Israel Zangwill

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Israel Zangwill

Israel Zangwill adalah nama penulis novel yang lahir di London pada tanggal 14 Februari 1864.[1] Ia meninggal pada tanggal 1 Agustus 1926 di Midhurst.[1] Orangtua Zangwill adalah imigran dari Rusia.[1] Namun, masa kecil dari Zangwill dihabiskan Plymouth dan Brystol.[2] Zangwill juga dikenal sebagai tokoh yang aktif dalam pergerakan Zionis.[1] Ia juga adalah salah satu pemimpin dari gerakan tersebut.[1] Ia tidak hanya seorang Zionis, tetapi ia juga seorang pasifis.[2] Ia juga turut aktif menyuarakan tentang pentingnya hak-hak dari kaum perempuan.[2] Karya-karyanya yang cukup terkenal yaitu ghetto tragedies, dreamers of the ghetto, merely Mary Ann,the malting pot, The war God, dan The children of Israel.[1] Zangwill lulus dari Universitas London pada tahun 1884 dan mendapat penghargaan dalam Bahasa Inggris,Bahasa Prancis, dan juga dalam bidang pengetahuan psikologi dan moral.[2] Zangwill juga memberikan perhatian khusus dalam pendidikan terutama pendidikan bagi orang Yahudi.[2] Ia mengajar di sekolah-sekolah di mana orang Yahudi berada.[2]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Zangwill menikah dengan Edith Ayrton, seorang feminis dan penulis yang merupakan putri dari sepupu William Edward Ayrton dan Matilda Chaplin Ayrton. Sekeluarga tinggal selang beberapa tahun di Preston Timur, Sussex Barat di sebuah rumah bernama Far End. [3] Ia memiliki dua putra yang merupakan psikolog lebih muda di Inggris, Oliver Zangwill.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f Hassan Shadily. Ensiklopedia Indonesia. Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve
  2. ^ a b c d e f "Israel Zangwill". Diakses tanggal 3 Juni 2014. 
  3. ^ Nyenhuis, Jacob E. (2003). "notes". Myth and the creative process: Michael Ayrton and the myth of Daedalus, the maze maker. Detroit: Wayne State University Press. hlm. 207. ISBN 0-8143-3002-9.