Inti iblis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Penciptaan kembali percobaan yang terlibat dalam insiden 1945. Bola plutonium dikelilingi oleh blok reflektor neutron tungsten karbida.
Dua fisikawan Harry Daghlian (kiri tengah) dan Louis Slotin (kanan tengah) saat uji nuklir Trinity.

Inti iblis adalah massa subkritis dari plutonium berbentuk bola dengan berat 6,2-kilogram (14 pon) dan berdiameter 89 milimeter (3,5 in), yang pernah dalam mengalami kecelakaan kekritisan pada 21 Agustus 1945 dan 21 Mei 1946. Inti ini awalnya dimaksudkan untuk digunakan dalam senjata nuklir ketiga, tetapi Jepang sudah terlebih dahulu menyerah, meskipun demikian inti ini tetap digunakan untuk pengujian. Dirancang dengan margin keamanan yang kecil untuk memastikan ledakan bom yang sukses. Inti ini sempat dalam keadaan superkritis ketika secara tidak sengaja ditempatkan dalam konfigurasi superkritis selama dua percobaan terpisah yang dimaksudkan untuk menyakinkan bahwa inti memang dalam keadaan yang dekat dengan titik kritis. Insiden itu terjadi di Laboratorium Los Alamos pada tahun 1945 dan 1946, yang keduanya mengakibatkan keracunan radiasi akut dan diikuti oleh kematian ilmuwan Harry Daghlian dan Louis Slotin. Setelah insiden tersebut, inti plutonium berbentuk bola ini dinamakan "inti iblis".

Pembuatan dan sejarah awal[sunting | sunting sumber]

Inti iblis ini (sama seperti inti kedua yang digunakan dalam pengeboman Nagasaki) terdiri dari tiga bagian: dua bulatan seperti bola berisi paduan plutonium–gallium dan sebuah cincin yang dirancang untuk menjaga agar fluks neutron tidak ikut "menyembur" keluar dari permukaan yang digabungkan antara kedua bulatan bola tersebut selama ledakan. Inti dari perangkat yang digunakan dalam uji coba nuklir di Alamogordo Bombing and Gunnery Range pada bulan Juli tidak memiliki cincin seperti itu.[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wellerstein, Alex. "You don't know Fat Man". Restricted data blog. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 7, 2014. Diakses tanggal April 4, 2014. 
  2. ^ Coster-Mullen, John (2010). Core Differences, from "Atom Bombs: The Top Secret Inside Story of Little Boy and Fat Man". Diarsipkan dari versi asli tanggal April 27, 2014. Diakses tanggal April 4, 2014.  An error: the illustration caption states the Fat Man core was plated in silver; it was plated in nickel, as the silver plating on the gadget core blistered. The disk in the drawings is a gold foil gasket.