Surah Al-Mursalat: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
singkat
RajarFtfrf (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 16: Baris 16:
| Harf-e-Mukatta'at =
| Harf-e-Mukatta'at =
}}
}}
'''Surah Al-Mursalat''' ([[bahasa Arab]]:'''المرسلات''') adalah [[surah]] ke-77 dalam [[al-Qur'an]]. Surah ini tergolong surah [[Makkiyah]], terdiri atas 50 ayat. Dinamakan ''Al Mursalaat'' yang berarti ''([[Malaikat|Malaikat-malaikat]]) yang di utus'' diambil dari kata ''Al Mursalaat'' yang terdapat pada ayat pertama surat ini.
'''Surah Al-Mursalat''' ([[bahasa Arab]]:'''المرسلات''') adalah [[surah]] ke-77 dalam [[al-Qur'an]]. Surah ini tergolong surah [[Makkiyah]], terdiri atas 50 ayat. Dinamakan ''Al Mursalaat'' yang berarti ''([[Malaikat|Malaikat-malaikat]]) yang diutus'' diambil dari kata ''Al Mursalaat'' yang terdapat pada ayat pertama surat ini.


== Pokok-Pokok terjemah ==
== Pokok-Pokok terjemah ==

Revisi per 27 September 2015 17.51

Surah ke-77
al-Mursalat

(Malaikat-Malaikat) Yang Diutus
KlasifikasiMakkiyah
JuzJuz 29
Jumlah ruku2 ruku'
Jumlah ayat50 ayat

Surah Al-Mursalat (bahasa Arab:المرسلات) adalah surah ke-77 dalam al-Qur'an. Surah ini tergolong surah Makkiyah, terdiri atas 50 ayat. Dinamakan Al Mursalaat yang berarti (Malaikat-malaikat) yang diutus diambil dari kata Al Mursalaat yang terdapat pada ayat pertama surat ini.

Pokok-Pokok terjemah

  1. Maka apabila bintang-bintang meredup,  dan apabila langit dibelah,  dan apabila gunung-gunung telah dihancurkan menjadi debu,  dan apabila para utusan telah ditetapkan hadir.
    sampai hari apakah ini ditangguhkan?
    sampai Hari Keputusan.  dan tahukah kamu apakah Hari Keputusan itu?  Celakalah pada hari itu bagi golongan yang mendustakan.  (Ayat:8-15)
  2. Bukankah Kami telah memunahkan (generasi) terdahulu?  lalu Kami gantikan mereka dengan golongan penerus.  Demikianlah Kami memperlakukan golongan yang berdosa.  (Ayat:16-18)
  3. Inilah Hari Keputusan; Kami himpunkan kalian beserta (generasi) terdahulu.  jika kalian mempunyai tipu daya, maka lakukanlah tipu daya kalian itu terhadapKu.  (Ayat:38-39)
  4. "Makanlah dan bersantailah kalian untuk sesaat; sesungguhnya kalian adalah golongan yang berdosa ". 
    Celakalah pada hari itu bagi golongan yang mendustakan.  dan apabila diserukan kepada mereka: "patuhlah, niscaya mereka tidak mau patuh.  Celakalah pada hari itu bagi golongan yang mendustakan.  maka terhadap hadits (pemberitaan) apa lagi mereka akan percaya (beriman)?  (Ayat:46-50)

Pranala luar


Surah Sebelumnya:
Surah Al-Insan
Al-Qur'an Surah Berikutnya:
Surah An-Naba’
Surah 77