Irina Komnina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Irina atau Eirene
Permaisuri Bulgaria
Irene-Komnene-Kastoria.jpg
Permaisuri Bulgaria
Periode1238–1241
PendahuluAnna Maria dari Hongaria
PenerusAnna Rostislavna
Lahirtdk diketahui
AyahTheodoros Komnenos Doukas
IbuMaria Patralifena
SpouseIvan Asen II dari Bulgaria
AnakAnna (atau Teodora), Maria, Mikhail II Asen

Irene Komnene Doukaina atau Eirene Komnene Doukaina (bahasa Yunani: Ειρήνη Κομνηνή Δούκαινα, bahasa Bulgaria: Ирина Комнина) merupakan Permaisuri Bulgaria selama Kekaisaran Bulgaria Kedua dan putri Bizantium. Dia adalah istri ketiga dari tsar Ivan Asen II dari Bulgaria. Dia adalah ibunda tsar Mikhail Asen I dari Bulgaria.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Irene adalah putri despotēs Theodoros Komnenos Doukas, penguasa Epirus, dan Maria Petralifaina (saudari sebastokratōr Ioannis Petralifas). Pada tahun 1230 Irina dan keluarganya ditangkap oleh pasukan tsar Ivan Asen II dari Bulgaria dalam pertempuran Klokotnitsa dan mereka ditangkap di Tarnovo, di mana Irina dibesarkan di Istana. Irina menjadi terkenal karena kecantikannya dan sang duda tsar jatuh cinta padanya. Mereka menikah pada tahun 1237. Menurut seorang penulis Bizantium, Ivan Asen II mencintai Irina "tidak kurang dari Antonius mencintai Kleopatra", dan ia mungkin telah menjadi kekasihnya selama beberapa tahun sebelum pernikahan mereka pada tahun 1237. Dengan menikahi Irina, Ivan Asen II akan memiliki kanon gereja yang rusak, karena putrinya, Maria Asanina Komnena, dari pernikahannya dengan Anna (Anisia) menikah dengan pamanda Irina, Manouel dari Tesalonika. Ada beberapa bukti bahwa gereja Bulgaria menentang pernikahan dan bahwa seorang patriark (disebut baik Spiridon atau Vissarion) digulingkan atau dieksekusi oleh tsar yang marah.[1][2]

Irina dan Ivan Asen II memiliki tiga orang anak:

  1. Anna (atau Teodora), yang menikah dengan sebastokratōr Petŭr sebelum tahun 1253.
  2. Maria, yang menikah dengan Mizzo Assen, yang menggantikan sebagai kaisar Bulgaria pada tahun 1256-1257.
  3. Mikhail II Asen, yang menggantikan sebagai kaisar Bulgaria (1246-1256).

Pada tahun 1241 Ivan Asen II meninggal dan ia digantikan oleh Kaliman Asen I, putranya dengan istri keduanya, Anna Maria dari Hongaria. Kaliman I diracuni pada tahun 1246 dan takhta jatuh ke tangan Mikhail II Asen, putra Irina. Menurut salah satu teori, Irina meracuni putra tirinya untuk mengamankan takhta untuk Mikhail II. Dianggap bahwa Irina mengambil alih pemerintahan sebagai tsarina-wali penguasa karena putranya masih bocah ketika dia naik takhta, tetapi ada sedikit bukti untuk membuktikan hipotesis ini.

Irina pensiun ke sebuah biara di bawah nama monastik Xenia. Dia diusir dari Bulgaria setelah kematian putranya pada tahun 1256 dan menghabiskan sisa hidupnya di tanah keluarganya di sekitar Thessaloniki.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Андреев (Andreev), Йордан (Jordan); Лалков (Lalkov), Милчо (Milcho) (1996). Българските ханове и царе (The Bulgarian Khans and Tsars) (dalam bahasa Bulgarian). Велико Търново (Veliko Tarnovo): Абагар (Abagar). ISBN 954-427-216-X. 
  • Андреев (Andreev), Йордан (Jordan); Лазаров (Lazarov), Иван (Ivan); Павлов (Pavlov), Пламен (Plamen) (2012). Кой кой е в средновековна България [Who is Who in Medieval Bulgaria] (dalam bahasa Bulgarian). Изток Запад (Iztok Zapad). ISBN 978-619-152-012-1. 
Irina Komnina
Lahir: 1220 Wafat: ?
Gelar penyandang kekuasaan
Didahului oleh:
Anna Maria dari Hongaria
Permaisuri Bulgaria
1238–1241
Diteruskan oleh:
Anna Rostislavna