Lompat ke isi

Pulau Sikuai: Perbedaan antara revisi

3 bita dihapus ,  6 tahun yang lalu
k
Robot: Perubahan kosmetika
k (Robot: Perubahan kosmetika)
}}
 
'''Pulau Sikuai''' merupakan salah satu [[pulau]] yang terletak di sisi barat pulau [[Sumatera]]. Secara administrasi pemerintahan, pulau ini masuk ke dalam wilayah kecamatan [[Bungus Teluk Kabung, Padang|Bungus Teluk Kabung]], [[kota Padang]], provinsi [[Sumatera Barat]], [[Indonesia]].
 
Pulau ini terletak sekitar setengah mil laut dari pusat kota dan dapat dicapai dengan menggunakan transportasi laut seperti [[kapal]], melalui [[pelabuhan Muara]] dalam waktu tempuh sekitar 45 menit dan dari dermaga Airud Bungus dalam waktu tempuh sekitar 35 menit.
 
== Geografi ==
Pulau Sikuai memiliki luas sekitar 44.4 Ha, termasuk pulau beriklim tropis sepanjang tahun dengan pantai pasir putih dan masih memiliki hutan tropis yang alami.
 
Sebagai daerah tujuan wisata, pemerintah daerah setempat bekerja sama dengan pihak [[swasta]], telah memfasilitasi pulau ini dengan hotel resort berbintang tiga.<ref>[http://www.hoteltravel.com/indonesia/sumatra/new_sikuai.htm New Sikuai Island Resort]</ref> Sekitar 2.4 Ha dari luas pulau ini telah digunakan sebagai kawasan resort sedangkan sisanya masih berupa kawasan hutan dan pantai. Hotel resort di pulau ini menyediakan 54 buah cottage, restoran, ruangan untuk rapat, dan kolam renang<ref>www.newsikuai-island.com [http://www.newsikuai-island.com/index.php New Sikuai Island Resort]</ref>, walaupun dengan tarif sewa cukup mahal<ref>Berkmoes, Ryan Ver, (2010), ''Lonely Planet: Indonesia'', pp. 425, Lonely Planet, ISBN 1-74104-830-3</ref>, namun pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dengan mengitari pulau atau menjelajahi hutan alam sampai panjat tebing ataupun wisata bahari.
110.443

suntingan