Ekstraksi: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
3 bita dihapus ,  5 tahun yang lalu
k
ejaan, replaced: dari pada → daripada
k (sedikit merapikan)
k (ejaan, replaced: dari pada → daripada)
'''Ekstraksi''' adalah suatu proses pemisahan suatu zat berdasarkan perbedaan kelarutannya terhadap dua cairan tidak saling larut yang berbeda, biasanya air dan yang lainnya [[pelarut]] [[organik]].
 
Proses ekstraksi dapat berlangsung pada:
 
=== Hukum Distribusi atau partisi ===
Dengan Hukum Distribusi dapat diketahui bahwa zat tertentu lebih mudah larut dalam pelarut-pelarut tertentu. Contohnya bila banyaknya iod diubah-ubah, angka banding konsentrasi-konsentrasi itu selalu konstan dengana syarat temperaturnya konstan.
 
konsentrasi Iod dalam Karbon disulfida / konsentrasi iod dalam air = C2/C1 = Kd
Penerapan ekstraksi pelarut dalam analisis kualitatif<ref name=":0" />.
# Mengeluarkan brom dari iod dari dalam larutan air, bila larutan iod dalam air dikocok dengan karbon disulfida yang terjadi kira-kira 400 kali konsentrasi dalam air.
# Berbagai uji dalam analisis kualitatif (i) kromium pentoksida lebih dapat larut dalam amil alkohol(eter) dari padadaripada dalam air, dengan mengocok larutan encer dalam air dengan amil alkohol(eter). Diperoleh suatau larutan pekat dengan amil alkohol dan adanya kromat atau hidrogen peoksida yang dinyatakan oleh warna biru.
# Studi hidrolisis, terdapat kesetimbangan antara garam, hidrolisis dapar ditulis sebagai garam + air ←→ asam + basa. konsentrasi dapat ditentukan dengan cara distribusi antara air dan pelarut lain, seperti benzena atau klorofrom.
# Penentuan susunan ion Halida yang kompleks, iod jauh lebih dapat larut dalam Kallium iodida dalam air. hal ini disebabkan oleh terbentuknya ion tri iodida
=== Referensi ===
<references />
 
{{Kimia-stub}}
 
[[Kategori:Kimia]]
 
 
{{Kimia-stub}}
6.353

suntingan

Menu navigasi