Kantong plastik: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
k Berkas Plastiktueten.jpg dibuang karena dihapus dari Commons oleh INeverCry
Blue tooth7 (bicara | kontrib)
k penambahan pranala untuk perekat
Baris 1: Baris 1:


'''Kantong plastik''' atau '''tas plastik''' adalah kantong pembungkus yang dibuat dari [[plastik]] ([[poliolefin]] atau [[polivinil klorida]]). Kantong plastik digunakan untuk memuat dan membawa barang konsumsi. Bagian dasar dan sisi kiri/kanan kantong umumnya direkatkan dengan mesin penyegel plastik, namun ada kantong plastik yang disatukan dengan perekat atau dijahit.
'''Kantong plastik''' atau '''tas plastik''' adalah kantong pembungkus yang dibuat dari [[plastik]] ([[poliolefin]] atau [[polivinil klorida]]). Kantong plastik digunakan untuk memuat dan membawa barang konsumsi. Bagian dasar dan sisi kiri/kanan kantong umumnya direkatkan dengan mesin penyegel plastik, namun ada kantong plastik yang disatukan dengan [[perekat]] atau dijahit.


== Jenis-jenis ==
== Jenis-jenis ==

Revisi per 4 Oktober 2015 12.37

Kantong plastik atau tas plastik adalah kantong pembungkus yang dibuat dari plastik (poliolefin atau polivinil klorida). Kantong plastik digunakan untuk memuat dan membawa barang konsumsi. Bagian dasar dan sisi kiri/kanan kantong umumnya direkatkan dengan mesin penyegel plastik, namun ada kantong plastik yang disatukan dengan perekat atau dijahit.

Jenis-jenis

  • Kantong plastik untuk kemasan
  • Kantong belanja
  • Kantong sampah
  • Kantong besar untuk keperluan industri

Bahaya bagi anak-anak

Kantong plastik, khususnya kantong plastik yang dipakai penatu untuk membungkus pakaian yang dicuci kering, berpotensi mendatangkan celaka bagi anak-anak, terutama asfiksia (mati lemas). Anak-anak harus dicegah agar tidak bermain-main memasukkan kepala ke dalam kantong plastik. Di Amerika Serikat, setiap tahunnya sekitar 25 orang anak (sebagian besar berusia di bawah 1 tahun) meninggal dunia akibat mati lemas yang disebabkan kantong plastik. Produsen kantong plastik secara sukarela mencantumkan peringatan agar tidak meletakkan kantong plastik di dekat ranjang bayi.[1]

Referensi