Suku Paser: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Ahmadmadmad (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: VisualEditor Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Ahmadmadmad (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: VisualEditor Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Baris 8: Baris 8:
|related=[[Suku Dayak]] ([[Rumpun Ot Danum]])}}
|related=[[Suku Dayak]] ([[Rumpun Ot Danum]])}}


'''Suku Paser''' adalah suku bangsa yang tanah asalnya berada di [[tenggara]] [[Kalimantan Timur]] yaitu di [[Kabupaten Paser]], [[Kabupaten Penajam Paser Utara]], [[Balikpapan]] dan [[Kabupaten Kotabaru|Kab.Kotabaru]]. Suku Paser sebagian besar beragama [[Islam]] maupun beragama [[Kristen]] dan telah mendirikan [[kerajaan]] Islam yaitu [[Kesultanan Pasir]] (Kerajaan Sadurangas) jadi termasuk ke dalam suku yang berbudaya [[Melayu]] (budaya kesultanan/lingkungan hukum adat Melayu). Kemungkinan suku Paser masih berkerabat dengan [[suku Dayak Lawangan]] yang termasuk suku [[Dayak]] dari rumpun [[Ot Danum]].
'''Suku Paser''' adalah suku bangsa yang tanah asalnya berada di [[tenggara]] [[Kalimantan Timur]] yaitu di [[Kabupaten Paser]], [[Kabupaten Penajam Paser Utara]], [[Balikpapan]] dan [[Kabupaten Kotabaru|Kab.Kotabaru]]. Suku Paser sebagian besar beragama [[Islam]] maupun beragama [[Kristen]] dan telah mendirikan [[kerajaan]] Islam yaitu [[Kesultanan Pasir]] (Kerajaan Sadurangas) jadi termasuk ke dalam suku yang berbudaya [[Melayu]] (budaya kesultanan/lingkungan hukum adat Melayu). '''Kemungkinan''' suku Paser masih berkerabat dengan [[suku Dayak Lawangan]] yang termasuk suku [[Dayak]] dari rumpun [[Ot Danum]].


== Referensi ==
== Referensi ==

Revisi per 22 Juli 2016 04.17

Suku Paser
Daerah dengan populasi signifikan
Kabupaten Paser, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur: 155.000
Bahasa
Paser, Indonesia
Agama
Islam Kristen
Kelompok etnik terkait
Suku Dayak (Rumpun Ot Danum)

Suku Paser adalah suku bangsa yang tanah asalnya berada di tenggara Kalimantan Timur yaitu di Kabupaten Paser, Kabupaten Penajam Paser Utara, Balikpapan dan Kab.Kotabaru. Suku Paser sebagian besar beragama Islam maupun beragama Kristen dan telah mendirikan kerajaan Islam yaitu Kesultanan Pasir (Kerajaan Sadurangas) jadi termasuk ke dalam suku yang berbudaya Melayu (budaya kesultanan/lingkungan hukum adat Melayu). Kemungkinan suku Paser masih berkerabat dengan suku Dayak Lawangan yang termasuk suku Dayak dari rumpun Ot Danum.

Referensi