles, dan Sydney. Pada Agustus 2007, mereka putus.

Pada 22 Januari 2008, Ledger ditemukan meninggal di apartemen Mary-Kate Olsen di daerah SoHo, New York City. Jenazahnya ditemukan pada pukul 3:26pm dengan sejumlah obat tidur. Polisi sejauh ini belum mencurigai pembunuhan ataupun bunuh diri.

Filmografi

Pranala luar