Isabel dari Portugal (1428-1496)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Isabel dari Portugal
IsabelPort.jpg
Permaisuri Kastila dan León
Periode17 Agustus 1447 – 22 Juli 1454
Lahir1428
Wafat15 Agustus 1496 (berusia 67–68)
Arévalo
Pemakaman
WangsaAviz
AyahJoão dari Portugal
IbuIsabel dari Barcelos
PasanganJuan II dari Kastila
Anak
AgamaKatolik Roma

Isabel dari Portugal (Isabel dalam bahasa Portugis dan Spanyol) (1428 – 15 Agustus 1496) merupakan seorang permaisuri Kastila dan León. Dia adalah ibunda dari Ratu Isabel yang "Katolik".

Dia dilahirkan sebagai keturunan cabang agunan dari wangsa Aviz yang telah memerintah Portugal sejak tahun 1385. Orang tuanya João, Jagabaya Portugal, putra bungsu João I dari Portugal yang masih hidup, keponakan tiri serta istri, Isabel dari Barcelos, putri Adipati pertama Braganza, yang merupakan putra haram raja. Ayahanda Isabel memegang beberapa penguasa, tetapi tidak berada di garis depan wangsa kerajaan Portugis, ada banyak adipati yang berkuasa di depannya.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Isabel menikah dengan Raja Juan II dari Kastila sebagai istri keduanya. Istri pertamanya, Maria dari Aragon, telah memberinya empat orang anak, meskipun hanya satu, masa depan Enrique IV dari Kastila, yang selamat. Enrique telah bergabung dengan Blanca II dari Navarra dalam pernikahan yang tidak dikonsumasikan selama tujuh tahun dan disebut "El Impotente." Karena itu, Juan memutuskan untuk mencari istri lain, dan mata penasihat tepercaya sekaligus sahabatnya, Alvaro de Luna jatuh pada Isabel yang jauh lebih muda. Keduanya menikah pada tanggal 22 Juli 1447 ketika Juan berusia 42 tahun dan Isabel baru berusia 19 tahun.

Konflik dengan de Luna[sunting | sunting sumber]

De Luna telah mendominasi raja selama bertahun-tahun dan tak diragukan lagi hal ini akan berlanjut setelah pernikahan. De Luna mencoba mengendalikan ratu muda juga, bahkan berusaha membatasi ikatan antara raja yang sedang mabuk asmara dan mempelainya. Isabel mengambil pengecualian untuk pengaruh de Luna atas suaminya dan berusaha membujuk suaminya untuk menyingkirkan orang favoritnya itu.

Dia tidak begitu berhasil sampai setelah tahun 1451 kelahiran putrinya yang senama yang akan menjadi Isabel dari Kastila. Kurungan ratu itu panjang dan sulit. Rumor bahwa de Luna berusaha meracuni Isabel, dan bahwa ia juga meracuni dan membunuh pendahulunya, Maria dari Aragon masih bertahan sampai hari ini. Ibu baru, yang sadar akan hal ini, mengarahkan dirinya pada tugas untuk membujuk raja agar setuju untuk melepaskan diri dari de Luna. Pada tahun 1453, de Luna melempar Alfonso Pérez de Vivero dari jendela, karena bangsawan itu menentangnya. Isabel menggunakan ini sebagai pengaruh, dan meyakinkan raja agar dia ditangkap dan diadili. Raja Juan melakukan apa yang diminta istrinya, dan de Luna dieksekusi.

Kematian orang kesayangannya menyedihkan raja, dan kesehatannya mulai menurun dengan cepat. Pada tanggal 15 Mei 1453, Isabel melahirkan seorang putra, Afonso dari Kastila, dan sembilan bulan kemudian, Juan sekarat dan akhirnya meninggal pada tanggal 20 Juli 1454. Enrique IV, yang baru saja bercerai dari Blanca, menjadi raja.

Demensia Isabel dari Portugal (Di dalam bahasa Spanyol: La demencia de Isabel de Portugal). Potret dilukis oleh Pelegrí Clavé, yang menunjukkan ratu janda Kastila, Isabel dari Portugal dan Braganza, dalam salah satu tingkah gilanya. Di sampingnya adalah putra bungsunya, Afonso dari Kastila (kiri) dan putri sulungnya, calon Ratu Isabel (kanan), bersama dengan yang lain-lain dari lingkaran kecil yang menemani keluarga itu ke pengasingan.

Menjanda[sunting | sunting sumber]

Lambang Isabel dari Portugal sebagai Ratu Kastila.

Setelah Enrique naik takhta, ia mengirim ibu tirinya, yang tiga tahun lebih muda darinya, dan dua adik tirinya ke Kastil Arévalo. Sementara di sana, ratu janda dan dua anaknya tinggal dengan penuh kesusahan. Tidak ada bukti bahwa ratu janda pernah mempertimbangkan untuk menikah lagi.

Sementara di Arévalo, Isabel makin tenggelam dalam kesedihan dan paranoia yang dimulai setelah kelahiran anak yang yang lebih tua. Dia menjadi semakin tertekan setiap tahun. Meskipun demikian, anak-anaknya tetap bersamanya sampai sekitar tahun 1461, tahun di mana ratu kedua Enrique, Joana dari Portugal, hamil dengan Joana, Putri Asturias, yang diduga oleh kekasihnya, Beltrán de la Cueva. Sementara itu, ratu janda berpikir dia diganggu oleh hantu-hantu, terutama roh de Luna, dan akan menghabiskan hari-hari berkeliaran di kastil memanggil namanya, berbicara sendiri dan mengutuk musuh imajiner. Setelah beberapa saat, dia juga lupa siapa orang di sekitarnya, dan terkadang dia bahkan tidak bisa mengingat identitasnya sendiri, menjadi agresif.

Hubungan dengan putri[sunting | sunting sumber]

Putrinya, Isabel, tidak mengunjunginya (Afonso telah meninggal dalam keadaan yang mencurigakan pada tahun 1468), meskipun pada tahun 1469, ia memberitahu saudara tirinya bahwa Arévalo adalah tujuannya ketika pada kenyataannya ia akan pergi ke Valladolid untuk menikah dengan Infante Ferrando II d'Aragón, pewaris Juan II dari Aragón. Ketika Enrique IV meninggal pada tahun 1474, Isabel mengabaikan hak waris keponakannya, yang tidak pernah dianggap sah, untuk menjadi Ratu Kastila. Bersama-sama, dia dan Ferrando menghabiskan waktu mereka menyatukan Spanyol dengan menyelesaikan reconquista. Baru pada tahun 1496, ketika ratu mendengar bahwa ibundanya sedang sekarat, akhirnya ia mengunjungi Isabel. Wanita tua yang gila dan bingung itu tidak mengenali putrinya. Setelah kematiannya, dia dikebumikan di samping suami dan putranya di Cartuja de Miraflores.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Keturunannya adalah:

Referensi[sunting | sunting sumber]

Isabel dari Portugal
Cabang kadet Wangsa Borgonha
Lahir: skt. 1428 Wafat: 15 Agustus 1496
Spanyol
Lowong
Terakhir dijabat oleh
Maria dari Aragon
Permaisuri Kastila dan León
1447–1454
Lowong
Selanjutnya dijabat oleh
Joana dari Portugal