Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Wagino Bot (bicara | kontrib)
k fix edit
Penambahan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Baris 18: Baris 18:
Kelurahan Bangka di sebelah barat, Kelurahan Rawajati di sebelah timur
Kelurahan Bangka di sebelah barat, Kelurahan Rawajati di sebelah timur
dan Kelurahan Pejaten Barat di sebelah selatan.
dan Kelurahan Pejaten Barat di sebelah selatan.
Kalibata merupakan suatu tempat di Jakarta Selatan, yang cukup terkenal karena di sana terdapat Taman Makam Pahlawan, tempat dimakamkan atau dikuburnya para pejuang, pahlawan dan orang-orang penting di negeri ini.

Kenapa dinamakan Kalibata? Zaenuddin HM menjelaskannya dalam bukunya “212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,” yang diterbitkan Ufuk Press pada Oktober 2012.
Dijelaskan bahwa konon dahulunya daerah tersebut berupa kali atau sungai yang penuh dengan bebatuan, termasuk batu bata yang lazim digunakan untuk membangun dinding rumah.[PR] Bonus Aksesoris Datsun!
Masyarakat setempat pada masa lampau sering melintasi kali tersebut dan kemudian menyebut kawasan ini sebagai Kalibata.
Tetapi, sekarang Kalibata sangat identik dengan taman makam pahlawan itu dan juga dikenal karena ada beberapa pusat perbelanjaan, salah satunya Kalibata Mal.
Taman makam pahlawaan semula berada di daerah Ancol. Namun, seiring perkembangan kota Jakarta di bagian utara saat itu, maka presiden pertama RI, Soekarno, menetapkan lokasi baru taman makam pahlawan di Jakarta Selatan.
Adapun lokasinya berada di Kalibata, daerah dekat Pasar Minggu yang kala itu belum padat penduduknya.
Selanjutnya Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata diresmikan pada 10 November 1954
{{Rintisan-Kelurahan-DKI}}
{{Rintisan-Kelurahan-DKI}}

Revisi per 26 September 2016 12.30

Kalibata
Negara Indonesia
ProvinsiJakarta
KotaJakarta Selatan
KecamatanPancoran
Kodepos
12740
Kode Kemendagri31.74.08.1002
Kode BPS3171080001


Kelurahan Kalibata, Pancoran memiliki kode pos 12740

Kelurahan ini terletak di kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan.

Kelurahan ini memiliki penduduk sebesar ... jiwa dan luas ... km2.

Kelurahan ini berbatasan dengan Kelurahan Durentiga di sebelah utara, Kelurahan Bangka di sebelah barat, Kelurahan Rawajati di sebelah timur dan Kelurahan Pejaten Barat di sebelah selatan. Kalibata merupakan suatu tempat di Jakarta Selatan, yang cukup terkenal karena di sana terdapat Taman Makam Pahlawan, tempat dimakamkan atau dikuburnya para pejuang, pahlawan dan orang-orang penting di negeri ini. Kenapa dinamakan Kalibata? Zaenuddin HM menjelaskannya dalam bukunya “212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,” yang diterbitkan Ufuk Press pada Oktober 2012. Dijelaskan bahwa konon dahulunya daerah tersebut berupa kali atau sungai yang penuh dengan bebatuan, termasuk batu bata yang lazim digunakan untuk membangun dinding rumah.[PR] Bonus Aksesoris Datsun! Masyarakat setempat pada masa lampau sering melintasi kali tersebut dan kemudian menyebut kawasan ini sebagai Kalibata. Tetapi, sekarang Kalibata sangat identik dengan taman makam pahlawan itu dan juga dikenal karena ada beberapa pusat perbelanjaan, salah satunya Kalibata Mal. Taman makam pahlawaan semula berada di daerah Ancol. Namun, seiring perkembangan kota Jakarta di bagian utara saat itu, maka presiden pertama RI, Soekarno, menetapkan lokasi baru taman makam pahlawan di Jakarta Selatan. Adapun lokasinya berada di Kalibata, daerah dekat Pasar Minggu yang kala itu belum padat penduduknya. Selanjutnya Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata diresmikan pada 10 November 1954