Mikronesia: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
[[Berkas:Micronesian Cultural Area.png|thumb|right|250px|Peta Mikronesia di [[Samudra Pasifik]].]]
[[Berkas:Micronesian Cultural Area.png|thumb|right|250px|Peta Mikronesia di [[Samudra Pasifik]].]]


'''Mikronesia''' (dari [[bahasa Yunani]]: μικρός 'kecil', νῆσος 'nusa' atau 'kepulauan') adalah gugus kepulauan yang terdiri dari pulau-pulau yang berukuran sangat kecil di [[Samudra Pasifik]] bagian barat, namun [[Hawaii]] tidak termasuk. Berbatasan dengan [[Filipina]] terletak di sebelah barat, [[Indonesia]] di barat daya, [[Papua Nugini]] dan [[Melanesia]] di selatan, dan [[Polinesia]] di tenggara dan timur.
'''Mikronesia''' (dari [[bahasa Yunani]]: μικρός='kecil', νῆσος='nusa' atau 'kepulauan') adalah gugus kepulauan yang terdiri dari pulau-pulau yang berukuran sangat kecil di [[Samudra Pasifik]] bagian barat, namun [[Kepulauan Hawaii|Hawaii]] tidak termasuk. Berbatasan dengan [[Filipina]] terletak di sebelah barat, [[Indonesia]] di barat daya, [[Papua Nugini]] dan [[Melanesia]] di selatan, dan [[Polinesia]] di tenggara dan timur.


==Geografi dan Ekonomi==
==Geografi dan Ekonomi==

Revisi per 30 September 2015 07.36

Peta Mikronesia di Samudra Pasifik.

Mikronesia (dari bahasa Yunani: μικρός='kecil', νῆσος='nusa' atau 'kepulauan') adalah gugus kepulauan yang terdiri dari pulau-pulau yang berukuran sangat kecil di Samudra Pasifik bagian barat, namun Hawaii tidak termasuk. Berbatasan dengan Filipina terletak di sebelah barat, Indonesia di barat daya, Papua Nugini dan Melanesia di selatan, dan Polinesia di tenggara dan timur.

Geografi dan Ekonomi

Kepulauan Mikronesia beriklim tropis lembab (iklim laut). Jumlah total pulaunya sekitar 2.100 pulau. Luas wilayah darat total (tidak termasuk luas perairan) sekitar 2.700 km2. Luas keseluruhan wilayahnya jiga mencakup perairan adalah 7.400.000 km2. Pulau-pulau utama di gugus kepulauan ini adalah Kepulauan Caroline, Kepulauan Gilbert, Kepulauan Mariana, dan Kepulauan Marshall. Kegiatan perekonomian utamanya ditunjang oleh sektor kelautan, perikanan, dan pariwisata.

Pembagian wilayah

Kawasan ini dibagi menjadi 8 entitas politik:

Sumber-sumber bacaan