Augustus: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
2 bita dihapus ,  4 tahun yang lalu
k
perbaiki; perubahan kosmetik
k (Bot: Penggantian teks otomatis (-diantara +di antara , -Diantara +Di antara))
k (perbaiki; perubahan kosmetik)
Sebenarnya gelar Augustus sendiri diberikan oleh senat [[Romawi]] yang artinya [[Raja]]. Octavian sendiri tak terlalu menganggap istimewa gelar tersebut dan tak pernah merasa sebagai [[Raja]]. Sebelum memimpin [[Romawi]], Octavian terkenal beringas dan tegas namun saat ia sudah dipuncak kepemimpinan sifatnya berubah bijak dan lembut. Hal ini menarik simpati rakyat dan senat [[Romawi]].
 
Pada 27SM, Octavian mengumumkan akan merubahmengubah sistem pemerintahan [[kerajaan]] menjadi [[Republik]]. Reputasi Octavian pun naik tajam apalagi ia bersedia mundur dari berbagai jabatan yang dipegangnya. Namun kenyataannya ia tetap berkuasa atas [[Spanyol]], [[Suriah]] dan [[Gaul]] yang merupakan basis militer terkuat [[Romawi]]. Secara teori, [[Romawi]] telah berubah menjadi [[Republik]] dan Octavian menjadi warga biasa namun kenyataannya rakyat dan senat [[Romawi]] sangat percaya pada Octavian dan memberikan jabatan apa saja yang diinginkan Octavian karena Octavian telah nerhasil merebut hati mereka. Octavian atau Augustus sendiri secara tak kentara tetaplah seorang [[kaisar]] dan diktator efektif dalam makna yang sebenarnya.
 
Octavian atau Augustus Caesar sangatlah piawai dalam memimpin [[Romawi]]. Ia betul-betul sang negarawan sejati dimana ia bisa menekan pemberontakan dan menutup celah-celah yang berpotensi menjadi perpecahan untuk [[perang saudara]]. Wibawa dan kharismanya begitu tinggi. Ia menjadi panutan bagi pemimpin [[Romawi]] sesudahnya. Dibawah kepemimpinannya juga [[Romawi]] berhasil memperluas wilayahnya hingga [[Spanyol]], [[Swiss]], [[Galatia]] – Asia Kecil.
Octavian atau Augustus tak memiliki penerus laki-laki. Ia kemudian mengambil anak angkat, [[Tiberius]] danmenetapkan menjadi penggantinya kelak sepeninggalnya. Namun [[Tiberius]] dan kaisar-kaisar sesudahnya tak sepandai Augustus sehingga mengalami kemerosotan. Nmaunketentraman dan keamanan yang telah diletakkan dasar-dasarnya oleh Augustus dalam [[Pax Romana]] tetap bertahan hingga 200 tahun sesudahnya.
 
Augustus Caesar meninggal dunia pada [[14 SM]]. Ia memerintah [[Romawi]] selama 40 [[tahun]]. Dibawah kepemimpinannya [[Romawi]] menjelma menjadi puncak dan pusat kebudayaan kuno sekaligus sumber dari bangsa-bangsa besar sesudahny seperti [[Mesir]], [[Babel|Babylon]], [[Yunani]] dan lainnya.
 
Walau Augustus belum bisa ditandingkan dengan kebesaran [[Julius Caesar]] namun namanya sering disandingkan dengan [[Aleksander Agung]] ,[[Mao Tse Tung]], dan [[George Washington]]
 
{{Kaisar Romawi}}
{{bio-stub}}
 
[[Kategori:Romawi Kuno|A]]
[[Kategori:Tokoh Perjanjian Baru]]
[[Kategori:Injil Lukas]]
 
 
{{bio-stub}}

Menu navigasi