Istana Kepresidenan Suriname

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Presidentieel paleis
Presidentieel paleis
Lua error in Modul:Location_map at line 539: Tidak dapat menemukan definisi peta lokasi yang ditentukan. Baik "Modul:Location map/data/Paramaribo" maupun "Templat:Location map Paramaribo" tidak ada.
Informasi umum
KotaParamaribo
NegaraSuriname Suriname
Mulai dibangunabad ke-18[1]

Istana Kepresidenan Suriname (Belanda: Presidentieel paleis van de Republiek Suriname) adalah istana kepresidenan Suriname di ibukota Paramaribo.[2] Terletak di seberang The Independence Square (Onafhankelijkheidsplein), yang juga menampung Majelis Nasional Suriname, gedung Kongres, Mahkamah Agung, dan Kementerian Keuangan. Ini adalah salah satu contoh yang paling produktif dan terawat dengan baik dari arsitektur kolonial Belanda di Suriname dan merupakan bagian dari situs Warisan dunia UNESCO di dalam kota Paramaribo. Garden of Palms berlokasi di belakang ini.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Istana saat ini dibangun pada tahun 1730, ketika mantan Gubernur Jenderal Suriname, Charel Emilius Hendrik de Cheusses memimpin proyek perluasan istana gubernur yang sudah ada. Sebelum renovasi besar-besaran tahun 1780 yang ditugaskan oleh Gubernur Jenderal Bernard Texier, istana ini mengalami banyak perubahan, tetapi perlahan-lahan mulai rusak. Ketika Texier menjabat, dia memutuskan untuk tinggal di Gravenstraat 6. Sebuah galeri besar ditambahkan bersama dengan lantai tiga. Tetapi baru pada tahun 1911 istana diperluas ke ukurannya saat ini, dengan penambahan serambi dan teras. Satu dekade kemudian melihat penyelesaian sayap barat satu lantai. Bangunan ini menerima banyak tambahan ornamen, seperti balok melengkung di balkon dan perisai "Geoctrooieerde Sociëteit van Suriname" yang ditempatkan di lantai tiga. Taman di belakang juga dibangun kembali dan diperluas menuju Palmentuin.

Penggunaan saat ini[sunting | sunting sumber]

Meskipun secara resmi masih menjadi kediaman resmi kepala negara Suriname, Presiden Suriname, istana saat ini digunakan sebagai tempat untuk acara pemerintahan dan diplomatik. Ini adalah simbol kemerdekaan Suriname tahun 1975, dan sejak itu lebih dikenal sebagai "Het Presidentieel Paleis".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Palmerlee, Danny; Bao, Sandra; Beech, Charlotte (2004). South America on a ShoestringPerlu mendaftar (gratis). Footscray, Victoria, Australia: Lonely Planet. hlm. 742. ISBN 1741041635. 
  2. ^ Streissguth, Thomas (2010). Suriname in PicturesPerlu mendaftar (gratis). Minneapolis, MN: Twenty-First Century. hlm. 72. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 5°49′37″N 55°09′04″W / 5.826814°N 55.151245°W / 5.826814; -55.151245