Pecel: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan aplikasi seluler
Verry ka (bicara | kontrib)
k tambahan istilah.
Baris 11: Baris 11:
| other =
| other =
}}
}}
'''Pecel''' adalah makanan yang menggunakan bumbu [[sambal kacang]] sebagai bahan utamanya yang dicampur dengan aneka jenis sayuran. Asal kata dan daerah pecel belum diketahui secara pasti, tetapi dalam [[bahasa Jawa]], ''pecel'' dapat diartikan sebagai 'tumbuk' atau 'dihancurkan dengan cara ditumbuk'.
'''Pecel''' (beberapa daerah melafakannya "pecal") adalah makanan yang menggunakan bumbu [[sambal kacang]] sebagai bahan utamanya yang dicampur dengan aneka jenis sayuran. Asal kata dan daerah pecel belum diketahui secara pasti, tetapi dalam [[bahasa Jawa]], ''pecel'' dapat diartikan sebagai 'tumbuk' atau 'dihancurkan dengan cara ditumbuk'.


Pecel diperkirakan berasal dari [[Madiun]], [[Jawa Timur]], karena bumbu sambal kacang yang digunakan dalam campuran pecel mirip dengan yang digunakan sebagai bumbu [[sate Ponorogo]]. Makanan ini juga mirip dengan [[gado-gado]] yang dibedakan dengan campuran bahan dan tekstur bumbunya.
Pecel diperkirakan berasal dari [[Madiun]], [[Jawa Timur]], karena bumbu sambal kacang yang digunakan dalam campuran pecel mirip dengan yang digunakan sebagai bumbu [[sate Ponorogo]]. Makanan ini juga mirip dengan [[gado-gado]] yang dibedakan dengan campuran bahan dan tekstur bumbunya.

Revisi per 10 September 2016 03.17

Pecel
Sepincuk pecel yang siap dinikmati.
Tempat asalDiperkirakan dari eks-Karesidenan Madiun, Jawa Timur
Bahan utamaSayur, sambal kacang
VariasiPecel lele, pecel belut, pecel kerang, pecel tumpang, pecel Madiun, pecel Blitar, pecel pakis Colo, pical sikai
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Pecel (beberapa daerah melafakannya "pecal") adalah makanan yang menggunakan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya yang dicampur dengan aneka jenis sayuran. Asal kata dan daerah pecel belum diketahui secara pasti, tetapi dalam bahasa Jawa, pecel dapat diartikan sebagai 'tumbuk' atau 'dihancurkan dengan cara ditumbuk'.

Pecel diperkirakan berasal dari Madiun, Jawa Timur, karena bumbu sambal kacang yang digunakan dalam campuran pecel mirip dengan yang digunakan sebagai bumbu sate Ponorogo. Makanan ini juga mirip dengan gado-gado yang dibedakan dengan campuran bahan dan tekstur bumbunya.

Deskripsi

Pical sikai, pecel tradisional Minangkabau di Bukittinggi, Sumatera Barat.

Pecel merupakan makanan yang terdiri dari sayur yang direbus dan lauk yang dihidangkan dengan alas yang berbeda seperti piring lidi yang disebut ingke, pincuk, atau tampah bambu sesuai ciri khas kota asal pecel. Sayuran yang dihidangkan antara lain kacang panjang, taoge, mentimun, daun singkong, dan daun kemangi. Bumbu sambal kacang yang disiramkan di atas pecel disebut sambal pecel yang terbuat dari campuran kencur, gula merah, garam, cabai, combrang, daun jeruk purut dan kacang tanah sangrai yang dicampur, ditumbuk, atau diulek.[1] Selain itu, ada pula yang menambahkan daun bawang putih dan asam jawa ke dalam campuran air hangat untuk mencairkan sambal pecel. Umumnya, setiap kabupaten di Jawa Timur memiliki variasi pecel masing-masing.

Referensi

  1. ^ "Nasi Pecel Jawa Timur" (dalam bahasa Indonesia). Femina.co.id. Diakses tanggal 18 Maret 2013. 

Lihat pula

Pranala luar