Isaac Julius Tamaëla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Isaac Julius Tamaëla
Pendukung Jenderal IJ Tamaela merayakan ulang tahun ke-25 Republik Maluku Selatan di De Vereeniging di Nijmegen; Jenderal Tamaela dalam pidatonya (25 April 1975)
Informasi pribadi
Lahir(1914-12-13)13 Desember 1914
Belanda Amahai, Maluku Tengah, Maluku
Meninggal27 November 1978(1978-11-27) (umur 63)
Benin Cotonou, Benin
Karier militer
Pihak Republik Maluku Selatan
Masa dinas1950—1978
PangkatJendral
Pertempuran/perangInvasi Ambon
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Isaac Julius Tamaëla (13 Desember 1914 – 27 November 1978) adalah seorang tentara dan pemimpin Maluku Selatan.

Dia adalah seorang sersan mayor di Tentara Kerajaan Hindia Belanda (KNIL) saat ini Republik Maluku Selatan (RMS) diproklamasikan pada April 1950 di Ambon. Tamaëla ditambahkan oleh RMS sebagai penasehat untuk staf militer, dimana ia diberi pangkat letnan kolonel, yang tidak ada hubungannya dengan pangkatnya di dalam KNIL. Pada musim panas tahun 1950 ia berangkat ke pulau terdekat Seram dan karena pasukan Republik Indonesia semakin menguasai pulau Ambon, pemerintah Maluku Selatan pindah ke Seram pada awal Desember dan dari sana dipimpin oleh Presiden Chris Soumokil, untuk melanjutkan perang dengan Indonesia.

Pada akhir tahun 1963, tentara Indonesia berhasil merebut Soumokil di Pulau Seram, setelah itu perang gerilya segera berakhir. Selama periode itu Tamaëla melarikan diri ke Belanda di mana dia harus berjanji untuk tidak terlibat dengan RMS dan bahwa dia akan menjadi orang Belanda. Yang terakhir juga terjadi. Dia pergi untuk tinggal di Zeist dan menjadi commies first class di Rijkswaterstaat. Soumokil yang dipenjara dijatuhi hukuman mati pada tahun 1964 dan hukuman mati dilaksanakan di Indonesia pada tahun 1966. Tak lama setelah kematian Soumokil, Manusama diangkat menjadi presiden di pengasingan Republik Maluku Selatan. Pada tahun 1968, Tamaëla menerima sepucuk surat yang ditulis beberapa tahun oleh Soumokil, yang diduga menginstruksikannya untuk membawa orang Maluku ke pengasingan.

Atas dasar surat itu, Tamaëla memproklamasikan dirinya sebagai presiden RMS dan juga mengangkat dirinya menjadi jenderal. Dia juga memutuskan untuk menjual rumahnya dan menggunakan hasilnya untuk melobi penyebab Maluku Selatan di koridor Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York. Ketika uang itu habis, dia secara finansial didukung oleh para pendukungnya di Belanda yang tidak mengakui Manusama sebagai presiden RMS. Pada akhirnya ia berhasil membuat negara Afrika Benin (hingga beberapa saat sebelum itu juga dikenal sebagai Dahomey) mengakui RMS sebagai negara merdeka dengan Tamaëla sebagai presiden.

Selama pembajakan kereta kedua oleh pemuda Maluku Selatan (lihat Krisis sandera kereta api Belanda 1977), janda Chris Soumokil, yang bertindak sebagai salah satu mediator, menyerahkan kepada para pembajak sebuah catatan yang menyatakan bahwa Benin bersedia menerima mereka. Tidak jelas apakah 'Jenderal' Tamaëla terlibat dalam hal ini. Catatan itu mungkin berkontribusi pada para pembajak yang kurang mau menyerah. Hampir tiga minggu setelah dimulainya pembajakan, pemerintah Belanda memutuskan bahwa kekerasan militer harus dilakukan di mana dua sandera dan enam pembajak akan dibunuh.

Selama kunjungan kenegaraan oleh Tamaëla ke Benin pada November 1978, dia menderita serangan jantung dan meninggal pada usia 63 tahun. Jenazahnya diterbangkan ke Belanda, setelah itu ia dimakamkan di Zeist.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]