Ioannes dari Gothia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ioannes dari Gothia
Memorial Bishop John of Gothia.JPG
Batu peringatan Ioannes dari Gothia di gunung Ayu-Dag, Partenit, Krimea
Uskup Doros
LahirPartenit, Krimea (mungkin kemudian di bawah Kekaisaran Romawi Timur)
Wafat791 M
Amasra, Kekaisaran Romawi Timur (sekarang berada di Turki)
Dihormati diGereja Ortodoks Timur
Pesta26 Juni
PelindungGoth, Krimea, para sejarahwan, para biarawan

Ioannes dari Gothia (bahasa Yunani: ᾿Ιωάννης ἐπίσκοπος τῆς Γοτθίας, Iōánnēs epískopos tēs Gotthiás[a]; ? - skt. 791 M) merupakan seorang Goth Krimea Uskup metropolit Doros, dan pemimpin pemberontak yang menggulingkan dan sempat mengusir Khazar dari Gothia pada tahun 787. Dia secara anumerta dikanonisasikan sebagai Santo Ortodoks Timur.

Ioannes dari Gothia lahir dari keluarga Goth Krimea, putra Leon dan Fotina, di Sevastopol, Krimea, di mana ia tumbuh menjadi seorang uskup. Ioannes pergi berziarah ke Yerusalem, dan tinggal di sana selama tiga tahun. Dari sana ia menjadi uskup di Georgia pada tahun 758, sampai dia kembali ke Gothia dan menjadi uskup metropolit di Doros.

Pada tahun 787 Ioannes memimpin pemberontakan melawan dominasi Khazar di Gothia. Garnisun Khazar dan Tudun diusir dari Doros, dan para pemberontak merebut melewati gunung menuju ke negara itu. Namun orang-orang Khazar berhasil merebut kembali kota itu dalam waktu kurang dari setahun, dan Ioannes dipenjarakan di Phoulloi. Dia kemudian berhasil melarikan diri, dan mencari perlindungan di Amastris di Kekaisaran Bizantium, di mana dia meninggal pada tahun 791. Jenazahnya dibawa pulang ke sebuah gereja di gunung Ayu-Dag, Sevastopol, Krimea, di mana batu peringatan baginya telah dibangun. Ioannes secara anumerta dikanonisasikan sebagai santo oleh Gereja Ortodoks Timur. Hari peringatannya jatuh pada tanggal 26 Juni.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Literally translated as "John, bishop to the Goths".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Vasiliev, Aleksandr A. The Goths in the Crimea. Cambridge, MA: The Mediaeval Academy of America, 1936.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]