Heinrich Bullinger: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Wagino Bot (bicara | kontrib)
k minor cosmetic change
Baris 13: Baris 13:
|parents = Heinrich Bullinger & Anna Wiederkehr
|parents = Heinrich Bullinger & Anna Wiederkehr
|children =
|children =
| religion = Reformed
|religion = Reformed
|signature =
|signature =
}}
}}
Baris 46: Baris 46:


== Referensi ==
== Referensi ==

{{reflist}}
{{reflist}}



Revisi per 6 Februari 2016 09.53

Heinrich Bullinger
Lahir(1504-07-18)18 Juli 1504
Bremgarten (Aargau)
Meninggal17 September 1575(1575-09-17) (umur 71)
Zurich
Tempat tinggalZurich
KebangsaanSwiss
PekerjaanTheologian, Antistes
Suami/istriAnna Adlischwyler
Orang tuaHeinrich Bullinger & Anna Wiederkehr

Heinrich Bullinger (18 Juli 1504 - 17 September 1575) adalah seorang reformator asal Swiss, penerus Ulrich Zwingli sebagai kepala gereja dan pendeta Zurich di Grossmünster. Tokoh yang jauh kurang kontroversial dibandingkan tokoh John Calvin atau Martin Luther, dan peranannya dahulu sempat dikecilkan. Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa dia adalah salah satu teolog yang paling berpengaruh dari Reformasi Protestan pada abad ke-16.

Karya

Karya-karya Bullinger meliputi 127 judul. Selama hidupnya sudah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa dan terhitung karya teologi terbaik di Eropa.

Karya Teologi

Karya utamanya adalah Decades", suatu risalah teologi pastoral, dalam bahasa sehari-hari disebut "House Book" ("Buku Rumah").

Pengakuan Iman (Konfesi) Helvetika kedua (1566) yang diterima di Swiss, Hungaria, Bohemia dan di banyak tempat, merupakan hasil karyanya seorang diri. Baru-baru ini saja ditemukan bahwa Peter Martyr Vermigli juga mempunyai peranan dalam dokumen. Banyak volume Zürich Letters, diterbitkan oleh Parker Society, menjadi saksi pengaruhnya terhadap Reformasi Protestan di Inggris pada tingkatan lanjut.

Banyak khotbah-khotbahnya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris (dicetak ulang, 4 volume, 1849). Karya-karyanya yang bersifat ekspositori dan polemik, tidak dikumpulkan.

Historis

Di samping karya teologi, Bullinger juga menulis karya historis. Yang terutama, "Tiguriner Chronik", adalah sejarah Zurich dari zaman Romawi sampai Reformasi. Yang lain adalah sejarah Reformasi dan sejarah konfererasi Swiss. Bullinger juga menulis detail kronologi Alkitab, bekerja dalam kerangka umum tradisi teologi Kristen, sampai pertengahan kedua abad ke-17, yaitu bahwa Alkitab menyediakan rujukan yang setia dan normatif bagi semua sejarah dunia purba.[1]

Surat-surat

Terdapat sekitar 12.000 surat-surat dari dan kepada Bullinger, korespondensi paling lengkap dari zaman Reformasi. Ia menulis terutama dalam bahasa Latin dengan kutipan dalam bahasa Ibrani dan Yunani, sekitar 10 persen dalam bahasa Jerman tinggi awal.

Bullinger adalah sahabat pribadi dan penasihat sejumlah pemimpin pada zaman reformasi. Ia bersurat menyurat dengan para teolog Reformed, Anglikan, Lutheran, dan Baptis, dengan Henry VIII dari Inggris, Edward VI dari Inggris, Lady Jane Grey dan Elizabeth I dari Britania Raya, Christian II dari Denmark, Philipp I dari Hesse dan Frederick III, Elector Palatine.

Referensi

  1. ^ Refer to Jean-Marc Berthoud's paper for a fuller discussion. In this respect, Berthoud compares Bullinger to James Ussher and Jacques-Bénigne Bossuet.