Ayutthaya: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Rachmat-bot (bicara | kontrib)
k →‎top: tidy up
k Bot: Penggantian teks otomatis (-ibukota +ibu kota); perubahan kosmetika
Baris 12: Baris 12:
}}
}}
[[Berkas:Ayutthaya Wat Mahatat.jpg|thumb|Reruntuhan [[Wat Mahathat]]]]
[[Berkas:Ayutthaya Wat Mahatat.jpg|thumb|Reruntuhan [[Wat Mahathat]]]]
'''Ayutthaya''' (nama lengkap '''Phra Nakhon Si Ayutthaya''', [[bahasa Thai]] พระนครศรีอยุธยา) ialah ibukota [[Provinsi Ayutthaya]], [[Thailand]], berpenduduk sekitar 65.000 jiwa (2000). Didirikan oleh Raja [[U-Tong]] pada tahun [[1350]], untuk menjadi ibukota kerajaannya, [[Kerajaan Ayutthaya]] di Siam. Pada tahun [[1767]] kota ini dihancurkan oleh pasukan [[Burma]], dan reruntuhan kota lamanya kini dikenal sebagai [[taman bersejarah Ayutthaya]].
'''Ayutthaya''' (nama lengkap '''Phra Nakhon Si Ayutthaya''', [[bahasa Thai]] พระนครศรีอยุธยา) ialah ibu kota [[Provinsi Ayutthaya]], [[Thailand]], berpenduduk sekitar 65.000 jiwa (2000). Didirikan oleh Raja [[U-Tong]] pada tahun [[1350]], untuk menjadi ibu kota kerajaannya, [[Kerajaan Ayutthaya]] di Siam. Pada tahun [[1767]] kota ini dihancurkan oleh pasukan [[Burma]], dan reruntuhan kota lamanya kini dikenal sebagai [[taman bersejarah Ayutthaya]].
{{Thailand-geo-stub}}


[[Kategori:Situs arkeologi di Thailand]]
[[Kategori:Situs arkeologi di Thailand]]
[[Kategori:Kota di Thailand]]
[[Kategori:Kota di Thailand]]


{{Thailand-geo-stub}}

Revisi per 3 Juni 2016 07.27

Kota Bersejarah Ayutthaya
Situs Warisan Dunia UNESCO
KriteriaBudaya: iii
Nomor identifikasi576
Pengukuhan1991 (ke-15)
Reruntuhan Wat Mahathat

Ayutthaya (nama lengkap Phra Nakhon Si Ayutthaya, bahasa Thai พระนครศรีอยุธยา) ialah ibu kota Provinsi Ayutthaya, Thailand, berpenduduk sekitar 65.000 jiwa (2000). Didirikan oleh Raja U-Tong pada tahun 1350, untuk menjadi ibu kota kerajaannya, Kerajaan Ayutthaya di Siam. Pada tahun 1767 kota ini dihancurkan oleh pasukan Burma, dan reruntuhan kota lamanya kini dikenal sebagai taman bersejarah Ayutthaya.