Struktur data: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
AlleborgoBot (bicara | kontrib)
RobotQuistnix (bicara | kontrib)
k bot Mengubah: fa:ساختار داده
Baris 16: Baris 16:
[[en:Data structure]]
[[en:Data structure]]
[[es:Estructura de datos]]
[[es:Estructura de datos]]
[[fa:ساختمان داده]]
[[fa:ساختار داده]]
[[fi:Tietorakenne]]
[[fi:Tietorakenne]]
[[fr:Structure de données]]
[[fr:Structure de données]]

Revisi per 14 Januari 2008 11.11

Dalam istilah ilmu komputer, sebuah struktur data adalah cara penyimpanan, pengorganisasian dan pengaturan data di dalam media penyimpanan komputer sehingga data tersebut dapat digunakan secara efisien.

Dalam tehnik pemrograman, struktur data berarti tata letak data yang berisi kolom-kolom data, baik itu kolom yang tampak oleh pengguna (user) ataupun kolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang tiadak tampak oleh pengguna. Setiap baris dari kumpulan kolom-kolom tersebut dinamakan catatan (record). Lebar kolom untuk data dapat berubah dan bervariasi. Ada kolom yang lebarnya berubah secara dinamis sesuai masukan dari pengguna, dan juga ada kolom yang lebarnya tetap. Dengan sifatnya ini, sebuah struktur data dapat diterapkan untuk pengolahan database (misalnya untuk keperluan data keuangan) atau untuk pengolahan kata (word processor) yang kolomnya berubah secara dinamis. Contoh struktur data dapat dilihat pada file-file spreadsheet, database, pengolahan kata, gambar yang dikompres, juga pemampatan (kompres) file dengan teknik tertentu yang memanfaatkan struktur data.

Field, record, tabel, dan file

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, bahwa dalam suatu struktur data harus terdapat field, sekumpulan field dinamakan record. Sekumpulan record dinamakan tabel. Dan satu atau lebih tabel dapat disimpan dalam sebuah file.