Mercedes AMG High Performance Powertrains: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
EmausBot (bicara | kontrib)
k Bot: Migrasi 13 pranala interwiki, karena telah disediakan oleh Wikidata pada item d:Q173358
k Bot: Penggantian teks otomatis (-{{Official| +{{resmi|); perubahan kosmetika
Baris 31: Baris 31:


== Pranala luar ==
== Pranala luar ==
*{{Official|http://www.mercedes-benz-hpe.com}}
* {{resmi|http://www.mercedes-benz-hpe.com}}


[[Kategori:Mercedes-Benz]]
[[Kategori:Mercedes-Benz]]

Revisi per 29 Mei 2016 11.03

Mercedes-Benz HighPerformanceEngines Limited
Privat
Didirikan11 Oktober 1983
PendiriMario Illen, Paul Morgan
Kantor
pusat
Brixworth, Northamptonshire
,
Britania Raya
IndukDaimler AG
Situs webwww.mercedes-benz-hpe.com

Mercedes AMG High Performance Powertrains (sebelumnya dikenal dengan nama Mercedes-Ilmor, lalu Mercedes-Benz HighPerformanceEngines) adalah sebuah perusahaan mesin balap yang bermarkas di Inggris dan dimiliki oleh perusahaan mobil Jerman Mercedes-Benz.

Sejarah

Mercedes kembali mengikuti ajang balap F1 pada musim 1993. Peran mereka mulai tahun 1993 adalah sebagai pemasok mesin. Saat itu mereka bekerjasama dengan perusahaan pembuat mesin balap asal Inggris yaitu Ilmor yang didirikan oleh Mario Illien dan Paul Morgan pada 1983 sebelum kemudian saham mereka dibeli Daimler melalui Chevrolet pada 1993 sebesar 25%. Pada tahun 2001 salah satu pendiri Ilmor, Paul Morgan tewas dalam sebuah kecelakaan pesawat, dan hal ini menjadi celah bagi Daimler untuk bisa meningkatkan sahamnya di Ilmor. Pada musim 2002 Daimler akhirnya meningkatkan saham mereka di Ilmor menjadi 55% dan kemudiann mengubah nama perusahaan menjadi Mercedes-Ilmor sebelum berganti nama lagi menjadi Mercedes-Benz HighPerformanceEngines Ltd. Sebagai langkah baru dari hal ini, Mario Illien memutuskan untuk keluar dari perusahaan yang telah ia dirikan dan membentuk kembali perusahaan baru bernama Ilmor Engineering Ltd. pada tahun 2003 dengan bantuan Roger Penske.

Ilmor memulai debut mereka di F1 sebagai pembuat mesin untuk Mercedes-Benz ketika mereka menjadi pemasok mesin untuk tim Sauber, yang kemudian bertahan sampai akhir musim 1994.[1] Musim 1995 mereka berpindah ke tim McLaren dan kemudian berhasil meraih kemenangan perdananya pada musim 1997 di Australia. Pada musim 1999 Ilmor/Daimler kemudian membeli 40% saham tim McLaren. Dibawah pasokan mesin Mercedes-Benz dari Ilmor, tim McLaren berhasil memenangi tiga gelar juara dunia pembalap (Mika Hakkinen di 1998-1999 dan Lewis Hamilton di 2008) dan satu kali gelar konstruktor (1998). Musim 2009 Ilmor yang kini telah menjadi Mercedes-Benz HighPerformanceEngines juga melebarkan sayap dengan menjadi pemasok mesin Force India dan Brawn GP. Brawn secara mengejutkan mampu menjadi juara dunia pembalap dan konstruktor di musim 2009 dan menjadi tim pertama dalam sejarah yang mampu menjadi juara dunia di musim perdana mereka melalui Jenson Button dan Rubens Barrichello.

Referensi

  1. ^ "Ilmor: Bowmen of the Silver Arrows". Atlasf1.autosport.com. Diakses tanggal 2010-02-28. 

Pranala luar