Ainur: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Kenja~idwiki (bicara | kontrib)
←Membuat halaman berisi 'Ainur adalah makhluk makhluk ciptaan Eru Iluvatar untuk menjaga memelihara dan melestarikan jagad raya yang disebut Ea. Eru Iluvatar menciptakan Ainur dengan d...'
Tag: tanpa kategori [ * ] VisualEditor Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Kenja~idwiki (bicara | kontrib)
←Membuat halaman berisi ''''Ainur''' atau dikenal sebagai para Kudus, adalah makhluk makhluk dalam fiksi ciptaan Tolkien mencakup dua golongan baik Valar maupun Maiar...'
Tag: tanpa kategori [ * ] VisualEditor Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Baris 1: Baris 1:
'''Ainur''' atau dikenal sebagai para Kudus, adalah makhluk makhluk dalam fiksi ciptaan [[J.R.R. Tolkien|Tolkien]] mencakup dua golongan baik [[Valar]] maupun [[Maiar]]. Mereka adalah makhluk yang pertama dan terkuat yang dicipatakan oleh [[Eru Iluvatar|Eru Ilúvatar]] jauh pada waktu sebelum awal Dunia.
Ainur adalah makhluk makhluk ciptaan [[Eru Iluvatar]] untuk menjaga memelihara dan melestarikan jagad raya yang disebut [[Ea]]. Eru Iluvatar menciptakan Ainur dengan dua golongan berbeda yaitu [[Valar]] yang merupakan golongan Ainur dengan kemampuan diatas rata rata, dan [[Maiar]] yaitu para Ainur dengan kemampuan dibawah rata-rata yang diciptakan untuk membantu para [[Valar]]. Valar terdiri dari para Vala yang berarti kaum nya para Vala, sedangkan Maiar juga demikian, Maiar adalah kaumnya para Maia.


Adalah [[Eru Iluvatar|Eru]], yang Esa, dan yang menciptakan [[Arda]] disebut [[Eru Iluvatar|Ilúvatar]]; dan ia membuat dan menciptakan yang pertama tama dan yang utama yaitu para [[Ainur]], yang Kudus, dan yang pemikirannya serta kata-katanya adalah yang pertama dari [[Ainulindale|Ainulindalë]]
Dikisahkan bahwa [[Melkor]] atau yang dikenal juga sebagai [[Morgoth]] adalah salah satu Valar terkuat yang diciptakan oleh Eru Iluvatar bersama para Valar lainnya [[Manwe]], [[Aule]], [[Tulkas]] dan yang lainnya.

Mereka adalah roh primordial, yang ada dengan dan bersama-sama dengan [[Eru Iluvatar|Ilúvatar]], dan dengan dia menciptakan dunia melalui [[Ainulindale|Ainulindalë]], Musik dari para [[Ainur]]. Setelah penciptaan [[Arda]], banyak [[Ainur]] turun ke dalamnya untuk membimbing dan mempersiapkan pertumbuhannya; mereka adalah lima belas [[Ainur]] yaitu yang lebih kuat dari pada yang lain. Empat belas dari golongan [[Ainur]] besar ini adalah Ainur yang tetap setia kepada sang pencipta Eru Iluvatar, mereka lah para Valar, atau yang disebut "The Powers of Arda". Adalah yang Kelima belas, [[Melkor]] atau yang disebut juga [[Morgoth]] yang menyimpang dari jalan itu dan menjadi Tuhan pertama dari dunia kegelapan. Banyak yang lebih rendah dari para [[Ainur]] yang disertai para [[Valar]] ke [[Arda]] yang dikenal sebagai [[Maiar]].

Sejarah Dan Asal

Ainur adalah 'keturunan dari pemikiran Eru Ilúvatar' dan kepada masing-masing diberi pemahaman sesuai dengan sifat Eru Iluvatar dan bagian dari pikiran Ilúvatar itu sendiri. Pengecualian untuk salah satu Ainur ialah [[Melkor]], karena Melkor tidak lagi menjadi bagian dari pikiran sang Eru Iluvatar. [[Manwe|Vala Manwë]] adalah Raja para Valar ( The Lord of the Valar ) Eru Iluvatar mempercayakan kepadanya pikiran dan sifat "Roh Penyemangat" dan Dewa Angin, tetapi untuk semua karunia-Nya ia tidak tahu pikiran penuh sang Eru. [[Melkor]] dan [[Manwe|Manwë]] adalah yang paling kuat dari para Ainur.

Ainur digambarkan 'menyala dengan api Kekekalan', yang dapat diartikan bahwa mereka diberikan kehendak bebas oleh Pencipta mereka. Ilúvatar mewariskan mereka dengan seni musik, sampai ia membawa mereka bersama-sama untuk membuat musik dari Ainur: lagu kebesaran yang menciptakan Visi Ilúvatar dan akhirnya menciptakan dunia nyata. Pada awalnya, semua Ainur selaras dengan Eru, tapi [[Melkor]] ternyata bermaksud lain dan bukan untuk keselarasan melainkan untuk kebanggaan sendiri, mencari kekuasaan untuk dirinya sendiri dan membawa perselisihan Music untuk melawan Eru Iluvatar. Dia kemudian memimpin banyak [[Maiar]] yang kemudian menyesatkan mereka sehingga mereka jatuh dalam kegelapan.

Melalui Musik dari Ainur, Ilúvatar menciptakan Visi Dunia; ia menunjukkan kepada para Ainur, dan menjelaskan banyak sifat dan takdir untuk mereka, sehingga Ainur memiliki banyak pengetahuan tentang dunia, tetapi tidak maha tahu. Dari visi inilah jagad raya yang disebut [[Ea (Bumi Tengah)|Ea]] terbentuk. Didalam Ea yang tercipta itu juga munculah [[Arda]] yaitu sebuah bidang datar yang didalamnya terdapat daratan dan lautan dimana daratan disebelah barat disebut [[Valinor]] dan yang disebelah timur dan yang dipisahkan oleh lautan luas yang membentang dari ujung Selatan sampai ke atas hampir ke ujung Utara disebut sebagai '''[[Dunia Tengah|Midle Earth]]''' atau [[Dunia Tengah|Dunia Tengah.]] Valar dan Maiar yang ditugaskan dan masih berdiam didalamnya membentuknya dan dalam kesiapan untuk menyambut kedatangan Bani Ilúvatar yaitu makhluk makhluk hidup hasil karya dan buah-buah pikiran Eru Iluvatar (yaitu, [[Elf (Dunia Tengah)|Elf]] dan [[Manusia]]).

Para Ainur yang memasuki Dunia dan memilih untuk hidup di dalamnya pada awalnya, tetap terikat sampai akhir. [[Melkor|Vala Melkor]] akhirnya dilemparkan dan di penjara ke [[Void]] oleh para Valar atas pengkhianatan yang ia lakukan, namun ia bernubuat untuk kembali dan akan menghancurkan semua ciptaan Eru Iluvatar dan ciptaan para Valar lainnya dengan merebut [[Arda]] menjadi miliknya. Sedikit yang diketahui tentang masa depan dan akhir dari para Ainur, bahkan oleh diri mereka sendiri, tetapi dikatakan bahwa setelah pertempuran besar di akhir dunia, mereka akan berjanji akan membuat ciptaan Kedua, dengan nyanyian dan Musik yang lebih besar bersama sam Bani Ilúvatar.

Mereka Ainur yang memasuki Dunia dan memilih untuk hidup di dalamnya pada awalnya tetap terikat sampai akhir. Meskipun Melkor akhirnya dilemparkan ke Void oleh orang lain, ia bernubuat untuk kembali sebelum akhir di The Dagor Dagor, pertempuran terakhir. Sedikit yang diketahui tentang masa depan akhir dari Ainur, bahkan oleh diri mereka sendiri, tetapi dikatakan bahwa setelah pertempuran besar di akhir dunia, mereka akan membuat Kedua, Musik lebih besar dengan Bani Ilúvatar.

Garis Melian

Di antara dari banyak Ainur yang memasuki dunia lama, ada satu dari urutan [[Maiar]] yang bernama [[Melian|Maia Melian]] seorang Maiar perempuan yang diperbantukan untuk [[Aule|Vala Aule]] dan istrinya [[Vala Yavanna]], satu satunya dari semua [[Ainur]] yang menikahi anak anak Ilúvatar, yaitu salah satu Raja para [[Elf (Dunia Tengah)|Elf]], Raja [[Thingol|Elu Thingol]] dari [[Doriath]], [[Melian|Maia Melian]] bermukim di Doriath selama berabad-abad. Dari dia, keturunan Ainur memasuki garis keturunan dari [[Elf (Dunia Tengah)]] dan [[Manusia]], diwariskan dari generasi ke generasi, dan masih hadir pada saat Perang Cincin. [[Elrond|Lord Elrond]] adalah garis keturunan [[Melian]] dari cucunya, Aragorn, juga adalah keturunan nya, meskipun melalui lebih banyak generasi dari Lord Elrond.

Etimologi

Ainur adalah kata Quenyan berasal dari bahasa Valarin dan berarti "yang Kudus". Tampaknya datang dari aina kata, yang berarti 'suci'. Meskipun asal dari elemen kedua kurang jelas, mungkin ada link antara kata 'Ainur' dan kata 'Eru' sebagai elemen pertama 'er' berarti 'satu', meskipun ini mungkin tidak benar karena ada penjelasan lebih lanjut tentang hal ini.

Bentuk tunggal dari Ainur adalah Ainu, hanya berarti "Satu Roh ".

Ainur bisa disamakan dengan peran Malaikat.

Revisi per 15 Juni 2016 15.37

Ainur atau dikenal sebagai para Kudus, adalah makhluk makhluk dalam fiksi ciptaan Tolkien mencakup dua golongan baik Valar maupun Maiar. Mereka adalah makhluk yang pertama dan terkuat yang dicipatakan oleh Eru Ilúvatar jauh pada waktu sebelum awal Dunia.

Adalah Eru, yang Esa, dan yang menciptakan Arda disebut Ilúvatar; dan ia membuat dan menciptakan yang pertama tama dan yang utama yaitu para Ainur, yang Kudus, dan yang pemikirannya serta kata-katanya adalah yang pertama dari Ainulindalë

Mereka adalah roh primordial, yang ada dengan dan bersama-sama dengan Ilúvatar, dan dengan dia menciptakan dunia melalui Ainulindalë, Musik dari para Ainur. Setelah penciptaan Arda, banyak Ainur turun ke dalamnya untuk membimbing dan mempersiapkan pertumbuhannya; mereka adalah lima belas Ainur yaitu yang lebih kuat dari pada yang lain. Empat belas dari golongan Ainur besar ini adalah Ainur yang tetap setia kepada sang pencipta Eru Iluvatar, mereka lah para Valar, atau yang disebut "The Powers of Arda". Adalah yang Kelima belas, Melkor atau yang disebut juga Morgoth yang menyimpang dari jalan itu dan menjadi Tuhan pertama dari dunia kegelapan. Banyak yang lebih rendah dari para Ainur yang disertai para Valar ke Arda yang dikenal sebagai Maiar.

Sejarah Dan Asal

Ainur adalah 'keturunan dari pemikiran Eru Ilúvatar' dan kepada masing-masing diberi pemahaman sesuai dengan sifat Eru Iluvatar dan bagian dari pikiran Ilúvatar itu sendiri. Pengecualian untuk salah satu Ainur ialah Melkor, karena Melkor tidak lagi menjadi bagian dari pikiran sang Eru Iluvatar. Vala Manwë adalah Raja para Valar ( The Lord of the Valar ) Eru Iluvatar mempercayakan kepadanya pikiran dan sifat "Roh Penyemangat" dan Dewa Angin, tetapi untuk semua karunia-Nya ia tidak tahu pikiran penuh sang Eru. Melkor dan Manwë adalah yang paling kuat dari para Ainur.

Ainur digambarkan 'menyala dengan api Kekekalan', yang dapat diartikan bahwa mereka diberikan kehendak bebas oleh Pencipta mereka. Ilúvatar mewariskan mereka dengan seni musik, sampai ia membawa mereka bersama-sama untuk membuat musik dari Ainur: lagu kebesaran yang menciptakan Visi Ilúvatar dan akhirnya menciptakan dunia nyata. Pada awalnya, semua Ainur selaras dengan Eru, tapi Melkor ternyata bermaksud lain dan bukan untuk keselarasan melainkan untuk kebanggaan sendiri, mencari kekuasaan untuk dirinya sendiri dan membawa perselisihan Music untuk melawan Eru Iluvatar. Dia kemudian memimpin banyak Maiar yang kemudian menyesatkan mereka sehingga mereka jatuh dalam kegelapan.

Melalui Musik dari Ainur, Ilúvatar menciptakan Visi Dunia; ia menunjukkan kepada para Ainur, dan menjelaskan banyak sifat dan takdir untuk mereka, sehingga Ainur memiliki banyak pengetahuan tentang dunia, tetapi tidak maha tahu. Dari visi inilah jagad raya yang disebut Ea terbentuk. Didalam Ea yang tercipta itu juga munculah Arda yaitu sebuah bidang datar yang didalamnya terdapat daratan dan lautan dimana daratan disebelah barat disebut Valinor dan yang disebelah timur dan yang dipisahkan oleh lautan luas yang membentang dari ujung Selatan sampai ke atas hampir ke ujung Utara disebut sebagai Midle Earth atau Dunia Tengah. Valar dan Maiar yang ditugaskan dan masih berdiam didalamnya membentuknya dan dalam kesiapan untuk menyambut kedatangan Bani Ilúvatar yaitu makhluk makhluk hidup hasil karya dan buah-buah pikiran Eru Iluvatar (yaitu, Elf dan Manusia).

Para Ainur yang memasuki Dunia dan memilih untuk hidup di dalamnya pada awalnya, tetap terikat sampai akhir. Vala Melkor akhirnya dilemparkan dan di penjara ke Void oleh para Valar atas pengkhianatan yang ia lakukan, namun ia bernubuat untuk kembali dan akan menghancurkan semua ciptaan Eru Iluvatar dan ciptaan para Valar lainnya dengan merebut Arda menjadi miliknya. Sedikit yang diketahui tentang masa depan dan akhir dari para Ainur, bahkan oleh diri mereka sendiri, tetapi dikatakan bahwa setelah pertempuran besar di akhir dunia, mereka akan berjanji akan membuat ciptaan Kedua, dengan nyanyian dan Musik yang lebih besar bersama sam Bani Ilúvatar.

Mereka Ainur yang memasuki Dunia dan memilih untuk hidup di dalamnya pada awalnya tetap terikat sampai akhir. Meskipun Melkor akhirnya dilemparkan ke Void oleh orang lain, ia bernubuat untuk kembali sebelum akhir di The Dagor Dagor, pertempuran terakhir. Sedikit yang diketahui tentang masa depan akhir dari Ainur, bahkan oleh diri mereka sendiri, tetapi dikatakan bahwa setelah pertempuran besar di akhir dunia, mereka akan membuat Kedua, Musik lebih besar dengan Bani Ilúvatar.

Garis Melian

Di antara dari banyak Ainur yang memasuki dunia lama, ada satu dari urutan Maiar yang bernama Maia Melian seorang Maiar perempuan yang diperbantukan untuk Vala Aule dan istrinya Vala Yavanna, satu satunya dari semua Ainur yang menikahi anak anak Ilúvatar, yaitu salah satu Raja para Elf, Raja Elu Thingol dari Doriath, Maia Melian bermukim di Doriath selama berabad-abad. Dari dia, keturunan Ainur memasuki garis keturunan dari Elf (Dunia Tengah) dan Manusia, diwariskan dari generasi ke generasi, dan masih hadir pada saat Perang Cincin. Lord Elrond adalah garis keturunan Melian dari cucunya, Aragorn, juga adalah keturunan nya, meskipun melalui lebih banyak generasi dari Lord Elrond.

Etimologi

Ainur adalah kata Quenyan berasal dari bahasa Valarin dan berarti "yang Kudus". Tampaknya datang dari aina kata, yang berarti 'suci'. Meskipun asal dari elemen kedua kurang jelas, mungkin ada link antara kata 'Ainur' dan kata 'Eru' sebagai elemen pertama 'er' berarti 'satu', meskipun ini mungkin tidak benar karena ada penjelasan lebih lanjut tentang hal ini.

Bentuk tunggal dari Ainur adalah Ainu, hanya berarti "Satu Roh ".

Ainur bisa disamakan dengan peran Malaikat.