Edmundo Ros: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
EmausBot (bicara | kontrib)
k Bot: Migrasi 11 pranala interwiki, karena telah disediakan oleh Wikidata pada item d:Q723974
Wagino Bot (bicara | kontrib)
k →‎Referensi: minor cosmetic change
Baris 29: Baris 29:


== Referensi ==
== Referensi ==

* http://www.telegraph.co.uk/culture/music/8843018/musician-edmundo-ros-dies-aged-100.html | Edmundo Ros meninggal umur 100 tahun
* http://www.telegraph.co.uk/culture/music/8843018/musician-edmundo-ros-dies-aged-100.html |edmundo Ros meninggal umur 100 tahun
{{penyanyi-stub}}
{{penyanyi-stub}}



Revisi per 4 Februari 2016 17.16

Edmundo Ros atau Edmund William Ros (7 Desember 1910 – 21 Oktober 2011) adalah seorang musisi dan pemimpin band Amerika Latin.

Latar Belakang

Edmund William Ros, lahir di Trinidad 7 Desember 1910 dan meninggal 21 Oktober 2011 (dalam usia 100 tahun). Ia adalah seorang Scottish-Canadian, ibunya Luisa Urquart adalah seorang guru, dan bapaknya William Hope-Ross adalah seorang pengusaha perkebunan di Trinidad. Keluarganya migrasi ke Carribean, dan menjadi pengusaha perkebunan, di mana gurunya dibawa dari Inggris oleh bapaknya.

Pada usia 17 tahun (1927), Edmundo pergi ke Caracas, Venezuela (Amerika Latin), ia masuk Academy of Music dibawah asuhan Maestro Vicente Emilio Sojo. Pada malam hari ia bermain drums di Nightclub, dan oleh Sojo ia diangkat sebagai pemain timpani di Venezuela Symphony Orchestra. Kemudian tahun 1937 (usia 27 tahun) Edmundo pergi ke Inggris masuk Royal Academy of Music di London dan belajar komposisi dan konduktor.

Karier musik

Pada tahun 1938, Edmundo bekerja sebagai pemain drums dengan pianist Don Marino Barreto untuk lagu-lagu Cubana, dan juga dengan Fats Waller. Ia juga memimpin Barreto's Dance Orchestra, yang mempengaruhi band di Havana. Kemudian ia mendirikan Edmundo Ros's Rumba Band.

Tahun 1939 Melody Maker menyatakan bahwa telah lahir band gaya baru dari Edmundo Ros, di mana Ros membuat rumba asli Cubana. Setelah Perang Dunia II, Winston Churcill dan Charles de Gaulle, bahkan Ratu Elizabeth termasuk penggemarnya.

Tahun 1948 ia mengiringi Carmen Miranda bernyanyi di Palladium London selama 1 tahun. Tahun berikutnya rekaman The Wedding Samba laku sebanyak 3 juta keping di Inggris, dan masuk ke Amerika Serikat.

Victor Silvester, seorang pimpinan band ballroom di London yang terkenal pada saat itu, menyarankan agar Ros mau memainkan lagu-lagu ballroomnya, sehingga para penggemar dansa ballroom juga akan dansa dengan irama amerika latin. Ini merupakan awal dari The Ros Sound, yaitu irama yang datar, melodi yang manis, dan gaya Caribean yang manis.

Kegiatan Setelah Tahun 1950

Tahun 1951 Ros membuat Supper and Dance Club, dan disediakan secara khusus keanggotaanya untuk para jetset internasional, seperti raja, laksmana laut, bintang Hollywood, dan ningrat Inggris.

Pada tahun 1953, perusahaan piringan hitam Decca memakai produser muda asal Belgia bernama Marcel Stellman untuk bekerjasama dengan Ros dan Stanley Black. Stellman mengatakan, bahwa Ros mempunyai ciri khas dalam ritme, sehingga dalam Intro 12 birama orang tahu itu musik Ros, dan orang mencintai suara ritmenya. Seperti diketahui bahwa piringan hitam Rhythms of the South (1958) telah terjual sejuta keping. Ia juga memperkenalkan irama mambo dan samba selain rhumba. Bahkan lagu militer Jepang dibuatnya dengan beat latin.

Kemudian secara internasional Ros juga bekerja sama dengan Xavier Cugat dengan membuat acara TV New York berupa rangkaian acara Broadway Goes Latin. Sedangkan untuk TV Inggris, Ros menggelar acara The Billy Cotton Band Show setiap Malam Minggu di Palladium London dan Royal Variety Shows.

Kemudian tahun 1965 Ros disewa oleh Madden untuk acara A Night of 1000 Stars pada pembukaan BBC TV Center yang juga didukung oleh Vera Lynn dan Beverley Sisters.

Pada masa setelah tahun 1960 ia menjadi kaya dan hidup bersama Britt dan kedua anaknya, Douglas dan Luisa, di rumah modern pada kawasan Mill Hill, sebelah utara London. Ia juga memiliki mobeil merk Rolls-Royce dangan plat nomor EWR1 (Edmundo Williams Ros 1). Britt juga selalu menemani Ros di Night Club tempat Band Ros main, namun pada tahun 1965 Britt meninggalkan Ros, dan pergi bersama teman Colombia yang bertemu di Ningt Club tersebut.

Kemudian Ros menjual rumahnya, dan membeli apartment mewah di St John's Wood, dekat Victor Silvester. Tahun 1971 Ros kawin lagi dengan Susan, dan hingga ia meninggal di Spanyol pada tahun 2011 bersama anak-anaknya.

Referensi