Krepa: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Loveless (bicara | kontrib)
k bot Menambah: jv:Krepa
M. Adiputra (bicara | kontrib)
edit, tambah dikit
Baris 6: Baris 6:
| Nama_lain = Kripa; Kripacharya;<br>Bagawan Kripa
| Nama_lain = Kripa; Kripacharya;<br>Bagawan Kripa
}}
}}
[[Krepa]] atau '''Kripa''' (''Kṛpa'') atau '''Kripacharya''' (Guru Kripa), adalah seorang tokoh [[wiracarita]] [[Mahabharata]]. Ia merupakan guru para pangeran [[Kerajaan Kuru|Kuru]] di [[Hastinapura]]. Ia adalah anak angkat [[Santanu]] dan menjadi pejabat di [[Hastina]].
'''Krepa''' atau '''Kripa''' (''Kṛpa'') atau '''Kripacharya''' (Guru Kripa), adalah seorang tokoh dalam [[wiracarita]] [[Mahabharata]]. Ia merupakan putera [[Resi]] [[Bharadwaja]], dan menjadi guru para pangeran [[Kerajaan Kuru|Kuru]] di [[Hastinapura]].

Pada mulanya, ia hidup dihutan bersama dengan adiknya yang bernama Kripi. Suatu ketika Prabu [[Santanu]] dari [[Hastinapura]] berburu ke tengah hutan. Karena merasa kasihan dengan keadaan mereka, ia memungut Krepa dan Kripi, lalu diberi pendidikan. Karena kemahiran Krepa dalam ilmu menggunakan senjata, akhirnya ia diangkat menjadi pejabat di [[Hastinapura]] dan diberi kepercayaan untuk mendidik para pangeran Kuru ([[Pandawa]] dan [[Korawa]]).


Ia berperang pada pihak [[Korawa]] pada perang [[Bharatayuddha]]. Ia salah seorang kawan [[Aswatama]] yang membalas dendam kekalahan [[Korawa]].
Ia berperang pada pihak [[Korawa]] pada perang [[Bharatayuddha]]. Ia salah seorang kawan [[Aswatama]] yang membalas dendam kekalahan [[Korawa]].



{{Tokoh Mahabharata}}
{{Tokoh Mahabharata}}

Revisi per 3 November 2007 13.24

Krepa
Krepa dalam versi pewayangan Jawa
Krepa dalam versi pewayangan Jawa
Tokoh dalam mitologi Hindu
NamaKrepa
Nama lainKripa; Kripacharya;
Bagawan Kripa

Krepa atau Kripa (Kṛpa) atau Kripacharya (Guru Kripa), adalah seorang tokoh dalam wiracarita Mahabharata. Ia merupakan putera Resi Bharadwaja, dan menjadi guru para pangeran Kuru di Hastinapura.

Pada mulanya, ia hidup dihutan bersama dengan adiknya yang bernama Kripi. Suatu ketika Prabu Santanu dari Hastinapura berburu ke tengah hutan. Karena merasa kasihan dengan keadaan mereka, ia memungut Krepa dan Kripi, lalu diberi pendidikan. Karena kemahiran Krepa dalam ilmu menggunakan senjata, akhirnya ia diangkat menjadi pejabat di Hastinapura dan diberi kepercayaan untuk mendidik para pangeran Kuru (Pandawa dan Korawa).

Ia berperang pada pihak Korawa pada perang Bharatayuddha. Ia salah seorang kawan Aswatama yang membalas dendam kekalahan Korawa.