Apatosaurus: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Kenrick95Bot (bicara | kontrib)
k Bot: Penggantian teks otomatis (- di zaman + pada zaman)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 14: Baris 14:
|Elosaurus|Peterson & Gilmore, 1902}}
|Elosaurus|Peterson & Gilmore, 1902}}
}}
}}
'''''Apatosaurus''''' atau sering dipanggil '''''Brontosaurus''''' (yang berarti "kadal kilat" dari [[bahasa Yunani]] '''brontē/βροντη''' artinya 'kilat' dan '''sauros/σαυρος''' artinya 'kadal'), adalah sebuah [[genus]] [[dinosaurus]] [[sauropoda]] yang sudah tidak dipakai lagi. Spesies ''Brontosaurus excelsus'' dinamakan oleh penemunya [[Othniel Charles Marsh]], pada tahun [[1879]] dan nama ini tetap dipakai dalam literatur resmi sampai kurang lebih tahun [[1974]], meskipun sudah dikenal sebagai sebuah spesies dari genus yang telah disebut sebelumya, ''[[Apatosaurus]]'', pada tahun 1903. Brontosaurus adalah [[dinosaurus]] yang mempunyai leher sangat panjang dan termasuk dinosaurus [[herbivora]], panjang tubuh mereka bisa mencapai 26 meter dengan berat 32 ton, berat ini bisa melebihi 6 ekor gajah. Diperkirakan hidup pada zaman [[Jura]]. Selain itu musuh utamanya adalah [[karnivora]] besar seperti ''[[Allosaurus]]''. Habitatnya biasanya di tepi danau dan di hutan. Namun, setelah beberapa tahun nama Brontosaurus diganti kembali menjadi Apatosaurus.
'''''Apatosaurus''''' atau sering dipanggil '''''Brontosaurus''''' (yang berarti "kadal kilat" dari [[bahasa Yunani]] '''brontē/βροντη''' artinya 'kilat' dan '''sauros/σαυρος''' artinya 'kadal'), adalah sebuah [[genus]] [[dinosaurus]] [[sauropoda]] yang sudah tidak dipakai lagi. Spesies ''Brontosaurus excelsus'' dinamakan oleh penemunya [[Othniel Charles Marsh]], pada tahun [[1879]] dan nama ini tetap dipakai dalam literatur resmi sampai kurang lebih tahun [[1974]], meskipun sudah dikenal sebagai sebuah spesies dari genus yang telah disebut sebelumya, ''[[Apatosaurus]]'', pada tahun 1903. Brontosaurus adalah [[dinosaurus]] yang mempunyai leher sangat panjang dan termasuk dinosaurus [[herbivora]], panjang tubuh mereka bisa mencapai 26 meter dengan berat 32 ton, berat ini bisa melebihi 6 ekor gajah. Diperkirakan hidup pada zaman [[Jura]]. Memiliki ekor panjang sebagai cambuk mematikan. Selain itu musuh utamanya adalah [[karnivora]] besar seperti ''[[Allosaurus]]''. Habitatnya biasanya di tepi danau dan di hutan. Namun, setelah beberapa tahun nama Brontosaurus diganti kembali menjadi Apatosaurus.


{{dino-stub}}
{{dino-stub}}

Revisi per 9 Februari 2016 11.22

Apatosaurus
Periode Akhir Jurassic, 154–150 jtyl

Kerangka A. louisae, di Carnegie Museum of Natural History
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasReptilia
OrdoSaurischia
FamiliDiplodocidae
GenusApatosaurus
Marsh, 1877
Tata nama
Sinonim takson
  • Brontosaurus Marsh, 1879
  • Elosaurus Peterson & Gilmore, 1902
  • A. ajax Marsh, 1877 (type)
  • A. excelsus (Marsh, 1879) [originally Brontosaurus]
  • A. louisae Holland, 1915
  • A. parvus (Peterson & Gilmore, 1902)
    [originally Elosaurus]

Apatosaurus atau sering dipanggil Brontosaurus (yang berarti "kadal kilat" dari bahasa Yunani brontē/βροντη artinya 'kilat' dan sauros/σαυρος artinya 'kadal'), adalah sebuah genus dinosaurus sauropoda yang sudah tidak dipakai lagi. Spesies Brontosaurus excelsus dinamakan oleh penemunya Othniel Charles Marsh, pada tahun 1879 dan nama ini tetap dipakai dalam literatur resmi sampai kurang lebih tahun 1974, meskipun sudah dikenal sebagai sebuah spesies dari genus yang telah disebut sebelumya, Apatosaurus, pada tahun 1903. Brontosaurus adalah dinosaurus yang mempunyai leher sangat panjang dan termasuk dinosaurus herbivora, panjang tubuh mereka bisa mencapai 26 meter dengan berat 32 ton, berat ini bisa melebihi 6 ekor gajah. Diperkirakan hidup pada zaman Jura. Memiliki ekor panjang sebagai cambuk mematikan. Selain itu musuh utamanya adalah karnivora besar seperti Allosaurus. Habitatnya biasanya di tepi danau dan di hutan. Namun, setelah beberapa tahun nama Brontosaurus diganti kembali menjadi Apatosaurus.