Pamedangan: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tidak ada perubahan ukuran ,  5 tahun yang lalu
k
Bot: Penggantian teks otomatis (-dimana +di mana); perubahan kosmetik
k (Bot: Penggantian teks otomatis (-dimana +di mana); perubahan kosmetik)
 
 
'''Pamedangan''' atau '''Paseban''' adalah ruang setengah terbuka pada rumah tradisonal suku Banjar ([[rumah Banjar]]) di Kalimantan Selatan dan sekitarnya. Di depan atau sebelah luar Pamedangan terdapat teras rumah yang disebut [[Surambi Sambutan]]. '''Pamedangan''' berasal dari kosa kata [[bahasa Banjar]] yaitu ''mamedang'' (= duduk bersantai di serambi), sedangkan '''Paseban''' dari kosa kata ''seba'' yaitu ruang dimanadi mana rakyat menghadap kepada para [[Pangeran]] (jika di keraton berwujud bangunan yang disebut [[Balai Seba]]).
 
Lapangan Pamedangan adalah tempat duduk beristirahat sore maupun malam hari. Di tempat ini terdapat sepasang kursi panjang yang diukir dan dilapis dengan tilam kampikan.
 
Antara ruang Lapangan Pamedangan yang dindingnya terbuka dan ruang Panampik Kacil dalam rumah terdapat Tawing Hadapan. Varian pada tipe lainnya pada sisi kanan maupun kiri Pamedangan berupa dinding tertutup dengan jendela berdaun dua.
 
Langit-langit Pamedangan pada rumah [[Bubungan Tinggi]] tidak memakai plafon tetapi pada jenis [[rumah Banjar]] lainnya memakai plafon yang disebut [[galadak]] dengan ornamen yang dilukis. Pada langit-langit Pamedangan digantung dua buah lampu antik. Pada jenis rumah Banjar lainnya dapat mencapai 3 buah titik lampu.
110.443

suntingan

Menu navigasi