Wikipedia:ProyekWiki: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
k ←Suntingan Ratna Al-Sarita (bicara) dibatalkan ke versi terakhir oleh Ign christian
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan aplikasi seluler
Baris 1: Baris 1:
[[Wikipedia Bahasa indonesia, ensiklopedia]]
{{BatangPenjelajah}}
{{pintas|[[WP:PW]]|[[WP:PROYEK]]|[[ProyekWiki]]}}
'''ProyekWiki''' adalah suatu upaya kolaborasi untuk pengelolaan suatu kelompok informasi tertentu di dalam [[Wikipedia]]. ProyekWiki bukan digunakan untuk menulis artikel ensiklopedia pada kelompok informasi tertentu, melainkan untuk membantu koordinasi dan organisasi penulisan artikel untuk kelompok informasi tersebut. Contohnya, [[Wikipedia:ProyekWiki Ibukota provinsi Indonesia|ProyekWiki Ibukota provinsi Indonesia]], merupakan suatu upaya untuk mengembangkan artikel-artikel mengenai ibu kota provinsi di Indonesia.


== Memulai ProyekWiki baru ==
== Memulai ProyekWiki baru ==

Revisi per 16 Januari 2016 07.21

Wikipedia Bahasa indonesia, ensiklopedia

Memulai ProyekWiki baru

Siapapun bisa memulai suatu proyek baru. ProyekWiki dirancang untuk mengkoordinasikan kerja beberapa orang, karenanya penting untuk memastikan bahwa tidak hanya Anda saja yang berpartisipasi dalam proyek yang Anda mulai. Upayakan untuk mengundang pengguna lain yang menurut Anda berminat pada topik yang Anda ajukan.

Berikut adalah pedoman untuk memulai suatu ProyekWiki baru

  1. Cek apakah topik yang Anda minati sudah ada dalam daftar ProyekWiki. Jika sudah, atau ada proyek yang cukup mirip, berpartisipasilah dalam proyek tersebut.
  2. Jika belum ada, Anda dapat memulai proyek baru dengan membuat halaman utama untuk ProyekWiki tersebut. Gunakan judul Wikipedia:ProyekWiki namaproyek sebagai judul halaman. Gunakan [[Kategori:ProyekWiki|namaproyek]] untuk kategori halaman utama ini.
  3. Buat kerangka informasi untuk proyek tersebut. Jelaskan:
    1. Tujuan dan ruang lingkup proyek; upayakan untuk spesifik karena informasi ini akan digunakan calon partisipan untuk memutuskan apakah mereka akan terlibat atau tidak. Buka peluang untuk mengembangkan bagian ini jika ada usul dari pengguna lain.
    2. Bagaimana cara berpartisipasi dalam proyek; jelaskan apa yang Anda harapkan dari partisipan. Buat bagian "Partisipan" sebagai tempat untuk mendaftar dalam proyek. Buat juga bagian "Daftar pekerjaan" untuk menjabarkan daftar pekerjaan yang harus dilakukan sehingga pengguna lain mendapat gambaran yang cukup jelas.
    3. Peralatan dan sumber daya yang dapat digunakan; jelaskan templat dan kategori yang dapat digunakan, serta pranala luar yang dapat dijadikan sumber referensi.
  4. Undang pengguna lain yang kira-kira akan tertarik untuk berpartisipasi dalam proyek Anda.

Berpartisipasi dalam ProyekWiki

Daftar ProyekWiki tersedia untuk melihat proyek-proyek yang telah dimulai. Jika Anda tertarik pada suatu proyek, baca keterangan mengenai proyek tersebut untuk mendapatkan gambaran apa yang Anda bisa bantu. Gunakan halaman diskusi proyek untuk menelurusi perkembangan diskusi mengenai proyek dan juga mengajukan pertanyaan jika ada hal-hal yang kurang jelas. Daftarkan diri Anda pada bagian "Partisipan" di halaman informasi ProyekWiki tersebut, dan mulailah bekerja.

Bantuan · Komunitas · Portal · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan

Daftar ProyekWiki

<onlyinclude>Ini adalah halaman utama direktori ProyekWiki Wikipedia Bahasa Indonesia, yang memuat Daftar dan Indeks. Apabila anda membuat ProyekWiki yang baru atau melihat ProyekWiki baru dalam indeks tetapi belum dimuat dalam Daftar Proyekwiki, Anda dapat menambahkannya dengan menyunting Daftar Proyekwiki, dan halaman ini akan mengindeks secara otomatis ProyekWiki yang baru.




Baru mengenal ProyekWiki ? '
Lihatlah halaman Pedoman ProyekWiki dalam Wikipedia Bahasa Indonesia dan pula dalam Wikipedia bahasa Inggris seperti FAQs about WikiProjects dan WikiProject guideline page

Perlu mempuat ProyekWiki baru ? ;
Sebelum membuat ProyekWiki baru, anda juga perlu menjelajahi kategori berikut ini:

Indeks ProyekWiki

A

B

C

D

E

F

G

H

I

J

K

L

M

N

O


P

R

S

T

U-Z






Otomatis