Mozambik: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Setiawanted (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Rachmat-bot (bicara | kontrib)
k cosmetic changes, replaced: dimana → di mana, Brazil → Brasil, kerjasama → kerja sama (2)
Baris 3: Baris 3:
'''Republik Mozambik''' adalah sebuah [[negara]] di [[Afrika]] bagian selatan yang berbatasan dengan [[Afrika Selatan]], [[Swaziland]], [[Tanzania]], [[Malawi]], [[Zambia]] dan [[Zimbabwe]]. Mozambik merupakan anggota [[Komunitas Negara-Negara Berbahasa Portugis]] dan [[Negara-Negara Persemakmuran|Persemakmuran]]. Ibu kota sekaligus kota terbesarnya ialah [[Maputo]] yang terletak di penghujung bagian selatan.
'''Republik Mozambik''' adalah sebuah [[negara]] di [[Afrika]] bagian selatan yang berbatasan dengan [[Afrika Selatan]], [[Swaziland]], [[Tanzania]], [[Malawi]], [[Zambia]] dan [[Zimbabwe]]. Mozambik merupakan anggota [[Komunitas Negara-Negara Berbahasa Portugis]] dan [[Negara-Negara Persemakmuran|Persemakmuran]]. Ibu kota sekaligus kota terbesarnya ialah [[Maputo]] yang terletak di penghujung bagian selatan.


Selama abad pertama dan kelima masehi, suku-suku berbahasa [[Suku Bantu|Bantu]] bermigrasi dari ujung utara dan barat menempati wilayah ini. Kemudian suku [[Suku Swahili|Swahili]], dan kemudian [[Suku Arab|Arab]], membangun perdagangan maritim  disepanjang pantai sampai tibanya bangsa Eropa. [[Vasco da Gama]] menjelajahi wilayah ini pada tahun 1948 dan akhirnya wilayah ini menjadi jajahan [[Portugal]] mulai tahun 1505. Setelah penjajahan [[Portugal]] berlangsung selama empat abad, Mozambik memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1975, dan mendeklarasikan diri sebagai [[Republik Rakyat Mozambik]], dimana rezim [[Komunisme|Komunis]] menguasai negeri ini hingga akhir 1990an. Setelah dua tahun merdeka, timbul perang sipil yang  berkepanjangan mulai tahun 1977 hingga tahun 1992. Pada tahun 1994, Mozambik menyelenggaraan pemilu pertamanya dengan peserta multipartai dan memperoleh kestabilan politik setelahnya.
Selama abad pertama dan kelima masehi, suku-suku berbahasa [[Suku Bantu|Bantu]] bermigrasi dari ujung utara dan barat menempati wilayah ini. Kemudian suku [[Suku Swahili|Swahili]], dan kemudian [[Suku Arab|Arab]], membangun perdagangan maritim  disepanjang pantai sampai tibanya bangsa Eropa. [[Vasco da Gama]] menjelajahi wilayah ini pada tahun 1948 dan akhirnya wilayah ini menjadi jajahan [[Portugal]] mulai tahun 1505. Setelah penjajahan [[Portugal]] berlangsung selama empat abad, Mozambik memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1975, dan mendeklarasikan diri sebagai [[Republik Rakyat Mozambik]], di mana rezim [[Komunisme|Komunis]] menguasai negeri ini hingga akhir 1990an. Setelah dua tahun merdeka, timbul perang sipil yang  berkepanjangan mulai tahun 1977 hingga tahun 1992. Pada tahun 1994, Mozambik menyelenggaraan pemilu pertamanya dengan peserta multipartai dan memperoleh kestabilan politik setelahnya.


Mozambik merupakan salah satu negara misikin dan tertinggal di dunia. Mozambik memiliki kekayaan alam yang banyak dan luas. Perekonomian negara sebagian besar bergantung pada pertanian, namun industri, terutama makanan dan minuman, pabrik kimia, aluminium, dan produksi minyak bumi semakin bertambah, begitupun dengan sektor pariwisata.Negara ini menjalin kerjasama khusus dengan [[Afrika Selatan]] dalam hubungan perdagangan, sekaligus sebagai tempat bagi penanaman modal asing dari Afrika Selatan. Portugal, Brazil, Spanyol, dan Belgia juga merupakan rekan yang penting dalam kerjasama ekonomi. Sejak tahun 2001, rata-rata pertumbuhan [[Produk domestik bruto|PDB (Produk Domestik Bruto)]] Mozambik termasuk tinggi. Namun, peringkat negeri ini masih rendah dalam ukuran [[PDB per kapita|PDB per Kapita]],Indeks Pembangunan Manusia, Kesenjangan Sosial, dan Usia Harapan Hidup.
Mozambik merupakan salah satu negara misikin dan tertinggal di dunia. Mozambik memiliki kekayaan alam yang banyak dan luas. Perekonomian negara sebagian besar bergantung pada pertanian, namun industri, terutama makanan dan minuman, pabrik kimia, aluminium, dan produksi minyak bumi semakin bertambah, begitupun dengan sektor pariwisata.Negara ini menjalin kerja sama khusus dengan [[Afrika Selatan]] dalam hubungan perdagangan, sekaligus sebagai tempat bagi penanaman modal asing dari Afrika Selatan. Portugal, Brasil, Spanyol, dan Belgia juga merupakan rekan yang penting dalam kerja sama ekonomi. Sejak tahun 2001, rata-rata pertumbuhan [[Produk domestik bruto|PDB (Produk Domestik Bruto)]] Mozambik termasuk tinggi. Namun, peringkat negeri ini masih rendah dalam ukuran [[PDB per kapita|PDB per Kapita]],Indeks Pembangunan Manusia, Kesenjangan Sosial, dan Usia Harapan Hidup.


Mozambik terbagi menjadi 11 provinsi: [[Cabo Delgado]], [[Provinsi Gaza|Gaza]], [[Provinsi Inhambane|Inhambane]], [[Provinsi Manica|Manica]], [[Maputo]] (kota), [[Provinsi Maputo|Maputo]], [[Provinsi Nampula|Nampula]], [[Niassa]], [[Sofala]], [[Provinsi Tete|Tete]], and [[Provinsi Zambezia|Zambezia]].
Mozambik terbagi menjadi 11 provinsi: [[Cabo Delgado]], [[Provinsi Gaza|Gaza]], [[Provinsi Inhambane|Inhambane]], [[Provinsi Manica|Manica]], [[Maputo]] (kota), [[Provinsi Maputo|Maputo]], [[Provinsi Nampula|Nampula]], [[Niassa]], [[Sofala]], [[Provinsi Tete|Tete]], and [[Provinsi Zambezia|Zambezia]].
Baris 23: Baris 23:
{{afrika}}
{{afrika}}
{{OKI}}
{{OKI}}

{{afrika-stub}}


[[Kategori:Mozambik| ]]
[[Kategori:Mozambik| ]]
[[Kategori:Negara di Afrika]]
[[Kategori:Negara di Afrika]]


{{afrika-stub}}

Revisi per 7 April 2016 06.19

Republik Mozambik

  • República de Moçambique  (Portugis)
{{{coat_alt}}}
Lambang
Lagu kebangsaanPátria Amada  (Portugis)
"Tanah Air Tercinta"
Lokasi  Mozambik  (biru tua) – di Afrika  (biru muda & abu-abu gelap) – di Uni Afrika  (biru muda)
Lokasi  Mozambik  (biru tua)

– di Afrika  (biru muda & abu-abu gelap)
– di Uni Afrika  (biru muda)

Lokasi Mozambik Peta
Ibu kotaMaputo
25°57′S 32°35′E / 25.950°S 32.583°E / -25.950; 32.583
Bahasa resmiPortugis
PemerintahanRepublik semi-presidensial[1][2][3]
• Presiden
Filipe Nyusi
Carlos Agostinho do Rosário
LegislatifMajelis Republik
Kemerdekaan
• dari Portugal
25 Juni 1975
• Konstitusi saat ini
30 November 1990
Luas
 - Total
801,590 km2 (35)
 - Perairan (%)
2,2
Populasi
 - Perkiraan 2014
24.692.144[4] (50)
 - Sensus Penduduk 2007
21.397.000 (52)
28,7/km2 (178)
PDB (KKB)2016
 - Total
$ 35,313 miliar[5]
$ 1.228[5]
PDB (nominal)2016
 - Total
$ 12,045 miliar[5]
$ 419[5]
Gini (2014) 54,0[6]
tinggi
IPM (2021)Penurunan 0,446[7]
rendah · 185
Mata uangMetical Mozambik
(MZN)
Zona waktuCAT
(UTC+2)
Lajur kemudikiri
Kode telepon+258
Ranah Internet.mz
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Republik Mozambik adalah sebuah negara di Afrika bagian selatan yang berbatasan dengan Afrika Selatan, Swaziland, Tanzania, Malawi, Zambia dan Zimbabwe. Mozambik merupakan anggota Komunitas Negara-Negara Berbahasa Portugis dan Persemakmuran. Ibu kota sekaligus kota terbesarnya ialah Maputo yang terletak di penghujung bagian selatan.

Selama abad pertama dan kelima masehi, suku-suku berbahasa Bantu bermigrasi dari ujung utara dan barat menempati wilayah ini. Kemudian suku Swahili, dan kemudian Arab, membangun perdagangan maritim  disepanjang pantai sampai tibanya bangsa Eropa. Vasco da Gama menjelajahi wilayah ini pada tahun 1948 dan akhirnya wilayah ini menjadi jajahan Portugal mulai tahun 1505. Setelah penjajahan Portugal berlangsung selama empat abad, Mozambik memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1975, dan mendeklarasikan diri sebagai Republik Rakyat Mozambik, di mana rezim Komunis menguasai negeri ini hingga akhir 1990an. Setelah dua tahun merdeka, timbul perang sipil yang  berkepanjangan mulai tahun 1977 hingga tahun 1992. Pada tahun 1994, Mozambik menyelenggaraan pemilu pertamanya dengan peserta multipartai dan memperoleh kestabilan politik setelahnya.

Mozambik merupakan salah satu negara misikin dan tertinggal di dunia. Mozambik memiliki kekayaan alam yang banyak dan luas. Perekonomian negara sebagian besar bergantung pada pertanian, namun industri, terutama makanan dan minuman, pabrik kimia, aluminium, dan produksi minyak bumi semakin bertambah, begitupun dengan sektor pariwisata.Negara ini menjalin kerja sama khusus dengan Afrika Selatan dalam hubungan perdagangan, sekaligus sebagai tempat bagi penanaman modal asing dari Afrika Selatan. Portugal, Brasil, Spanyol, dan Belgia juga merupakan rekan yang penting dalam kerja sama ekonomi. Sejak tahun 2001, rata-rata pertumbuhan PDB (Produk Domestik Bruto) Mozambik termasuk tinggi. Namun, peringkat negeri ini masih rendah dalam ukuran PDB per Kapita,Indeks Pembangunan Manusia, Kesenjangan Sosial, dan Usia Harapan Hidup.

Mozambik terbagi menjadi 11 provinsi: Cabo Delgado, Gaza, Inhambane, Manica, Maputo (kota), Maputo, Nampula, Niassa, Sofala, Tete, and Zambezia.

Referensi

  1. ^ Neto, Octávio Amorim; Lobo, Marina Costa (2010). "Between Constitutional Diffusion and Local Politics: Semi-Presidentialism in Portuguese-Speaking Countries". Social Science Research Network. 
  2. ^ Shugart, Matthew Søberg (September 2005). "Semi-Presidential Systems: Dual Executive and Mixed Authority Patterns" (PDF). Graduate School of International Relations and Pacific Studies. United States: University of California, San Diego. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 19 Agustus 2008. 
  3. ^ Shugart, Matthew Søberg (Desember 2005). "Semi-Presidential Systems: Dual Executive And Mixed Authority Patterns" (PDF). Palgrave Macmillan. Palgrave Macmillan Journals. 3 (3): 323–351. doi:10.1057/palgrave.fp.8200087. 
  4. ^ "The World Factbook – Field Listing – Population – CIA". Central Intelligence Agency. Diakses tanggal 7 March 2015. 
  5. ^ a b c d "Mozambique". International Monetary Fund. Diakses tanggal 17 April 2013. 
  6. ^ "Gini Index". World Bank. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 December 2015. Diakses tanggal 30 September 2022. 
  7. ^ "Human Development Report 2021/2022" (PDF) (dalam bahasa Inggris). United Nations Development Programme. 8 September 2022. Diakses tanggal 30 September 2022. 

Lihat pula

Pranala luar