Asma' binti Umais: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Syusuf2016 (bicara | kontrib)
kTidak ada ringkasan suntingan
Syusuf2016 (bicara | kontrib)
Baris 8: Baris 8:
=== Pernikahan Asma binti Umays ===
=== Pernikahan Asma binti Umays ===


'''Asma binti Umays''' menikah dan hijrah dengan suaminya [[Ja'far bin Abi Thalib]] ke Habasyah dan ketika hijrah ke kota [[Madinah]] pada tahun 7 H, suaminya syahid pada perang Mu'tah tahun [[629]] Masehi. Kemudian menikah dengan [[Abu Bakar Ash-Shiddiq]] dan melahirkan Muhammad bin [[Abu Bakar Ash-Shiddiq]] lalu ikut Haji Wada' dan ketika [[Abu Bakar Ash-Shiddiq]] setelah istrinya Hijrah dengan suaminya [[Ja'far bin Abi Thalib]] ke Habasyah dan ketika hijrah ke kota [[Madinah]] pada tahun 7 H, suaminya syahid pada perang Mu'tah tahun [[629]] Masehi. Kemudian menikah dengan [[Abu Bakar Ash-Shiddiq]] setelah [[Ummi Ruman]] dan melahirkan Muhammad bin [[Abu Bakar Ash-Shiddiq]] lalu ikut Haji Wada' dan ketika [[Abu Bakar Ash-Shiddiq]] meninggal, ia berpesan agar dimandikan oleh [[Asma Binti Umaiys]], isterinya. Lalu dinikahi oleh [[Alī bin Abī Thālib]] r.a. Ketika dinikahi oleh [[Alī bin Abī Thālib]] kedua anak, Muhammad [[Ja'far bin Abi Thalib]] dan Muhammad bin [[Abu Bakar Ash-Shiddiq]]berbangga dengan ayah mereka: "Ayahku lebih mulia dari ayahmu, ayahmu lebih baik dari ayahmu. Berkata [[Alī bin Abī Thālib]] r.a, melerai keduanya: "Aku tidak melihat pemuda sebaik Ja'far dan aku tidak melihat tokoh sebaik Abu Bakar."
'''Asma binti Umays''' menikah dan hijrah dengan suaminya [[Ja'far bin Abi Thalib]] ke Habasyah dan ketika hijrah ke kota [[Madinah]] pada tahun 7 H, suaminya syahid pada perang Mu'tah tahun [[629]] Masehi. Kemudian menikah dengan [[Abu Bakar Ash-Shiddiq]] setelah [[Ummi Ruman]], istrinya meninggal dan melahirkan Muhammad bin [[Abu Bakar Ash-Shiddiq]] lalu ikut Haji Wada'. Sebelumnya meninggal, [[Abu Bakar Ash-Shiddiq]] berpesan agar dimandikan oleh [[Asma Binti Umaiys]], isterinya. [[Alī bin Abī Thālib]] r.a. kemudian menikahinya. Ketika itu kedua anaknya, lain ayah, yaitu Muhammad [[Ja'far bin Abi Thalib]] dan Muhammad bin [[Abu Bakar Ash-Shiddiq]]berbangga dengan ayah mereka: "Ayahku lebih mulia dari ayahmu, ayahmu lebih baik dari ayahmu. Berkata [[Alī bin Abī Thālib]] r.a, melerai keduanya: "Aku tidak melihat pemuda sebaik Ja'far dan aku tidak melihat seorang tokoh sebaik Abu Bakar."


== Hadits darinya ==
== Hadits darinya ==

Revisi per 23 Februari 2016 09.18

Asma Binti Umaiys[1] adalah wanita Muhajirin yang masuk Islam sebelum Nabi Muhammad Saw, masuk ke Darul Arqam rumahnya Abu Abdillah al-Arqam bin Abi al-Arqam.

Biografi

Genealogi

Ummu 'Abdillah ‘Asma Binti Umays 'bin 'Ma'bad bin al-Harits bin Taim bin Ka'ab bin Malik bin Quhafah bin 'Amir bin Rabi'ah bin 'Amir bin Mu'awiyah bin Zaid bin Malik bin Basyar bin Wahabullah bin Syahran bin 'Afras bin Khalaf bin Khats'am bin Anmar al-Khats'amiyyah. Ibunya Hindun bin 'Auf bin Zuhair bin al-Harits. Saudari kandungnya, Salma binti Umais, istri Hamzah bin Abdul-Muththalib.

Pernikahan Asma binti Umays

Asma binti Umays menikah dan hijrah dengan suaminya Ja'far bin Abi Thalib ke Habasyah dan ketika hijrah ke kota Madinah pada tahun 7 H, suaminya syahid pada perang Mu'tah tahun 629 Masehi. Kemudian menikah dengan Abu Bakar Ash-Shiddiq setelah Ummi Ruman, istrinya meninggal dan melahirkan Muhammad bin Abu Bakar Ash-Shiddiq lalu ikut Haji Wada'. Sebelumnya meninggal, Abu Bakar Ash-Shiddiq berpesan agar dimandikan oleh Asma Binti Umaiys, isterinya. Alī bin Abī Thālib r.a. kemudian menikahinya. Ketika itu kedua anaknya, lain ayah, yaitu Muhammad Ja'far bin Abi Thalib dan Muhammad bin Abu Bakar Ash-Shiddiqberbangga dengan ayah mereka: "Ayahku lebih mulia dari ayahmu, ayahmu lebih baik dari ayahmu. Berkata Alī bin Abī Thālib r.a, melerai keduanya: "Aku tidak melihat pemuda sebaik Ja'far dan aku tidak melihat seorang tokoh sebaik Abu Bakar."

Hadits darinya

Tatkala pulang dari Habasyah, Asma Binti Umays r.a pada tahun ke-7 H mengadu kepada Rasulullah Saw:

« يا رسول الله ، إن هؤلاء يزعمون أنا لسنا من المهاجرين . قال : كذب من يقول ذلك ، لكم الهجرة مرتين : هاجرتم إلى النجاشي ، وهاجرتم إلي . »


"Ya Rasulallah, mereka menganggap kami bukan Muhajirin, Kata Asma Binti Umays. Rasulullah Saw bersabda: Bohong orang yan berkata begitu, kalian hijrah dua kali, hijrah ke negeri (an-Najasyi) dan ke (kota Madinah)ku.[2]


Lihat pula

Catatan kaki

Pranala luar