Internet berkecepatan tinggi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Internet berkecepatan tinggi tidak berarti Internet cepat untuk semua orang - cari tahu di sini apa arti istilah tersebut dan apakah bandwidth berbayar akan membawa Anda ke sana.

Apa yang dimaksud dengan DSL berkecepatan tinggi?[sunting | sunting sumber]

Seseorang semakin sering menemukan istilah DSL berkecepatan tinggi atau Internet berkecepatan tinggi. Tapi istilahnya luas. Tidak ada definisi yang jelas kapan koneksi internet dapat digambarkan sebagai kecepatan tinggi. Di masa lalu, akses ISDN dengan bandwidth 128 Kbit/s disebut sebagai Internet berkecepatan tinggi. Tetapi kecepatan unduh ini hampir tidak bisa disebut kecepatan tinggi hari ini. Ketika istilah Internet berkecepatan tinggi digunakan, koneksi broadband ke Internet biasanya dimaksudkan. Ada definisi yang berbeda dari bandwidth dari mana seseorang dapat berbicara tentang DSL berkecepatan tinggi. Namun, Anda harus mengasumsikan kecepatan unduh minimal 1 Mbit/s.

Bagaimana cara mendapatkan akses ke internet berkecepatan tinggi?[sunting | sunting sumber]

Sekarang dimungkinkan untuk menjelajahi Internet dengan kecepatan tinggi melalui jaringan TV kabel. Ini sering disebut sebagai internet kabel. Pilihan lain untuk akses berkecepatan tinggi disediakan oleh koneksi satelit. Ini memungkinkan Internet berkecepatan tinggi melalui sistem satelit. Akses nirkabel berkecepatan tinggi saat ini juga dimungkinkan dengan teknologi ponsel seperti UMTS atau LTE . Jika Anda melihat lebih dekat pada varian yang disajikan, menjadi jelas bahwa nilai 1 Mbit/s untuk penunjukan Internet berkecepatan tinggi ditetapkan sangat rendah. Semua varian menjanjikan hingga 200 Mbit/s saat ini. Tapi mereka memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing

Apa yang dimaksud dengan kecepatan unggah dan unduh?[sunting | sunting sumber]

Upload berarti "upload" dan download berarti "download". Kecepatan internet menggambarkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengunggah atau mengunduh sejumlah data ke server. Megabit per detik (Mbit/s atau Mbps) biasanya digunakan sebagai satuan pengukuran. Penyedia DSL dan bandwidth lainnya beriklan dengan informasi tentang kecepatan unggah dan unduh, misalnya "berselancar hingga 100 Mbit/dtk". Tapi apa itu kecepatan normal atau bagus? Pada dasarnya, Anda harus tahu bahwa angka yang disebutkan dalam iklan sebenarnya selalu mengacu pada kecepatan unduh maksimum. Sebagai pengguna, Anda biasanya dapat mengunduh data lebih cepat daripada mengunggah data ke server file, misalnya. Kecepatan unggah seringkali hanya 15 - 20% dari kecepatan unduh maksimum, dengan koneksi yang sangat cepat melalui serat optik, kadang-kadang 50% dari kecepatan maksimum dapat dicapai. Hanya dengan apa yang disebut SDSL, data diunduh dan diunggah dengan kecepatan yang sama. Namun, hampir tidak ada tarif jenis ini untuk pelanggan pribadi.

Berapa kecepatan yang dicapai oleh koneksi DSL biasa?[sunting | sunting sumber]

"Sambungan DSL rata-rata" memiliki kecepatan unduh 16 Mbit/s, yang biasanya cukup untuk berselancar dan streaming. Koneksi yang baik atau cepat melalui VDSL atau serat optik sekarang dengan mudah mencapai 100 Mbit/s dan lebih banyak lagi dalam unduhan. Dalam unggahan, 20 Mbit/s adalah nilai normal atau rata-rata - batas atas saat ini adalah 40 - 50 Mbit/dtk. Untuk memahami apa arti nilai-nilai ini, sebuah contoh akan membantu: Film berdurasi 90 menit berkualitas sedang berukuran kira-kira satu gigabyte. Jika Anda ingin mengunduh ini dengan koneksi 100 Mbit/s, ini akan memakan waktu lebih dari satu menit. Unggahan 20 Mbit/s membutuhkan waktu lebih dari enam menit untuk file yang sama. Lakukan tes kecepatan untuk mengetahui kecepatan yang sebenarnya Anda dapatkan saat menjelajahi web.