Isaac Watts

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Isaac Watts
Isaac Watts from NPG.jpg
Portret oleh pelukis tak dikenal
Lahir 17 Juli 1674
Southampton
Meninggal 25 November 1748 (umur 74)
Stoke Newington
Pekerjaan Hymnwriter, theologian
Dikenal karena When I survey the wondrous cross, Joy to the world

Isaac Watts (lahir di Southampton, Inggris, 17 Juli 1674 – meninggal di London, Inggris, 25 November 1748 pada umur 74 tahun) adalah seorang pendeta dan juga komponis musik gereja yang terkenal.[1] Sebelum Watts menerbitkan buku nyanyian, penggunaan musik di dalam gereja-gereja Inggris sangat kurang.[1] Penggunaan nyanyian yang diperbolehkan di dalam gereja hanyalah yang berasal dari kitab Mazmur.[1] Watts berpandangan bahwa Mazmur kurang jelas dalam mengekspresikan iman Kristen, seperti mengenai Kristus, Trinitas, dan doktrin-doktrin Kristen lainnya.[1] Karena itulah, Watts menerbitkan koleksi lagu-lagu dari Kitab Mazmur namun dengan menggunakan bahasa Kristen.[1]

Ada lebih dari 600 lagu yang Watts ciptakan sehingga ia mendapat julukan Bapa Kidung di Inggris.[1][2] Nyanyian ciptaan Watts berpengaruh besar terhadap gereja-gereja non-Anglikan.[1] Hingga sampai pada masa Charles Wesley memopulerkan nyanyian-nyanyian gubahannya, dominasi lagu-lagu Watts di kalangan gereja-gereja Inggris non-Anglikan tidak tergoyahkan.[1]

Kenangan[sunting | sunting sumber]

Setelah meninggalnya, surat-surat Isaac Watts diberikan kepada Yale University di Colony of Connecticut, yang didirikan oleh pengikut "Nonconformist". King Edward VI School, di mana ia bersekolah, menamakan salah satu houses "Watts" untuk mengenangnya.

Gereja Inggris dan Gereja Lutheran mengenang Watts (dan pelayanan imamatnya) setiap tahun dalam Kalender Orang Kudus pada tanggal 25 November, dan Gereja Episcopal pada tanggal 26 November.

Memorial[sunting | sunting sumber]

Patung Isaac Watts di Watts Park, Southampton (kota kelahirannya)

Tempat kenangan tertua bagi Isaac Watts yang masih ada terdapat di Westminster Abbey; diselesaikan sesaat setelah kematiannya. Makamnya yang indah dan sering dikunjungi adalah di Bunhill Fields, bertarikh tahun 1808, menggantikan aslinya yang dibiayai dan didirikan oleh Lady Mary Abney dan keluarga Hartopp. Patung Watts setinggi dada dapat dilihat di Perpustakaan Dr. Williams di London pusat. Patung terbuka untuk umum tertua yang didirikan terdapat di Abney Park, di mana ia hidup dan meninggal, sebelum dijadikan pekuburan dan kebun raya; kemudian patung serupa dibiayai dengan sumbangan publik pada taman umum Victorian yang baru di kota kelahirannya, Southampton. Pad pertengahan abad ke-19 sebuah Congregational Hall, "Dr. Watts Memorial Hall", juga dibangun di Southampton, meskipun setelah Perang Dunia II dibongkar untuk pembangunan kembali. Sekarang di tempat itu berdiri "Isaac Watts Memorial United Reformed Church".

Pengaruh budaya dan kontemporer[sunting | sunting sumber]

Salah satu puisi Watts yang terkenal adalah sebuah teguran "Against Idleness and Mischief" dalam Divine Songs for Children. Puisi ini dibuat parodi oleh Lewis Carroll dalam puisi "How Doth the Little Crocodile", yang dimuat dalam bukunya Alice's Adventures in Wonderland. Parodi ini kemudian lebih terkenal daripada puisi asli Watts.

Dalam novel David Copperfield (1850) karangan Charles Dickens, kepala sekolah Dr. Strong mengutip puisi Watts "Against Idleness and Mischief".

Opera komikal tahun 1884 Princess Ida memuat sebuah rujukan kepada Watts pada Act I. Di universitas khusus perempuan tempat Princess Ida kuliah, laki-laki tidak diizinkan masuk. Ayahnya King Gama berkata bahwa "She'll scarcely suffer Dr. Watts' 'hymns'".

Karya[sunting | sunting sumber]

Buku[sunting | sunting sumber]

Himne[sunting | sunting sumber]

Himne-himne gubahan Watts antara lain:

Banyak himne gubahan Watts dimasukkan ke dalam Christadelphian Hymnal, Evangelical Lutheran Worship Hymnal, Baptist Hymnal, Presbyterian Trinity Hymnal, dan Methodist Hymns and Psalms. Banyak teksnya juga digunakan dalam American hymnal, The Sacred Harp, menggunakan apa yang dikenal sebagai "shape note notation" untuk mengajari orang-orang yang bukan musikus. Beberapa himnenya digunakan dalam himnal Church of Christ, Scientist dan The Church of Jesus Christ of Latter-day Saints.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h (Indonesia) Kenneth Curtis, et. al. 2003. 100 Peristiwa Penting di Dalam Sejarah Gereja. Jakarta: BPK Gunung Mulia. Hal. 104-105.
  2. ^ (Inggris) Williston Walker. 1946. A History of the Christian Church. New York: Charles Scribner's Son. P. 508.