Interstellar Boundary Explorer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Interstellar Boundary Explorer (IBEX) adalah satelit NASA yang membuat peta batas antara tata surya dan ruang antar bintang. Misi ini merupakan bagian dari Program Kecil Explorer NASA dan diluncurkan dengan roket Pegasus-XL pada tanggal 19 Oktober 2008, pada 17:47:23 UTC.

Hasil dari IBEX telah berulang kali mengejutkan komunitas ilmiah dan terbalik teori lama. Kejutan pertama datang ketika mengungkapkan emisi pita sempit energik atom netral (ENA). Kemudian menunjukkan pergeseran dari waktu ke waktu dalam band ini. kejutan lain datang ketika tidak ada busur kejutan ditemukan. akibat menjungkirbalikkan teori busur kejutan besar, karena dekade penelitian didasarkan pada konsep itu.

Desain dan operasi dari misi ini dipimpin oleh Southwest Research Institute, dengan Los Alamos National Laboratory dan Lockheed Martin Advanced Technology Center yang berfungsi sebagai lembaga co-investigator bertanggung jawab atas IBEX-Hi dan IBEX-Lo sensor masing-masing. Orbital Sciences Corporation memproduksi bus pesawat ruang angkasa dan merupakan lokasi untuk pengujian lingkungan pesawat ruang angkasa. durasi nominal misi awal adalah dua tahun untuk mengamati seluruh batas tata surya. Hal ini selesai pada tahun 2011 dan misinya diperpanjang sampai 2013 untuk melanjutkan pengamatan.

IBEX adalah di spin-orbit stabil matahari berorientasi di sekitar Bumi. Pada Juni 2011, IBEX telah bergeser ke orbit baru yang lebih efisien. Itu tidak datang sebagai dekat dengan Bulan dalam orbit yang baru, dan mengeluarkan lebih sedikit bahan bakar untuk mempertahankan posisinya.

Referensi[sunting | sunting sumber]